Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Lebaran 2016 Jadi yang Tercanggih Sepanjang Masa, Benarkah?


1

Lebaran identik dengan keriuhan di rumah yang lebih heboh daripada hari-hari biasa. Tak bisa dimungkiri, kehadiran teknologi memudahkan persiapan.

Sesekali, pernahkah kamu membayangkan apa jadinya Hari Raya tanpa teknologi yang kita gunakan sekarang?

Ibu harus memasak dengan kayu bakar sambil sesekali meniup corong bambu agar api tungku tetap besar. Sementara itu, ayah memanfaatkan ampas kelapa untuk mengepel dan membersihkan lantai. 

Jika begini repotnya, persiapan lebaran bisa jadi Anda lakukan dua minggu sebelum hari-H.

Nah, pada 2016, beragam teknologi baru untuk perumahan juga terus bermunculan.

Nascent Objects, perusahaan asal California, Amerika Serikat, misalnya, mengeluarkan Droppler atau sebuah alat yang mampu mengukur konsumsi air dengan memantau tekanan dari keran di rumah. Pemantauan ini akan mengingatkan sang pemilik untuk tidak boros memakai air.

Berikut ini lima alasan mengapa lebaran 2016 adalah yang tercanggih sepanjang masa:

Tiket mudik tanpa antre

Beberapa tahun lalu, stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara masih dipenuhi oleh para pemudik paling tidak seminggu sebelum hari raya. Siang dan malam mereka bersaing di depan loket demi ruang kosong dalam kendaraan yang membawa mereka ke kampung halaman.

Keadaan ini mulai membaik sejak tiket kendaraan umum sudah bisa dibeli secara daring. Pada situs PT Kereta Api Indonesia atau melalui OTA, misalnya, kita bisa membeli tiket mudik tiga bulan sebelum hari keberangkatan.

Ya, Anda tetap harus bersaing dengan pemudik lainnya, tetapi kegiatan tersebut setidaknya bisa dilakukan sembari duduk manis di rumah.

Apabila malas mencari di internet, kita dapat mengunjungi gerai-gerai minimarket tertentu yang menjual tiket mudik, dengan membawa kartu identitas untuk syarat pembelian. 

Tanda pembelian pun nantinya bisa langsung ditukar dengan tiket asli sebelum hari keberangkatan.

Silaturahim tanpa temu muka

Idul Fitri tidak sempurna rasanya tanpa pulang kampung dan bersilaturahim dengan keluarga serta kerabat. Namun, bagaimana bila kita tinggal jauh dari sanak saudara dan tidak bisa mudik?

Memang tidak ada yang menggantikan tatap muka, tetapi komunikasi masih dapat terjalin dengan menggunakan smartphone.

Zaman sekarang hampir semua ponsel pintar dilengkapi fasilitas kamera depan, bahkan sudah ada yang berteknologi Quad HD atau 2K sehingga membuat gambar lebih jernih.

Dengan koneksi internet memadai seperti Wifi.id, kita dapat langsung melakukan video call dengan gambar jenih bersama saudara-saudara di kota kelahiran. Media komunikasi yang dapat digunakan pun beragam, mulai dari WhatsApp, Line, hingga Skype.

Memastikan opor tidak cepat basi

Dilansir history-magazine.com, masyarakat Perancis pada 1600-an memutar botol-botol berleher panjang dalam aliran air yang bertekanan rendah untuk mendinginkan air dan membuat es.

Selama bertahun-tahun, warga Amerika membuat lemari di luar rumah untuk mendinginkan makanan mereka agar tidak basi, terutama susu dan keju. Pada hari ini, kita dapat menjaga makanan dalam kondisi terbaik dan bisa dikonsumsi selama satu minggu ke depan hanya dengan menaruhnya di kulkas.

Teknologi yang disematkan pada lemari pendingin juga tidak sekadar itu saja. Kulkas sudah lengkap dengan pembuat es batu serta dispenser untuk membuat minuman langsung dingin.

Penyajian jamuan bagi tamu pun semakin gampang

Berterima kasihlah kepada penemu microwave. Dengan alat ini kita tidak perlu repot kita akan menghangatkan makanan. Opor ayam yang dimasak kemarin sore bisa langsung diolah kembali menggunakan microwave.

