Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Memahami Konsep IMA untuk Goes Digital


0
“A Tough Leader is driven by the desire to achieve beyond,” -Muhammad Awaluddin.

Menyimak tulisan maupun inspirasi dari Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya terkait revolusi digital, tak pernah membosankan. Selalu menarik untuk disimak, dipelajari dan diimplementasikan.

Terakhir, Pak AY –sapaan akrab beliau- berkenan menuliskan materi sambutan dalam buku kedua saya, "Digital ChampionShift", yang rencananya akan diluncurkan Gramedia pada akhir bulan Juni mendatang.

Berikut cuplikannya, “Menelisik lebih jauh terhadap fenomena Revolusi Digital tersebut, saya selalu mengingatkan bahwa ada tiga hal penting yang akan terjadi.”

Pertama, The more digital, the more global.

Semakin digital, maka secara langsung Anda berada dalam satu titik di dunia global, dunia menjadi tanpa batas (borderless). Segala aktifitas Anda melalui teknologi digital menjadikan diri Anda bagian dari aktiftas global.

Kedua, The more digital, the more professional.

Teknologi digital akan menjadikan Anda semakin profesional. Gadget dalam satu genggaman, membantu Anda beragam informasi dan kemudahan analisa dalam memutuskan sesuatu. Di sisi lain, dalam bentuk organisasi kelembagaan apapun, Teknologi Digital mampu mempersingkat proses birokrasi, sehingga akan semakin efisien dan efektif.

Ketiga, The more digital, the more personal.

Timbul semacam paradoks disini, tatkala Teknologi Digital menyediakan ruang bersosialisasi lebih luas, pada saat yang sama Anda semakin ingin dilayani secara personal. Ini sebagai akibat dari data diri yang semakin transparan. Segalanya menjadi terbuka.

Dengan memahami ketiga fenomena diatas, Pak AY sangat meyakini bahwa apapun aktifitas bisnis Anda saat ini, akan membawa Anda untuk mampu keluar menjadi sang pemenang (to be the best, to be the star dan to be the winner). Sangat menarik bukan?

Semakin Anda Digital, maka semakin banyak hal istimewa yang akan dihadapi maupun diterima. Revolusi Digital mengubah banyak hal khususnya dalam dunia bisnis. Saya tidak pernah bosan untuk menyampaikan bahwa proses bisnis sudah saatnya ditransformasikan, sebab jika tidak maka pesaing atau lingkungan akan menuntut Anda berubah.

Teknologi Digital dengan segala ekosistemnya, atau kadang diistilahkan dengan aspek Device, Network dan Application-nya (DNA) hadir didepan kita, terkadang perkembangannya sangat pesat sehingga kadang lewat tanpa kulonuwun di depan mata.

Mungkin sebagian dari Anda pernah memanfaatkan layanan Pager untuk mendapatkan pesan tertulis kemanapun Anda pergi (era awal 1990-an), lalu dengan kehadiran Mobile-Phone AMPS, GSM, CDMA mulai merubah layanan Pager dengan layanan SMS (Short Messages Service). Pager ditinggalkan karena dianggap sudah tidak efektif lagi. Dengan SMS, Anda tinggal ketik teks di ponsel lalu send ke nomor lainnya, pada saat yang sama langsung diterima oleh nomor yang dituju.

Perlahan, di era 2010-an berbagai aplikasi muncul di smart-phone yang menyebabkan layanan SMS mulai ditinggalkan. Akun social media yang ada di smartphone yang menyediakan berbagai fitur baik voice, teks, gambar dan video semakin memperkaya kemampuan smart-phone itu sendiri. Alhasil, dalam keseharian smartphone sangat sulit ditinggalkan. Dunia benar-benar dalam genggaman.

Kembali ke inspirasi dari pak AY pada narasi pembuka, bahwa kunci untuk sukses memanfaatkan kehadiran Teknologi Digital adalah adanya komitmen sang Leader atau CEO Commitment. Dengan komitmen yang kuat maka proses menggerakkan organisasi berikut tim yang ada didalamnya akan semakin mudah.

Terkait dengan CEO Commitment tersebut, dalam artikel kali ini saya ingin berbagi three ways concept: Inspiring the Lesson – Motivating the Talent – Allocating the Resources. Konsep ini akan menginspirasi Anda mempercepat proses transformasi Digital dalam bisnis Anda.

1. Inspiring the Lesson

Pengalaman adalah guru atau sumber ilmu yang tak pernah kering. Termasuk pengalaman bisnis orang lain, merupakan sumber benchmark paling ampuh. Banyak hal yang dapat dilakukan berkat belajar dari berbagai sumber.

Dengan semakin sering saya bertemu pelaku-pelaku UKM, semakin banyak juga hal yang dapat saya pelajari. Ilmunya tidak pernah selesai. Banyak fenomena yang saya temui. Terlebih bicara pemanfaatan teknologi digital dalam berbisnis.

Tidak jarang saya bertemu dengan pelaku UKM yang mengaku bisnisnya menurun sejak memanfaatkan teknologi digital, namun sebaliknya sangat banyak yang menceritakan keampuhan teknologi digital dalam mendukung bisnisnya.

Tentu saja, teknologi digital bukanlah sulap yang mampu merubah bisnis dalam sekejap. Ada proses yang perlu dilalui. Budaya digital agak unik, sangat beda dengan budaya bisnis non-digital. Inilah mengapa transformasi digital ini diperlukan. Agar seluruh tim yang ada dalam organisasi mampu terlibat dan berubah seiring pemanfaatan teknologi digital tadi.

2. Motivating the Talent

Pak AY juga menambahkan dalam sambutan buku "Digital ChampionShift", bahwa selain CEO Commitment tadi, maka perlu pembentukan team champion, tim yang hebat melalui berbagai strategi peningkatan Competence.

Anda perlu memahami hal-hal yang menyangkut dengan bagaimana membangun motivasi tim agar senantiasa tetap unggul. Saya sering berbagi dengan seluruh tim melalui simple quotes yang saya kirim langsung ke milis atau WAG. Quotes ini meski sederhana namun diharapkan mampu membangkitkan semangat tim.

Ingat, tidak selamanya penghargaan berupa materi selalu membangkitkan motivasi secara jangka panjang, namun motivasi dalam bentuk sapaan atau non-materi juga kadang ampuh membangkitkan semangat kerja.

3. Allocating the Resources

Terakhir, mampu memetakan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki. Ibarat pasukan tempur, bukan berarti seluruh pasukan harus bertempur di garis depan. Strategi sangat menentukan kemenangan dalam peperangan.

Pengaturan pasukan garda depan, pemasok logistik, penyusup, penyapu ranjau dan lainnya adalah mutlak menjadi perhatian sang Leader agar mampu memenangkan peperangan secara efektif.

Begitupun dalam bisnis, memahami peta kompetensi dan kapabilitas tim akan membantu pengaturan bisnis semakin efektif.

Selamat Berbisnis!

(***)


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...