Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Telkom Salurkan Kredit Lunak Hingga Miliaran untuk UKM Binaan


0

Sepanjang 2016 Community Developement Direktorat Human Capital Management PT Telkom, Tbk. (Telkom) konsisten membina sekaligus menyalurkan dana kredit lunak dalam pembinaan hingga ratusan miliar kepada puluhan ribu usaha kecil menengah (UKM) binaannya.

Demikian diungkapkan Senior General Manager Community Development PT Telkom, Mochammad Sulthonul Arifin, di Bandung, Sabtu, 11 Maret 2017. Menurut dia, alokasi penyaluran kredit lunak tahun ini masih dalam perencanaan, tapi proyeksinya akan sama atau melebihi tahun sebelumnya. Dalam penyaluran pinjaman lunak, pihaknya tahun lalu menyalurkan kredit Rp360,92 miliar kepada 10.956 UKM binaannya.

"Untuk tahun 2017 ini, menurut Sulthon, angka penyaluran masih dalam perencanaan namun proyeksinya akan sama atau melebih tahun sebelumnya. Dengan demikian, penyaluran kredit lunak tetap masif dan sejalan dengan upaya pembinaan kepada UKM binaannya," ujarnya.

Selanjutnya Sulthon menjelaskan, selain pinjaman lunak, upaya pembinaan terbaru adalah melibatkan 150 UKM binaan terpilih dalam ajang Telkom Craft Indonesia bertemakan "Local Heroes to Global Champions" di Hall A Jakarta Convention Center, Jakarta, yang dibuka Menteri Negara (Menneg) BUMN Rini Soemarno.

UMKM pilihan karena merupakan hasil seleksi dengan kriteria Tiga Go: Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Ia mengatakan, salah satu parameternya adalah produk UKM tersebut sudah dipasarkan secara online melalui blanja.com.

"Ada tiga jenis UKM yang ikut hadir Telkom Craft yaitu kerajinan, fashion, dan makanan. Ini wujud nyata kami selalu berupaya meningkatkan kualitas UKM di Indonesia sekaligus implementasi program Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan UKM dari seluruh Indonesia," Ujarnya.

Sulthon mengatakan, Rumah Kreatif BUMN berusaha mengikis kesulitan klasik UKM Indonesia. Yakni permasalahan acces to competence (bimbingan standar pengembangan produk, kualitas, manajemen, dan teknologi), acces to commerce (bimbingan akses ke pasar lebih luas melalui penjualan online), dan acces to capital (bimbingan mendapatkan akses permodalan).

"Karena itulah, teknologi digital diterapkan ke UKM yang ikut pameran ini. UKM tidak lagi manual, mereka digiring menggunakan teknologi digital setelah menjadi binaan kami. Usaha mikro mendapat referensi bisa menghasilkan produk berkelas dunia," katanya.

Salah satu teknologi yang diperkenalkan selain jadi penyedia di blanja.com, juga dikenalkan sistem pembayaran daring melalui Telkomsel Cash (TCash). Uang elektronik Telkomsel ini dapat dijadikan deposit serta digunakan untuk semua transaksi.

Telkom Craft sendiri ditargetkan dikunjungi 9.000 pengunjung. Dan selama tiga hari tersebut, sambung Sulthon, UKM akan mendapat penilaian. Mereka yang terbaik akan peroleh penghargaan serta akan mengikuti ajang pameran sejenis di luar negeri.

Sementara itu, Merry Aisir, UKM binaan telkom bidang kuliner rendang mengatakan, dirinya selama tiga tahun menjadi binaan, mengaku merasakan manfaat dari pemasaran dan promosi secara online.

"Saya jual secara online melalui blanja.com dan situs lainnya. Peminatnya banyak dari penjualan online, ada dari dalam dan luar negeri. Untuk pelanggan luar negeri, biasanya membeli untuk dibawa sebagai oleh-oleh ke negara yang didatangi," sambungnya.

Merry menuturkan produk rendang yang diproduksinya dibuat langsung di kampung halamannya, Payakumbuh, Sumatera Barat. Rendang dibuat secara tradisional, mulai dari pembuatan bumbu yang ditumbuk tangan, pemerasan santan, hingga pemasakan dengan kayu bakar, sehingga tahan satu tahun.

