Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien


0

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. Gelaran mudik yang merupakan budaya khas Indonesia, menjadi satu hal yang paling seru.

Dari sisi bisnis, dilaporkan perputaran uang tunai senilai Rp 160,4 triliun selama musim mudik lalu. Angka ini setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Uang yang beredar tersebut juga mengalir dari pusat kota (didominasi dari Jakarta) ke daerah-daerah. Angka yang sungguh luar biasa bukan?

Perekonomian lokal di daerah menggeliat naik. Khususnya sektor kuliner dan wisata lokal mendadak ramai. Ini tentu merupakan berkah bagi masyarakat dan pelaku bisnis di daerah.

Kebetulan selama liburan Idul Fitri kemarin, saya bersama keluarga menikmati suasana kota Bandung, Belitong, dan Yogyakarta.

Masing-masing kota memiliki khas tersendiri. Bandung yang kuat dengan wisata kuliner dan fashionnya, lalu belitong dengan wisata alam pantainya yang sangat indah. Dan,

Kota Yogyakarta tak kalah menarik dengan wisata kulinernya. Bagi saya, ini merupakan kebanggaan dapat menikmati pariwisata domestik yang tak kalah dibanding lokasi wisata di luar negeri.

Saya salut dengan Kementerian Pariwisata RI yang mengambil momen liburan Idul Fitri dengan meluncurkan paket wisata domestik, Pesona Nusantara. Karena memasarkan potensi wisata domestik menjadi salah satu kunci meningkatkan perekonomian daerah. Banyak potensi wisata lokal yang jika dikelola dan dipasarkan dengan bagus akan menjadi obyek wisata tak kalah indahnya.

Kembali ke perjalanan saya kemarin, dalam waktu seminggu, saya dapat mengunjungi 3 kota tersebut, tentu tak lepas dari peran Teknologi Digital. Urusan tiket penerbangan, booking hotel, rental mobil dan pemilihan rute yang menjadi target kunjungan semuanya kini tersedia di smartphone. Tinggal look, booked, dan pay.

Jika Anda mencari di internet, semakin banyak obyek wisata yang ditampilkan disana. Pelaku UKM yang memasarkan produk oleh-oleh juga semakin banyak. Minimal mereka mempromosikan melalui media sosial. Informasi tersebut memudahkan para calon wisatawan yang akan datang untuk segera dikunjungi dan ujung-ujungnya adalah transaksi pembelian.

Saya yakin kedepannya, para pelaku bisnis dan pemangku wisata lokal serta seluruh ekosistem yang ada di daerah akan semakin powerfull jika mulai memanfaatkan Teknologi Digital dalam memasarkan dan pengelolaan potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Manfaat Teknologi Digital bukan hanya bagi pelaku bisnis, namun bagi pemerintah daerah akan mendapatkan benefit tak terhingga.

Penerapan Smart City bukan sekedar sebagai pembangunan dan penyediaan infrastruktur Digital di daerah namun jauh lebih penting adalah mengintegrasikan seluruh ekosistem yang ada di daerah untuk dapat diakses dengan mudah oleh siapapun (masyarakat, pelaku bisnis, aparat pemerintah, insan pendidikan, turis dan investor).

Dalam artikel kali ini, saya kembali ingin berbagi sebuah konsep pemanfaatan Teknologi Digital dalam bisnis. Teknologi Digital akan membantu bisnis Anda (business enabler).

Satu poin yang harus diingat bahwa di era digital, berbagai aktifitas bisnis harus benar benar efektif dan efisien. Hindari banyak aktiftas yang BERULANG dan tidak memberikan NILAI TAMBAH serta DAMPAK pertumbuhan bagi bisnis Anda. Hindari dan "bakar" semua "lemak-lemak" operasional dengan teknologi informasi.

Untuk hal tersebut, pendekatan three ways concept operasi bisnis yang harus dilakukan oleh entrepreneur adalah LEAN, AGILE, SUSTAINABLE (LAS), sebagai berikut ;

1. LEAN

Semakin ketatnya persaingan, tingginya tuntutan konsumen serta terbatasnya resources, menuntut organisasi bisnis menyediakan solusi yang bisa menjawab tantangan tersebut secara sekaligus.

Dengan pendekatan pola lean operation ini didasari atas customer first oriented. Sistem operasi yang dilakukan secara terintegrasi di seluruh lini, dengan mengeliminasi proses dan resources yang tidak perlu. Konsep lean operation juga melibatkan seluruh SDM di setiap proses yang ada dengan tools yang sederhana, sehingga hasil yang optimal bisa lebih mudah diraih.

2. AGILE

Dalam sebuah manajemen operasi akan lebih baik apabila menggabungkan konsep agility dalam prosesnya. Konsep yang AGILE/Agility itu sendiri adalah kemampuan untuk membuat dan merespon perubahan.

Dengan kata lain agility adalah kemampuan untuk mengkombinasikan flexibilitas dan stabilitas. Bisnis di era digital saat ini sarat dengan perubahan yang sangat cepat dan kita harus dapat juga merespons dengan cepat.

3. SUSTAINABLE

Sustainable artinya aktifitas operasi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis saat ini tanpa harus mengorbankan kemampuan masa depan dalam memenuhi pertumbuhan bisnis. Ini adalah tujuan akhir sebuah bisnis, bahwa bisnis harus tumbuh berkelanjutan.

Selamat berbisnis

(***)

Penulis: Muhammad Awaluddin

Direktur Enterpsise and Business Service Telkom  


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin) Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri s ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...

Kekuatan Connected di Ramadan

"Barang siapa bertaqwa kepada Allah, nisaya Allah memberikan kepada mereka jalan keluar (atas segala persoalan), dan diberi rizki dari tempat yang tidak terduga. Barang siapa bertaqwa kepada Al ...