Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Dicari, Pemimpin Berkarakter di Era Digital!


0

“You can build a reputation on what you have done,” (Muhammad Awaluddin)

Mungkin Anda agak kaget membaca judul artikel saya kali ini. Sengaja saya beri judul artikel kali ini agak agitatif agar kita tidak lesu membacanya dengan alasan sedang menjalani puasa di Bulan Ramadan yang penuh berkah ini. 

Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan istimewa yang selalu dinanti. Bagi saya, di bulan Ramadan ini, seyogyanya produktifitas semakin meningkat. Dashboard sales selalu saya pantau selesai Ibadah Makan Sahur untuk melihat dana memacu kinerja tim Enterprise dan Business Service dari Telkom.

Dalam Ramadan kali ini, saya kembali  meluncurkan program yang bertemakan “Smart Connected Society : Telkom Comes 2 U”. Program ini bertujuan disamping sebagai media silaturahmi juga untuk menggali suara pelanggan (customer voice). Diharapkan banyak hal yang diperoleh melalui program tersebut.

Untuk efektifitas pelaksanaan program, saya memimpin langsung untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan beberapa pelanggan, di berbagai kota besar di 7 Regional yang dimiliki Telkom.

Sesuai dengan tema, maka kunjungan ke pelanggan, kami fokuskan ke sektor Pemerintahan, Perguruan Tinggi dan Kampung UKM Digital. Bagi pemerintahan, pendekatannya adalah Smart City. Lalu, untuk ekosistem Perguruan Tinggi berupa Smart Education dengan memperkenalkan konsep IDRen (Indonesia Research Network). Terakhir, untuk komunitas UKM, kami kembali memperkenalkan Broadband Community bagi Kampung UKM Digital.

Alhamdulillah, bermula di Kepulauan Seribu dimana kami memperkenalkan konsep Smart Island dan berlanjut ke beberapa kota besar lainnya, semuanya berbuah silaturahmi yang mengesankan.

Pelanggan yang dituju sangat senang atas kunjungan ini. Serta banyak masukan positif untuk kami tindaklanjuti demi peningkatan kepuasan dan pengalaman pelanggan (customer experience).

Dari hasil silaturahmi ini, saya juga mendapatkan bahwa para pemimpin atau pengambil keputusan di sisi pelanggan, merupakan sosok luar biasa. Memiliki visi dan misi untuk  semakin maju. Dan hal yang cukup menarik, mereka menyadari bahwa jika perusahaan atau institusi ingin tumbuh, maka Teknologi Digital adalah solusi paling utama.

Pada sesi silaturahmi ke Universitas Lampung, saya bertemu langsung dengan Rektor UNILA, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. Rektor menyampaikan targetnya untuk melakukan transformasi UNILA, dari Teaching University menjadi Research University.

Rektor UNILA menceritakan bahwa saat ini, di kampusnya terdapat 35.000 civitas akademika yang beraktifitas (mahasiswa, dosen, karyawan dan tenaga administrasi). Melalui transformasi Research University, UNILA bertekad untuk menjadi 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, kami juga bekerjasama dalam hal pengembangan Gerakan Seribu Wirausahawan (GABUWIRA) UNILA dalam bentuk program Kampung UKM Digital. Telkom dan UNILA sama-sama meyakini bahwa UKM sudah saatnya lebih maju melalui pemanfaatan Teknologi Digital.  Menurut Rektor UNILA, pengabdian dalam bentuk pengembangan bisnis melalui research dan sentuhan Teknologi Digital akan menjadikan UKM semakin berdaya.

Terkait dengan tulisan pembuka di atas, dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi three ways concept berupa kriteria pemimpin yang akan tampil unggul di era yang penuh turbulensi dan disrupsi tinggi saat ini.

Perusahaan atau institusi apapun, baik bisnis, sosial maupun pemerintahan, membutuhkan pemimpin yang tidak hanya paham tentang ilmu kepemimpinan secara umum, tetapi juga harus memiliki kriteria "distinct" .

Apa saja kriteria "distinct" tersebut ? Ada beberapa hal, yaitu : bernyali (GUTSY), inspiratif (INSPIRING), dan adaptif (ADAPTIVE), sebagai berikut :

1. THE GUTSY LEADER

Terjemahan bebasnya : pemimpin yang bernyali. Pemimpin yang bernyali adalah pemimpin yang kuat dan effektif. Pemimpin yang kuat dan bernyali akan dirasakan positif dampaknya bagi pengikutnya. Bernyali bukan hanya sekedar berani, tetapi sekaligus tangguh, tegas dan trengginas dalam menyelesaikan berbagai masalah.

Panglima perang yang hebat, adalah pemimpin yang tampil didepan untuk memimpin pasukan di medan perang, bukan pemimpin yang sekedar memerintah dari belakang meja.

2. THE INSPIRING LEADER

Pemimpin inspiratif adalah pemimpin yang kaya akan energi positif. Pemimpin tersebut bisa mengalirkan atau menyedot energi tim. Seorang pemimpin inspiratif paham akan "hukum kekekalan energi" yang terdiri dari : penciptaan energi, penularan energi dan pelestarian energi.

Kisah heroik penaklukan Andalusia (Spanyol) oleh pasukan Tarik Ibn Ziyad pada tahun 711 M, selalu menjadi kisah perang menarik dan penuh inspirasi. Bagaimana Tarik Ibn Ziyad berhasil menciptakan energi dan menjaga energi pasukannya menghadapi pasukan Raja Roderic yang jumlahnya 6 kali lipat.

Sepenggal kisah paling menarik dan selalu menjadi sumber motivasi tatkala Tarik Ibn Ziyad memompa semangat pasukannya dengan membakar kapal-kapal yang membawanya menyeberangi selat yang hingga kini dikenal dengan nama Gibraltar (Jabal el-Tarik).

“Saudaraku, musuh ada di depanmu, sedangkan lautan ada di belakangmu. Kemana kalian akan berlari?” ungkapan Tarik Ibn Ziyad yang sangat terkenal setelah pembakaran kapal.

3. THE ADAPTIVE LEADER

Adaptif berarti cerdas menyesuaikan diri dengan perubahan. Pemimpin adaptif berarti pemimpin yang mudah menyesuaikan dirinya dgn perubahan dan keadaan baru.

Pemimpin yg hanya memberi delegasi kepada bawahannya, tanpa lagi mendeteksi keadaan situasi perubahan lingkungan, maka dapat dipastikan akan "keluar dari orbit" di era digital ini.

Selamat Berbisnis.

(***)

Sumber: indotelko.com 


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...