Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Telkom, Perusahaan Nomor 1 di Indonesia


0

PT Telkom Indonesia, Tbk (Telkom) menjadi perusahaan telekomunikasi dengan “Brand Value” tertinggi di Asia Tenggara. Telkom yang memiliki brand value senilai US$ 4,33 miliar tersebut telah mempertahankan posisinya selama empat tahun berturut-turut dan pertama kalinya masuk Brand Finance Global 500 pada peringkat 393. sebuah lembaga konsultan merek internasional. Dengan posisi tersebut, Telkom juga menjadi perusahaan nomor 1 Indonesia.

Lembaga konsultan merek internasional Brand Finance dalam laporan terbarunya yakni Brand Finance Telecoms 500, menyebutkan di antara perusahaan-perusahaan telekomunikasi dunia, posisi Telkom naik ke peringkat 40 dari peringkat 49 pada tahun 2016 lalu. Telkom juga berhasil mempertahankan rating brand strength-nya tetap pada AAA-, rating Brand Strength Telkom juga meningkat dari sebelumnya AA+.  Ini berarti berarti Telkom telah mempertahankan pangsa pasarnya, meskipun mengalami banyak tekanan.

Brand Finance menilai dan melakukan pemeringkatan brand serta mengukur seberapa kuat brand tersebut. Metodologi yang digunakan Brand Finance untuk memvaluasi sebuah brand melibatkan performansi keuangan sebagai aspek kuantitatif dan rating dari Brand Strength Index (BSI) sebagai aspek kualitatif. Secara kuantitatif, Brand Finance menilai brand value dengan pendekatan royalty relief. Analisis meliputi faktor input (investasi di bidang pemasaran), brand equity (nilai goodwill) serta faktor output (dampaknya pada kinerja bisnis). Brand Finance menilai dan melakukan pemeringkatan brand serta mengukur seberapa kuat brand tersebut. Brand yang dimasukkan di dalam peringkat ini terdiri dari corporate brand dan product brand.

Telkom berhasil melampaui posisi emiten telekomunikasi papan atas di kawasan Asia Tenggara. Saat ini, Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) berada di posisi 50, naik dari 52 pada tahun lalu. SingTel memiliki brand value US$ 2,61 miliar dengan brand rating AA. Sementara itu, Philippine Long Distance Telephone Company (PLDT) menempati posisi 65, naik dari 67 pada tahun lalu. PLDT membukukan brand value US$ 1,85 miliar dan brand rating AA-.

Menanggapi laporan terbaru Brand Finance tersebut Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan bahwa Telkom saat ini terus berupaya untuk menjadi Digital Company. Hal tersebut diharapkan menjadi faktor kuat yang akan menambah kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.

Metodologi yang digunakan Brand Finance untuk memvaluasi sebuah brand melibatkan performa keuangan sebagai aspek kuantitatif dan rating dari Brand Strength Index (BSI) sebagai aspek kualitatif. Secara kuantitatif, Brand Finance menilai brand dengan pendekatan royalty relief.

Analisis yang dilakukan meliputi faktor input, yakni investasi di bidang pemasaran, brand equity, atau nilai goodwill, serta faktor output, yaitu dampaknya pada kinerja bisnis. Brand Finance menilai dan melakukan pemeringkatan brand serta mengukur seberapa kuat brand tersebut. Brand yang dimasukkan di dalam peringkat ini terdiri dari corporate brand dan product brand.

Pada tahun buku 2016 Telkom membukukan triple double-digit growth dengan presentase pertumbuhan dua digit untuk  pendapatan, EBITDA dan laba bersih sepanjang 2016 dibandingkan tahun 2015. Telkom berhasil mencatat pendapatan sebesar Rp 116,33 triliun atau tumbuh 13,5%, EBITDA sebesar Rp 59,50 triliun atau tumbuh 15,7% dan laba bersih sebesar 19,35 triliun atau tumbuh sebesar 24,9% dibandingkan tahun 2015.(akw)

(***)

Dari berbagai sumber

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.  


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Balai Ekonomi Desa (Balkondes): Presiden RI Joko Widodo Apresiasi Upaya BUMN Membangun Ekonomi Masyarakat di Wilayah Pariwisata Candi Borobudur

Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi peran aktif Badan Usaha milik Negara (BUMN) dalam mendorong kemajuan ekonomi masyarakat melalui pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Apresiasi tersebut dis ...

Strategi Telkomsigma Dukung Digitalisasi Perbankan

Di era disrupsi digital yang kian berkembang, industri perbankan menghadapi berbagai tantangan yang begitu kompleks. Mulai dari pasar yang semakin kompetitif, regulasi pemerintah yang selalu mengalami ...

ATM di Indonesia Kembali Online, Satelit Telkom 1 Pulih 100 Persen

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan bahwa 100 persen layanan konektitas pelanggan sudah kembali normal. Dengan demikian, seluruh ATM di Indonesia sudah kembali online. Pada Minggu (10/9/20 ...

Rudiantara: Jangan Berspekulasi Soal Anomali Telkom 1

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta semua pihak untuk tidak berspekulasi terkait anomali yang dialami satelit Telkom 1 pada 25 Agustus 2017. "Saya minta kepada s ...

Telkom Optimistis dengan Laju Bisnis e-Commerce Besutannya

Meski PT XL Axiata dan PT Indosat Ooredoo sudah hengkang dari bisnis online, Telkom masih  optimistis dengan laju bisnis e-commerce besutannya, blanja.com. Arief Prabowo, selaku VP Corpora ...

Telkomsel Bangun Jaringan 4G di Morotai

PT Telekomunikasi Selular kembali membuka akses telekomunikasi di Desa Momojiu Morotai Maluku Utara dengan menghadirkan jaringan 4G LTE termasuk mendirikan Base Transceiver Station (BTS) di lokasi ter ...

Keunikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Binaan Telkom di Banten

Diawali dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rumah Kreatif BUMN (RKB) mempunyai misi untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang focus untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Rumah Kr ...

Semester I 2017, Pendapatan Digital Telkom Tumbuh Melesat

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menunjukkan kinerja positif pada semester I 2017. Hal tersebut ditandai dengan pendapatan dari lini Data, Internet dan IT Service untuk pertama kalinya melam ...

Telkom Dukung Fasilitas Internet di 10 Destinasi Pariwisata

PT Telkom Indonesia berkomitmen mendukung program-program pemerintah termasuk dalam pengembangan pariwisata di tanah air. BUMN yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi itu pun berupa ...

Begini Cara Telkom Dukung Pengembangan UKM Indonesia

PT Telkom Indonesia terus berupaya mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memiliki daya saing dan bisa memasarkan produknya hingga ke mancanegara. Untuk itu, Telkom memanfaatkan media niaga da ...