Chat with Us

Aktifkan STARBOX

7 Hal yang Dianggap Sepele yang Terkadang Membuat Bengkak Pengeluaran Ketika Libur Lebaran


0

7 Hal yang Dianggap Sepele yang Terkadang Membuat Bengkak Pengeluaran Ketika Libur Lebaran

Lebaran telah tiba. Meski tidak mudik, terkadang banyak dari kita yang memilih menikmatinya dengan liburan bersama keluarga. Nah, sebelum melaksanakan liburan, ada baiknya kita membuat persiapan, salah satunya maslah biaya.

Pastikan untuk memperhitungkan hal-hal kecil yang mungkin muncul agar tidak menjadi gangguan dalam liburan. Biaya apa saja yang harus diperhitungkan?

Pajak Bandara

Ada maskapai yang sudah memasukkan komponen ini dalam tiket, ada pula yang belum. Biaya ini juga kerap terlupakan dari anggaran liburan. Meski tidak besar, namun jika bepergian bersama keluarga, maka jumlahnya terbilang lumayan menguras kantong juga. Jadi, jangan lupa perhitungkan biaya ini sejak awal.

Transportasi Tambahan

Dalam merencanakan liburan, seringkali kita hanya memperhitungkan biaya transport yang jumlahnya besar saja, sementara biaya transport lainnya yang kecil-kecil selama liburan, seperti biaya untuk naik angkot, becak, atau kendaraan lainnya, kita lupakan.

Mulai sekarang, masukkan daftar biaya ini ke dalam list pengeluaran supaya kita tidak kelabakan ketika biaya membengkak.

Uang Tip

Suasana gembira selama liburan membuat orang lebih mudah memberi uang tambahan. Jjangan lupa memperhitungkan komponen ini juga karena hal ini kerap luput dari perhitungan biaya.

Tip merupakan hal yang wajar dan perlu untuk diberikan, namun salahnya kita seringkali memberikannya secara berlebihan. Buat anggarannya sejak awal, sehingga kita tidak begitu “bernafsu” saat memberikan tip selama perjalanan liburan.

Baca juga: 6 Tipe Orang yang Kaya Mendadak saat Hari Raya Lebaran

Air Mineral

Minum adalah kebutuhan hidup setiap manusia. Masalahnya, banyak orang malas membawa air sendiri ketika liburan. Pengeluaran ini biasanya seringkali terjadi di saat bepergian ke tempat-tempat wisata tujuan selama liburan.

Jadi, perhitungkan pula biaya ini sebelumnya. Terlebih lagi, harga air mineral di tempat wisata biasanya jauh lebih mahal.

Kuliner

Kegiatan ini seperti hal wajib ketika sampai di tempat baru. Bila tak bisa mengendalikan keinginan dengan baik, pengeluaran bisa membengkak. Jadi, pastikan melakukan alokasi yang jelas.

Selain wisata kuliner, kita juga perlu mengalokasikan biaya sarapan. Karena, meskipun hotel atau penginapan kita sudah menyediakan sarapan, terkadang kita ingin makan menu lain yang tentunya memerlukan tambahan biaya. Bahkan biaya sarapan terbilang cukup besar.

Oleh-oleh

Beberapa dari kita tentu pernah ada yang kalap ketika belanja oleh-oleh. Hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah untuk lebih selektif. Jangan membeli semua yang diinginkan selama liburan, sebab ini akan membuat uang cepat habis dan bahkan tidak bersisa. Perhitungkan dengan jelas berapa budget yang dimiliki. Jangan sampai kita  membeli berbagai oleh-oleh yang tidak akan dimakan atau digunakan dengan baik.

Baca juga: Lebaran Tiba, 5 Hal Ini Hancurkan Rencana Finansial Kamu

Internet

Ada kalanya, ponsel kita kehabisan quota padahal kita memerlukannya karena ada pekerjaan dadakan yang sangat penting yang harus diselesaikan. Solusinya, manfaatkan internet yang disediakan oleh hotel.

Namun ada baiknya kita tanyakan terlebih dahulu kepada pihak hotel mengenai fasilitas internet yang mereka miliki, jangan sampai kita harus mengeluarkan sejumlah biaya yang mahal ketika mengaksesnya.

Kita juga bisa memanfaatkan akses Wifi.id yang telah tersebar di Indonesia. Dengan Wifi.id Smartbisnis, kita sudah dapat menikmati akses internet unlimited dengan kecepatan up to 100Mbps, hanya dengan Rp25.000/bulan.

Selamat Lebaran

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

5 Peristiwa Unik Ini Akan Kamu Temukan Jelang Lebaran

Tidak terasa bulan penuh kemenangan akan segera sirna, dan suasana lebaran sudah mulai terasa, itu tandanya lebaran sudah dekat. Kamu yang saat ini masih menjalani puasa, pasti akan merasakan tanda-ta ...

Seperti Apa Perilaku Belanja Online Selama Ramadhan?

Meta-search engine untuk eCommerce, iPrice, baru saja mengeluarkan hasil riset tentang perilaku berbelanja online dari masyarakat Indonesia selama Ramadan 2017. Dalam keterangannya, iPrice membandi ...

Cara Atasi Bau Mulut Selama Berpuasa

Kita sudah paham bahwa mengonsumsi makanan berbau tajam bisa memicu bau mulut. Tapi, menghindari makanan sama sekali alias berpuasa, juga menyebabkan masalah yang sama. Tanpa konsumsi makanan dan m ...

Intip 6 Hidangan Timur Tengah Untuk Kamu Berbuka Puasa

Berbuka puasa jadi ajang makan besar. Apalagi makanan khas Arab ini bakal bikin kamu tergiur untuk mencicipi nya saat hendak berbuka. Bahkan beberapa diantara mereka akan membuat kamu jadi kekenyangan ...

5 Jenis Makanan Untuk Penuhi Gizi Saat Berpuasa

Bagi sebagian orang menganggap jika asupan kebutuhan gizi tidaklah begitu penting. Dan mereka lebih mengutamakan rasa kenyang dibandingkan dengan terpenuhinya nutrisi yang seimbang. Selama makanan ...

Apakah Cat Kuku Sah Dipakai Untuk Shalat?

Ternyata saat ini telah banyak lini kosmetik halal bermunculan. Semua demi memenuhi kebutuhan kaum muslim dunia yang tetap ingin tampil cantik. Jika selama ini kamu bisa dengan mudah menemukan anek ...

7 Cara Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Selama berpuasa, persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan? Membersihkan rumah, menyisihkan uang untuk pengeluaran selama bulan puasa, hingga mencari kiat-kiat untuk menghadapi bulan puasa sudah m ...

Benarkah Puasa Bikin Kamu Jadi Awet Muda?

Kebiasaan dan budaya berpuasa telah dikenal di seluruh dunia sejak ribuan tahun silam. Tindakan menahan diri untuk tidak makan dan minum selama waktu tertentu ini dilaksanakan oleh umat muslim selama ...

Tetap Bugar Saat Puasa, 4 Olahraga Ringan Ini Bisa Kamu Lakukan

Olahraga saat puasa, kenapa tidak? Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, olahraga di bulan puasa juga dianjurkan. Namun, perlu diketahui jenis olahraga apa yang cocok dan tepat saat se ...

Sambut Ramadan, Telkom Gelar Kompetisi Dakwah Digital Berhadiah Umroh

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar lomba Dakwah & Murottal Digital Anak Indonesia 2017 untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. “Kami menggelar kegiatan ini 28 Mei hi ...