Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Mengenal Semangat Tri-G


0

“You can build a reputation on what you have done,” (Muhammad Awaluddin)

Bertepatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2016 yang lalu, saya menerima tulisan bentuk essay dari salah seorang karyawan Telkom Divisi Business Service (DBS). Tulisannya sederhana, menyangkut kebangkitan UKM Indonesia yang dikorelasikan dengan pemanfaatan Teknologi Digital.

Saya cuplik beberapa paragraf dari essay yang dibuat oleh Saudari Galuh Worosunti  dengan judul “UKM Indonesia Hebat, Indonesia Kuat”.

Click, click, click, barang yang diidamkan sudah dalam genggaman. Tidak ada yang menyangka bahwa jual beli akan menjadi sangat mudah seperti sekarang. Tidak hanya kaum muda yang katanya melek teknologi, orang-orang tua, serta anak-anak sudah dapat dengan mudah melalukan traksaksi jual beli melalui internet; tinggal orang tuanya saja yang kaget disodorkan tagihan yang harus dibayarkan.

Era digital telah menjadi akselerator mudahnya transaksi jual beli dilakukan, serta menjadi katalisator pertumbuhan UKM Indonesia yang fenomenal. Salah satu contohnnya pertumbuhan UKM yang sangat pesat di Jawa Tengah pada tahun 2008-2013.

Pertumbuhan jumlah UKM yang sangat besar, khususnya pada tahun 2011 ke atas yang mencapai lebih dari 10%, didukung oleh beberapa faktor.

Dari sudut pandang digital, faktor-faktor pendukung tersebut antara lain: kemudahan memperoleh supplier/seller dan buyer (melalui kemudahan akses internet), kemudahan mempertemukan seller dan buyer (melalui platform e-commerce dan social media), serta  kemudahan melakukan pembayaran (fleksibilitas payment method yang didukung online payment system).

Kemudahan-kemudahan ini menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menjadi pelaku usaha, memunculkan jutaan UKM baru, yang siap menjawab kebutuhan pasar domestik maupun global.

Disokong dengan kemudahan akses digital, memasarkan produk, mencari pembeli dan penjual, menjadi jauh lebih mudah. Pertumbuhan UKM Indonesia ini yang diharapkan menjadi pokok penyokong pertumbuhan ekonomi daerah dan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Menurut saya, tulisan diatas cukup menarik dalam menyinggung peran Digital bagi UKM. Kebangkitan UKM dapat muncul dengan pemanfaatan Digital ini, yang pada akhirnya perekonomian Indonesia semakin kuat.

Kebetulan pada hari yang sama, saya berada di sebuah Kabupaten di Sulawesi Selatan. Lokasi acara kebetulan di Taman Kota Takalar, sekitar 40 km dari kota Makassar. Ada hal sangat istimewa di kota ini.

Kehadiran saya di kota Takalar ini bukan tanpa sebab. Kebetulan, ibukota kabupaten yang bercuaca cukup panas ini , baru saja implementasi Kampung UKM Broadband. Mereka memutuskan untuk menggunakan akses high speed internet dengan kecepatan bandwitdh 100 MBps. True Broadband untuk UKM. Dan ini merupakan lokasi Kampung UKM Digital PERTAMA di Indonesia yang menyediakan akses 100 MBps.

Saya optimis, kedepan dengan semakin dirasakannya manfaat bisnis online oleh pelaku UKM yang ada di lokasi Kampung UKM Digital tersebut, maka kebutuhan kecepatan akses internet juga akan semakin meningkat.

Saya sempat bertemu dengan salah satu UKM yang memproduksi topi khas bugis-makassar. Dia sangat semangat untuk belajar bisnis online. Kebetulan di setiap Kampung UKM Digital, Telkom menyediakan sarana belajar Broadband Learning Center. Pelaku UKM gratis untuk belajar sekaligus upload produk dengan menggunakan apps yang disediakan seperti blanja.com , jarvis-store atau social media yang ada.

Terinspirasi dari essay sederhana Saudari Galuh tadi serta perkembangan Kampung UKM Digital Takalar, saya meyakini bahwa pelaku UKM Indonesia akan semakin bangkit. Kehadiran Teknologi Digital akan menjadi enabler bagi bisnis UKM.

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi three ways concept yang berkaitan dengan semangat untuk tetap tumbuh. Bahwa keinginan untuk tumbuh adalah sebuah keniscayaan. Siapapun pasti ingin tumbuh lebih baik, lantas bagaimana startegi untuk menjaga agar bisnis tetap tumbuh?

Saya ingin berbagi konsep “the spirit of Growth-the spirit of Gratitude-the spirit of Giving” atau Tri-G concept, sebagai berikut :

1. The spirit of GROWTH

Kita harus konsisten merencanakan, mengeksekusi, dan mengevaluasi growth. Setiap saat harus ada target pertumbuhan yang direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi.

Ingat iklan yang berbunyi “tumbuh itu ke atas, bukan ke samping” ? Dalam bisnis, tentu saja kita ingin tumbuh positif, tumbuh keatas. Bukan tanpa pertumbuhan atau malah negatif.

Tumbuh, secara sederhana penjualan meningkat yang diiringi laba yang menunjukkan angka positif. Selanjutnya, mulai merencanakan untuk penambahan item produk, jenis produk hingga membangun channel baru.

2. The spirit of GRATITUDE

Gratitude atau terima kasih adalah kata sederhana penuh ribuan makna. Manusia adalah makhluk sosial yg dalam kehidupannya pasti membutuhkan bantuan dan bersinergi dengan orang lain dalam hal apapun dan dimanapun. Sehingga wujud kebaikannya dimunculkan dengan ungkapan terima kasih.

Ungkapan terima kasih merupakan kata sederhana yang menyimpan kekuatan dan penuh makna. Ini sangat penting. Bisnis tidak bisa tumbuh tanpa pernah mensyukurinya. Bisnis bukan sekedar mengejar angka pertumbuhan tanpa melihat lingkungan sekeliling. Bisnis harus seimbang. Berterima kasih kepada lingkungan adalah salah satu cara untuk tumbuh secara seimbang dan berkelanjutan.

3. The spirit of GIVING

Terakhir, berbagi adalah cara paling tepat untuk bertumbuh. Berbagi bukan sekedar memberi putus. Berbagi adalah cara untuk menjaga silaturahmi dan belajar. Dengan semakin rajin berbagi, bisnis akan semakin terjaga.

Kata ustadz, dengan rajin bersedekah tidak akan mengurangi rejeki,  malah sebaliknya akan menambah rejeki.

Jadi mari selalu berbagi, saling memberi dan saling membantu. Yakinlah, dengan cara ini bisnis akan semakin tumbuh.

Selamat Berbisnis

(***)

Sumber: indotelko.com 


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...