Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kunci Sukses Menjalankan Transformasi Digital


0

“It Always seems unreasonable until it’s executed.” (Muhammad Awaluddin)

Di era informasi ini peran teknologi digital sudah tak terbendung. Aktifitas keseharian sulit terpisahkan dengan penggunaan perangkat digital. Baik untuk personal maupun untuk keperluan bisnis.

Sebuah data yang dilansir Domo.com tentang apa yang terjadi dalam  dunia internet dalam semenit lumayan mencengangkan. Bayangkan, ada 2,4 miliar penduduk dunia yang terhubung dalam internet. Dalam semenit, ada 4 juta pengguna mesin pencari Google, 216 ribu pengguna yang mem-posting gambar di Instagram, 2,4 juta pengguna posting melalui Facebook, dan banyak lagi lainnya.

Melihat fenomena ini adalah hal yang wajar pentingnya transformasi digital dalam berbisnis, termasuk bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Besarnya penggunaan internet mendorong pentingnya percepatan transformasi digital.

Saya mengutip tulisan Brian Solis – Digital Analist Altimeter Group tentang Definisi Transformation : “The realignment of, or new investment in technology, business models, and processes to drive new value for customers and employees to effectively compete in an ever-changing digital economy.”

Bahwa transformasi digital bukan sekedar menggunakan/investasi teknologi digital secara langsung, namun harus mampu mengubah model bisnis menjadi lebih efisien, menggiring ke arah penciptaan value yang baru buat pelanggan dan karyawan untuk mampu bersaing ditengah perubahan ekonomi digital yang begitu cepat.

Masih terkait dengan narasi pembuka diatas, selanjutnya bagaimana dengan kasus Industri Kreatif Digital (IKD) di Tanah Air saat ini?

Dalam disertasi "Kinerja Bisnis yang Berkelanjutan melalui Pengembangan Strategi Bersaing dan Reputasi Perusahaan Berbasis Penciptaan Nilai dan Kekuatan Persaingan Industri (Suatu Model Keberlanjutan Digital pada Industri Kreatif Digital di Indonesia)” yang saya susun untuk meraih gelar Doktor belum lama ini, dinyatakan industri kreatif yang  saat ini sangat berkembang pesat adalah industri kreatif yang berbasis teknologi digital.

Namun pertumbuhan bisnis industri kreatif digital di Indonesia belum sesuai dengan harapan, karena kinerja bisnisnya cenderung berfluktuasi.

Hal tersebut disinyalir karena perusahaan mengimplementasikan strategi bersaing yang tepat. Selain itu, kekuatan persaingan industri kreatif digital belum optimal dan nilai yang diberikan kepada pelanggan lebih kecil bila dibanding dengan nilai yang diberikan oleh perusahaan pesaing (inferior customer value), sehingga melemahkan posisi bersaing perusahaan.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh kekuatan persaingan industri dan penciptaan nilai terhadap reputasi perusahaan dan strategi bersaing baik secara simultan maupun parsial serta implikasinya pada kinerja bisnis yang berkelanjutan pada industri kreatif digital di Indonesia.

Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan industri kreatif digital di Indonesia, sedangkan unit observasi adalah pelaku usaha industri kreatif digital di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Mixed Methods Research dengan instrumen analisis Eksplanatori, Eksploratori, dan Konfirmatori. Penelitian ini juga membandingkan model Global Competitiveness Index dari World Economic Forum dan tiga model Enterprise Growth Model. 

Dari hasil penelitian terungkap bahwa kekuatan persaingan industri kreatif digital  belum tinggi, penciptaan nilai belum baik, reputasi perusahaan belum baik, strategi bersaing belum tepat, dan kinerja bisnis yang  berkelanjutan belum baik pada industri kreatif digital Indonesia.

Reputasi perusahaan dan strategi bersaing lebih dominan dipengaruhi oleh penciptaan nilai dibandingkan oleh kekuatan persaingan industri kreatif digital.

Berdasarkan penelitian tersebut, melahirkan sebuah kata kunci yg disebut dengan DIGITAL SUSTAINABILITY (Keberlanjutan Digital) sebagai sebuah frasa penelitian yang lahir dari variabel- variabel : Kekuatan Persaingan Industri Kreatif Digital, Penciptaan Nilai, Reputasi Perusahaan, Strategi Bersaing, dan Kinerja Bisnis yang Berkelanjutan.

Dalam Klinik UKM kali ini saya ingin berbagi pentingnya dan bagamana melakukan DIGITAL TRANSFORMATION dalam aktifitas bisnis.

Implementasi Digital Transformation dalam sebuah aktifitas bisnis sangat ditentukan oleh three ways yakni DES (Driven, Engined, Strengthened) untuk Digital LSC (Leadership, Strategy, Culture), sebagai berikut;

1. Driven by DIGITAL LEADERSHIP

Kunci perubahan dalam sebuah organisasi adalah tekad dan kemauan leadernya. Komitmen Sang Pemimpin sangat mempengaruhi sukses tidaknya penerapan transformasi Digital pada organisasi apapun. Tanpa komitmen pemimpin jangan harap transformasi akan berjalan mulus.

Banyak contoh perusahaan maupun lembaga pemerintahan yang menunjukkan kisah sukses mereka dalam melakukan perubahan, dan kesemuanya dimulai dari komitmen sang pemimpin untuk mulai berubah.

2. Engined by DIGITAL STRATEGY

Tekad saja tentu tidaklah cukup. Butuh sesuatu yang menjadi tenaga pendorong agar transformasi dapat berjalan cepat dan optimal. Organisasi butuh strategi. Strategi ini ibarat perpaduan ilmu pengetahuan dan seni. Apakah organisasi  memilih model bottom-up, top-down atau mixed dalam eksekusinya kelak. Atau memilih cara lain.

Selanjutnya, Disiplin dalam eksekusi dari strategi yang telah ditetapkan menjadi kunci sukses dalam melakukan transformasi tersebut. Tanpa kedisiplinan, maka strategi bisa menjadi berantakan.

3. Strengthened by DIGITAL CULTURE

Dimulai dari komitmen pemimpin, lalu dijalankan dengan strategi yang tepat, maka akan memunculkan budaya baru bagi seluruh tim. Budaya ini akan menjadi sumber kekuatan bagi perusahaan untuk senantiasa berkomitmen menjalankan transformasi.

Tiada proses transformasi yang abadi, karena sesungguhnya kita semua harus menjadi Transformer. Menjadi agen tranformasi perubahan dalam segala waktu dan kondisi.

Perubahan persaingan bisnis begitu cepat, sehingga kuncinya adalah bagaimana memunculkan budaya yang selalu siap untuk menjadi transformer. Ibarat film Transformer yang selalu siap menghadapi musuh yang jauh lebih kuat dari planet luar, dari mobil biasa tiba-tiba berubah menjadi robot sakti. 

Selamat berbisnis

(***)

Sumber: indotelko.com 


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...