Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Belajar menjadi Pebisnis yang Berkomitmen


0

“Saya ingin menjadi mata air kehidupan, yang memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain,” (Muhammad Awaluddin)

Memasuki bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Agustus 2016, saya menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh teman-teman Telkom di Bandung.

Acaranya sederhana, namun dibalik acara tersebut, sebuah kebanggaan menyeruak. Bagaimana tidak, pada hari itu, saya menyaksikan sendiri aktivasi Internet ultra Broadband 1 Gbps  dengan nama produk GIGAPRO.

Layanan GIGAPRO ini, merupakan produk High Speed Internet (HSI) dengan paket Ultra Broadband up to 1 Gbps. Anda bisa bayangkan bagaimana kecepatan download dan uploadnya.

Jika Anda mengakses YouTube, ibarat menonton TV live. Terlebih jika Anda menggunakan perangkat yang sesuai dengan spesifikasi, seperti TV HD 4K dan MacPro, maka kualitas gambar yang diterimanya sangat jernih dan clear.

Mengapa saya sangat bangga? Pada saat yang sama, saya berani menyatakan di depan para awak media yang hadir, bahwa  mulai 1 Agustus 2016, bisa dinyatakan atau dideklarasikan, Indonesia yang sering dianggap layanan internetnya masih bermasalah (internet gap), sudah membuktikan diri, siap dengan layanaan Ultra Broadband 1 Gbps. