Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Jangan Alergi dengan Pembaruan


0

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat.

Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (update) versi dari aplikasi yang Anda gunakan. Artinya aplikasi-aplikasi yang ada senantiasa berubah dan  disempurnakan oleh produsennya.

Begitu juga dengan aplikasi ZAPA, sebuah mobile apps untuk UKM yang diluncurkan Telkom pada akhir tahun 2014 lalu, kini mengalami banyak perubahan fitur dan benefit.

Mengapa Telkom melakukan langkah penyegaran ini?

Alasannya sangat sederhana, bahwa penggunaan Gadget (Mobile Device) dalam bisnis kini semakin populer. Gadget semakin bertenaga dengan berbagai Mobile Apps yang simple dan mudah digunakan serta  mampu melakukan hal-hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di PC ataupun Laptop.

Bisnis Online yang sebagian besar dilakukan di depan Laptop  kini bisa dilakukan dimana dan kapan saja dengan keberadaan Mobile Apps. Keberadaan Mobile Apps yang semakin handal dan praktis diprediksi akan menguasai bisnis eCommerce di masa depan.

Saya masih ingat, pada saat peluncuran ZAPA untuk pertama kalinya. Bahwa saya menginisiasi kelahiran mobile apps untuk UKM ini bukan tanpa alasan.

Pertama, UKM bukan hanya butuh konektivitas untuk kemudahan akses internet baik melalui fixed broadband maupun mobile internet. Kedua, UKM juga tidak hanya butuh aplikasi market place dan social media untuk memasarkan produknya. Tetapi UKM juga butuh aplikasi berupa Customer Relationship Management (CRM) versi UKM, untuk mendukung ekosistem bisnisnya.

Nah, melalui mobile apps ZAPA ini, kami berusaha mengedukasi pelaku UKM akan pentingnya memanfaatkan CRM dalam keperluan bisnisnya. Layanan ini dibuat untuk memudahkan para pelaku UKM dalam mencari info produk Telkom, info billing, Tracking process Order, mencari UKM terdekat melalui fitur Near Me, konsultasi dengan para pakar/pelaku UKM yang sukses, chatting sesama UKM, pendanaan dan lain lain.

Seiring dengan waktu, mobile apps versi pertama, perlu disegarkan. Banyak masukan dari pelaku UKM yang mulai merasakan pentingnya mobile apps tersebut, sehingga dilakukan penyegaran dengan penambahan fitur-fitur baru. Termasuk jika sebelumnya hanya tersedia di play store (android based), kini mulai dikembangkan di IoS juga.

Perubahan sejatinya bukanlah hal yang tabu dalam dunia bisnis, termasuk penamaan dari kolom klinik ini.

Jika sebelumnya “Klinik UKM Digital” kini berubah menjadi “Digital Corner”. Perubahan tersebut sesuai dengan masukan dari pembaca bahwa konsep Digital kini semakin meluas.

Digital bukan hanya dibatasi untuk segmen UKM, namun lebih luas lagi khususnya terkait dengan Digital Strategies dalam bisnis.

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi sebuah three ways concept : valuable – powerful – reliable , terkait dengan pembaruan.

Bahwa update atau upgrade bukan sekedar naik level, namun lebih dari itu. Harus ada perubahan sehingga pengguna (active user) mendapatkan manfaat menjadi lebih baik.

1. Valuable

Penambahan fitur berkorelasi terhadap peningkatan value yang dirasakan oleh pengguna. Dalam dunia digital, tingkat loyalitas pengguna mobile apps lumayan rawan, mengingat mereka sangat mudah untuk meng-unduh berbagai aplikasi. Begitu dirasakan kurang nyaman, tinggal klik dan unduh aplikasi yang lain. Mereka akan langsung mencoba lalu menentukan pilihan apakah lanjut atau tidak.

Pelaku bisnis sangat rasional dalam menjalankan bisnisnya. Untung rugi baik material maupun non-material menjadi pertimbangan. Inilah mengapa pembaruan fitur dalam aplikasi harus memperhatikan aspek tersebut.

Anda harus menghitung seberapa besar nilai (value) yang diperoleh oleh pengguna. Besaran nilai secara formula ditunjukkan dengan pembagian manfaat (penggunaan maupun emosional) dibagi biaya (langsung dan tak langsung) yang dikeluarkan oleh pengguna.

2. Powerful

Pembaruan harus membuat semakin bertenaga. Semakin kaya akan fitur maupun tampilan. Agar pengguna merasakan dan bersedia menjadi promotor produk Anda.

Dalam dunia perkembangan teknologi gadget, Anda dapat melihat bagaimana semakin hari semakin canggih. Bukan laga sekedar mampu menelepon dan akses internet. Faktor kemampuan memori, berselancar, kenayamanan dalam memandang layar, kemampuan kamera hingga faktor tenaga baterai. Kesemuanya semakin berkembang seolah tanpa ujung.

3. Reliable

Terakhir, jangan lupa faktor kehandalannya yang dapat dipercaya. Mengingat setiap saat, bermunculan beragam aplikasi dengan penawaran gratis, maka tingkat loyalitas juga terpengaruh. Kuncinya, jika aplikasi yang ditawarkan benar-benar handal serta dalam perjalanannya mampu memuaskan pengguna, maka kepercayaan bagi pengguna akan muncul.

Artinya, umur produk atau jasa Anda akan semakin panjang. Pengguna aktif akan bertahan dan semakin tumbuh. Bisnis Anda pun semakin berkesinambungan.

Selamat berbisnis.

(***)

Sumber: Indotelko.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...

Kekuatan Connected di Ramadan

"Barang siapa bertaqwa kepada Allah, nisaya Allah memberikan kepada mereka jalan keluar (atas segala persoalan), dan diberi rizki dari tempat yang tidak terduga. Barang siapa bertaqwa kepada Al ...