Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Menjaga Reputasi Bisnis melalui Branding


0

Great Achievements always Involving Great Challenge,” -Muhammad Awaluddin



Beberapa waktu lalu, saya bertemu dengan para Community Leader yang selama ini sangat konsen akan kemajuan UKM Indonesia.

Dalam acara tersebut, banyak hal yang kami diskusikan untuk berkolaborasi dalam memajukan UKM sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Turut hadir dalam acara tersebut, Subiakto Priosoedarsono yang dikenal dengan nama panggilan Pak Bi. Beliau selama ini malang melintang dalam dunia kreatif khususnya branding, dan saat ini sangat konsen untuk membantu UKM memajukan bisnisnya dari sisi branding. Menurutnya, branding wajib dan sebuah keniscayaan bagi UKM jika ingin maju.

“UKM kita harus dibantu meningkatkan kompetensi dari sisi Branding. Branding bukan hanya persoalan memilih Brand namun juga dari sisi bagaimana kemasan produknya. Branding ini sangat penting bagi UKM untuk meningkatkan daya saingnya di pasar, terlebih menghadapi era MEA,” jelasnya.

Kami semua sepakat, bahwa unsur meningkatkan kompetensi atau pengetahuan dalam berbisnis adalah salah satu hal yang sangat penting, disamping faktor permodalan dan akses pasar yang menjadi 3 kendala utama bagi UKM selama ini.

Untuk meningkatkan pengetahuan tersebut, berbagai cara dapat dilakukan. Mulai dari model training secara fisik hingga video chat. Berkat Revolusi Digital cara berbagi (knowledge sharing) atau meeting-pun turut berubah.

Pelaku UKM pun tidak perlu lagi gagap teknologi, mengingat aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone cukup mudah dalam pemakaiannya.

Masih terkait dengan knowledge sharing tersebut, pada bulan Januari 2016 lalu, saya menginisiasi pembentukan sebuah layanan SOBAT UKM. Layanan tersebut menyediakan berbagai Solusi Bisnis bagi Sahabat UKM.

Pelaku UKM dapat dengan mudah mengakses ke 1500249 atau melalui akun social media @sobat_UKM untuk bertanya apapun tentang bisnis.

Apakah layanan  SOBAT UKM tersebut hanya menjelaskan tentang produk dan solusi dari Telkom?

Tentu saja TIDAK. Kami sengaja menggandeng beberapa orang expert untuk membantu melayani pertanyaan atau curhat bisnis dari pelaku UKM di seluruh Indonesia. Jadi pelaku UKM tidak usah khawatir, silahkan curhat apa saja menyangkut bisnisnya. Niat kami adalah bagaimana memajukan UKM Indonesia dengan pendekatan “knowledge sharing” dengan berbagai saluran (voice call, live chat dan video chat).

Bagi pelaku UKM yang butuh pertemuan fisik untuk konsultasi langsung, layanan SOBAT UKM juga akan membantu penjadwalannya agar tetap terpenuhi. Di Indonesia memang ada keunikan, bahwa model kontak bukan hanya online tetapi harus tetap menggunakan pendekatan offline atau Online to Offline (O2O).

Model konsultasinya pun nantinya tidak hanya one time contact, tetapi pelaku UKM yang menghubungi SOBAT UKM akan ter-registrasi untuk memudahkan konsultasi berikutnya. Kami akan menerapkan model Konsultasi – Mentoring – Coaching. Sehingga para pelaku UKM betul-betul dapat termonitor dalam perkembangannya.

Model pendekatan ala SOBAT UKM ini, saya yakini merupakan inovasi pertama dalam membantu kemajuan UKM yang dilakukan oleh operator telekomunikasi di Indonesia.  Dimana menjalin hubungan dengan UKM bukan hanya jangka pendek, namun diharapkan hingga jangka panjang. Untuk mewujudkannya, pelaku UKM harus benar-benar dapat merasakan manfaatnya.

Teknologi Digital harus mewarnai perkembangan bisnis UKM tersebut. Mungkin dalam tahap pertama, mereka akan konsen pada penciptaan produk yang unik lalu meningkat pada perlunya sentuhan Branding. Hingga pada akhirnya, UKM akan membutuhkan solusi digital yang akan mempermudah proses bisnis mereka. Teknologi Digital menjadi Business Enabler.

Terinspirasi dari pertemuan bersama Community Leader dan pembentukan SOBAT UKM tersebut, dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi tentang konsep Branding – Identity – Reputation (BIR) dalam berbisnis, sebagai berikut:

1. BRANDING

Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dlm rangka proses membangun dan membesarkan brand (merk) yg dimliki oleh perusahaan.

Sebagaimana yang diungkapkan Pak Bi dalam berbagai aktifitasnya di Akademi Berbagi, bahwa Branding ini sangat penting jika pelaku UKM ingin memajukan bisnisnya.

Banyak produk UKM yang hebat dan bagus-bagus, namun dalam pemasarannya kalah dibanding produk lain karena kemasan yang kurang menarik. Brandingnya tidak unik, sehingga hasrat pembeli kurang untuk membelinya.

2. IDENTITY

Identitas perusahaan adalah suatu cara yang memungkinkan suatu perusahaan dikenal dan dibedakan dari perusahaan lainnya, seperti: logo perusahaan, warna perusahaan, seragam dan lain-lain.

Sama halnya dengan ide pembentukan layanan Sobat UKM. Saya dan tim membutuhkan diskusi  yang cukup hangat untuk memilih nama dan logo SOBAT UKM itu sendiri. Kami tidak ingin sekedar tampil ada. Tetapi layanan ini harus berumur panjang dan benar-benar bermanfaat bagi UKM.

Pemilihan no akses 1500249 juga menjadi konsen. Kebetulan angka 249 adalah mewakili huruf: BIZ , singkatan dari Business, agar memudahkan para pelaku bisnis mengingatnya.

Penentuan logo juga bukan sekedar memilih desain yang indah, namun ada makna dibalik penentuan model logo yang dipilih.

Nah, begitu pentingnya identitas ini, maka sebaiknya Anda sebagai pelaku UKM juga turut memperhatikannya.

3. REPUTATION

Faktor terakhir, adalah Reputasi. Reputasi bagi perusahaan lebih mencerminkan keterikatan (engagement), bukan hanya sekedar relation atau communication kepada stake holder semata.

Saya teringat kalimat bijak yang diucapkan salah satu tokoh bisnis, Richard Branson ; “Your Brand Name is only as Good as your Reputation.” Sebaik apapun logo dan branding yang Anda lakukan, namun reputasi yang akan menentukan lama tidaknya umur bisnis Anda.

Reputasi ditimbulkan dari banyak hal, salah satunya adalah menjaga kepercayaan pasar. Jangan pernah abai dengan janji ke pasar. Bangun Customer Value yang tinggi agar reputasi Anda juga semakin naik.

Selamat berbisnis! 


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...