"Tanpa pengawet dan tanpa MSG. Ada rendang telur, rendang daging suwir, rendang paru, rendang singkong, rendang belut dan rendang daun. Jika pesanan pelanggan banyak, dalam sekali produksi bisa menghabiskan 100 kg daging," sambungnya, seraya mengatakan rendang tersebut kemudian dikemas dalam wadah cantik dan ergonomis.

Suhartono, pemilik UMK cokelat durian dengan merk dagang Cemara di Balikpapan, Kalimantan Selatan, menyatakan dirinya sangat terbantu dengan jadi binaan Telkom. "Saya terbantu dengan menjadi binaan Telkom, terutama terkait permodalan. Karena kami kan usaha kecil, jadi terkadang kesulitan modal," katanya.

Saat ini, kata dia, pemasaran produk cemara masih seputar Kalimantan Timur. Suhartono berharap dengan penjualan online dan bergabung dalam RKB, pemasaran akan meluas hingga ke seluruh Indonesia.

Sementara Merry Aisir berharap dengan mengikuti pameran Telkom Craft Indonesia, maka dia bisa menjangkau pelanggan di pasar lokal yang lebih banyak. "Pasar lokal kita itu banyak banget. Kalau semua dijangkau untungnya bisa besar," ujarnya. (akw)

(***)


Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.   


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Balai Ekonomi Desa (Balkondes): Presiden RI Joko Widodo Apresiasi Upaya BUMN Membangun Ekonomi Masyarakat di Wilayah Pariwisata Candi Borobudur

Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi peran aktif Badan Usaha milik Negara (BUMN) dalam mendorong kemajuan ekonomi masyarakat melalui pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Apresiasi tersebut dis ...

Strategi Telkomsigma Dukung Digitalisasi Perbankan

Di era disrupsi digital yang kian berkembang, industri perbankan menghadapi berbagai tantangan yang begitu kompleks. Mulai dari pasar yang semakin kompetitif, regulasi pemerintah yang selalu mengalami ...

ATM di Indonesia Kembali Online, Satelit Telkom 1 Pulih 100 Persen

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan bahwa 100 persen layanan konektitas pelanggan sudah kembali normal. Dengan demikian, seluruh ATM di Indonesia sudah kembali online. Pada Minggu (10/9/20 ...

Rudiantara: Jangan Berspekulasi Soal Anomali Telkom 1

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta semua pihak untuk tidak berspekulasi terkait anomali yang dialami satelit Telkom 1 pada 25 Agustus 2017. "Saya minta kepada s ...

Telkom Optimistis dengan Laju Bisnis e-Commerce Besutannya

Meski PT XL Axiata dan PT Indosat Ooredoo sudah hengkang dari bisnis online, Telkom masih  optimistis dengan laju bisnis e-commerce besutannya, blanja.com. Arief Prabowo, selaku VP Corpora ...

Telkomsel Bangun Jaringan 4G di Morotai

PT Telekomunikasi Selular kembali membuka akses telekomunikasi di Desa Momojiu Morotai Maluku Utara dengan menghadirkan jaringan 4G LTE termasuk mendirikan Base Transceiver Station (BTS) di lokasi ter ...

Keunikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Binaan Telkom di Banten

Diawali dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rumah Kreatif BUMN (RKB) mempunyai misi untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang focus untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Rumah Kr ...

Semester I 2017, Pendapatan Digital Telkom Tumbuh Melesat

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menunjukkan kinerja positif pada semester I 2017. Hal tersebut ditandai dengan pendapatan dari lini Data, Internet dan IT Service untuk pertama kalinya melam ...

Telkom Dukung Fasilitas Internet di 10 Destinasi Pariwisata

PT Telkom Indonesia berkomitmen mendukung program-program pemerintah termasuk dalam pengembangan pariwisata di tanah air. BUMN yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi itu pun berupa ...

Begini Cara Telkom Dukung Pengembangan UKM Indonesia

PT Telkom Indonesia terus berupaya mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memiliki daya saing dan bisa memasarkan produknya hingga ke mancanegara. Untuk itu, Telkom memanfaatkan media niaga da ...