Kita dapat memanfaatkan teknologi pendeteksi hasil kematangan, disebut juga smart moisture sensor, pada microwave untuk menyesuaikan durasi menghangatkan dengan menu makanan sehingga tidak perlu takut gosong. Fasilitas ini sangat memudahkan, terlebih bagi mereka yang tidak “lihai” di dapur.

Mudah belanja baju baru

“Baju baru Alhamdulillah, ‘tuk dipakai di hari raya” menjadi lirik wajib yang dinyanyikan generasi ’90-an jelang lebaran. Ya, tradisi membeli baju baru tak lepas mewarnai hari fitri ini sampai sekarang.

Jika pada era tersebut kita harus ke mal atau pertokoan untuk membeli baju lebaran, kini tak perlu lagi. Beragam toko online sampai media sosial bertebaran dan menjual berbagai model pakaian, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tak sebatas baju, kita pun bisa mencari perlengkapan rumah tangga sampai gadget secara daring. Yang kita perlu lakukan hanya mencari toko online yang menyediakan keperluan lebaran dan mudik secara spesifik.

Dengan belanja online, kita tak perlu merasakan macet dan kepanasan yang malah dapat menganggu ibadah puasa. Toko online tak jarang pula memberikan banyak penawaran menarik bagi pelanggan, contohnya diskon lebih besar, cicilan nol persen, atau bebas biaya pengiriman.

(***)

Sumber: kompas.com


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

5 Peristiwa Unik Ini Akan Kamu Temukan Jelang Lebaran

Tidak terasa bulan penuh kemenangan akan segera sirna, dan suasana lebaran sudah mulai terasa, itu tandanya lebaran sudah dekat. Kamu yang saat ini masih menjalani puasa, pasti akan merasakan tanda-ta ...

Seperti Apa Perilaku Belanja Online Selama Ramadhan?

Meta-search engine untuk eCommerce, iPrice, baru saja mengeluarkan hasil riset tentang perilaku berbelanja online dari masyarakat Indonesia selama Ramadan 2017. Dalam keterangannya, iPrice membandi ...

Cara Atasi Bau Mulut Selama Berpuasa

Kita sudah paham bahwa mengonsumsi makanan berbau tajam bisa memicu bau mulut. Tapi, menghindari makanan sama sekali alias berpuasa, juga menyebabkan masalah yang sama. Tanpa konsumsi makanan dan m ...

Intip 6 Hidangan Timur Tengah Untuk Kamu Berbuka Puasa

Berbuka puasa jadi ajang makan besar. Apalagi makanan khas Arab ini bakal bikin kamu tergiur untuk mencicipi nya saat hendak berbuka. Bahkan beberapa diantara mereka akan membuat kamu jadi kekenyangan ...

5 Jenis Makanan Untuk Penuhi Gizi Saat Berpuasa

Bagi sebagian orang menganggap jika asupan kebutuhan gizi tidaklah begitu penting. Dan mereka lebih mengutamakan rasa kenyang dibandingkan dengan terpenuhinya nutrisi yang seimbang. Selama makanan ...

Apakah Cat Kuku Sah Dipakai Untuk Shalat?

Ternyata saat ini telah banyak lini kosmetik halal bermunculan. Semua demi memenuhi kebutuhan kaum muslim dunia yang tetap ingin tampil cantik. Jika selama ini kamu bisa dengan mudah menemukan anek ...

7 Cara Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Selama berpuasa, persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan? Membersihkan rumah, menyisihkan uang untuk pengeluaran selama bulan puasa, hingga mencari kiat-kiat untuk menghadapi bulan puasa sudah m ...

Benarkah Puasa Bikin Kamu Jadi Awet Muda?

Kebiasaan dan budaya berpuasa telah dikenal di seluruh dunia sejak ribuan tahun silam. Tindakan menahan diri untuk tidak makan dan minum selama waktu tertentu ini dilaksanakan oleh umat muslim selama ...

Tetap Bugar Saat Puasa, 4 Olahraga Ringan Ini Bisa Kamu Lakukan

Olahraga saat puasa, kenapa tidak? Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, olahraga di bulan puasa juga dianjurkan. Namun, perlu diketahui jenis olahraga apa yang cocok dan tepat saat se ...

Sambut Ramadan, Telkom Gelar Kompetisi Dakwah Digital Berhadiah Umroh

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar lomba Dakwah & Murottal Digital Anak Indonesia 2017 untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. “Kami menggelar kegiatan ini 28 Mei hi ...