Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Cara Mudah Membangun Kepuasan Pelanggan


0
“The winner is not who started first on the start line but it is end up first at the finish line.” -Muhammad Awaluddin.


Melihat animo pembaca atas buku Digital EntrepreneurShift yang diluncurkan sejak November 2015 lalu, saya semakin bersemangat menyelesaikan serial berikutnya.

Keinginan untuk segera meluncurkan serial Digital Shiftology untuk UKM Indonesia ini mengingatkan saya dengan statement Stephane Distinguin CEO of Fabernovel yang banyak mengulas tentang GAFAnomics.

The best series always have a sequel – especially when the topic is hot!” tulisnya dalam materi GAFAnomics tersebut. Materi tersebut dapat dengan mudah Anda unduh dari internet, dan akan menemukan berbagai fenomena menarik dari Revolusi Digital ini.

GAFAnomics berupa sebuah konsep yang mendasarkan pada besarnya nilai kapitalisasi pasar dari 4 penggerak Era Digital saat ini ; Google, Apple, Facebook dan Amazon (GAFA). Terhadap keempat emiten tersebut, Fabernovel mengistilahkan sebagai “From new kids on the block to heavywight champions”.

Di Indonesia, siapa yang tidak kenal GAFA tersebut? Bahkan jangan-jangan mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pengguna produk Google. Mulai dari Gmail, chrome, gdrive, adsense, gmaps, android, dan lainnya serta yang paling terkenal adalah google sebagai search engine. Tanya Mbah Gugel.

Begitu juga dengan produk-produk Apple, Facebook dan Amazon. GAFA are planet-sized. GAFA diibaratkan sebagai planet sendiri. Bandingkan, kapitalisasi pasar Apple (2014) yang mencapai US$ 700 miliar dengan GDP Swiss US$ 685 miliar, Amazon yang terkenal sebagai the most value retailler dengan kapitalisasi pasar senilai US$ 250 miliar(2015) dibandingkan dengan Walmart (US$ 230 miliar).

Lalu, bandingkan jumlah pengguna Facebook sekitar 1,55 miliar yang lebih besar dibanding jumlah penduduk Tiongkok sebanyak 1,35 miliar orang. Terakhir, Google sebagai the world’s largest media company dengan total pendapatan US$ 59,1 miliar (2014).

Jika total revenue GAFA digabungkan pada 2014 sebesar US$ 350 miliar, ini lebih besar dibandingkan dengan GDP Afrika Selatan. Dari sisi jumlah karyawan, GAFA memiliki 296.800 orang, jauh lebih kecil dibanding dengan jumlah penduduk Afrika Selatan usia produktif sebanyak 19 juta orang.

Akankah ini berkembang terus? tentu saja tidak ada jaminan. Kini, dengan perkembangan Teknologi Digital, semakin banyak produk yang mampu mengganggu (disrupt) produk sebelumnya dengan cepat. Fabernovel mengindikasikan perkembangan NATU : Netflix, Airbnb, Tesla dan Uber yang akan mampu menyalip GAFA tadi.

Kembali ke tanah air, Indonesia yang kita cintai ini, jika Anda sempat mengunjungi pameran INACRAFT di JCC, jangan kaget jika para pelaku UKM yang hadir sudah menuliskan dan menginformasikan akun digital miliknya. UKM yang ada benar-benar mulai dan sudah Goes Digital. Tentu saja ini perkembangan yang cukup menggembirakan, bahwa Teknologi Digital sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam pengelolaan bisnisnya.

Bahkan, kini pelaku startup juga mulai marak. Lomba coding untuk merangsang kemampuan anak muda untuk membangun aplikasi digital semakin sering diadakan. Di sisi lain, beberapa perusahaan online khususnya eCommerce Indonesia, mulai unjuk gigi ditengah semakin tingginya transaksi eCommerce di tanah air.

Terinspirasi dari tulisan diatas, dalam artikel kali ini saya ingin berbagi tentang pemanfaatan Teknologi Digital dalam bisnis, dalam konsepthree ways;Customer Experience – Product Innovation – Service Value, sebagai berikut :

1. Customer Experience

Kini, konsumen dengan sangat mudah membagi pengalamannya dalam menggunakan produk/jasa Anda. Baik puas maupun tidak puas, mereka akan langsung posting pengalamannya. Media sosial menjadi sarana menyampaikan apa yang dirasakan dan diinginkannya.

Jika tidak puas, jangan kaget jika produk/jasa Anda akan langsung diprotes bahkan terkadang termasuk kategori bully.

Pengalaman yang mereka tuliskan akan mudah disebarkan oleh para pengikutnya (follower/friend), menyebar secara global pada saat yang sama.

Model sharing customer experience ini menjadi sangat ampuh. Bisa mengalahkan promosi konvensional yang sedang Anda lakukan. Ini yang menyebabkan mengapa Teknologi Digital mampu mengubah dan mempercepat proses bisnis yang ada. Mengingat semuanya menjadi terbuka dan personal.

2. Product Innovation

Masih terkait dengan item diatas, alhasil Anda akan dituntut segera melakukan inovasi. Baik secara produk maupun layanan lainnya. Umur produk akan semakin pendek, mengingat semakin banyak kemunculan produk yang lebih inovatif.

Teknologi Digital akan membantu Anda dalam inovasi ini. Banyak hal yang dapat Anda lakukan. Minimal untuk menyapa konsumen melalui social media.

Lihat saja, kini muncul berbagai inovasi dalam taktik menjual di dunia online. Ada yang sengaja menjual produk pada waktu tertentu dengan harga yang menarik. Muncul istilah Flash Sale. Jualan dengan serba terbatas.

3. Service Value

Dalam urusan loyalitas pelanggan, kini sudah semakin sulit mengukurnya. Pelanggan/konsumen memiliki kekuasaan luar biasa. Mereka dihidangkan banyak alternatif pilihan, serta kemudahan untuk mengaksesnya.

Teknologi Digital semakin memudahkan untuk membangun awareness atau menarik attention pasar untuk meng-klik produk yang Anda tawarkan. Mereka memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah langsung klik atau tidak.

Anda harus mampu memberikan layanan yang unik agar memiliki nilai tambah agar pasar mau Look – Booked – Pay pada saat yang bersamaan. Ingat, kata value menjadi kuncinya, ujungnya adalah terciptanya Customer Experience yang luar biasa.

Selamat berbisnis! 

(***)

Penulis: Muhammad Awaluddin

Direktur Enterpsise and Business Service Telkom 


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...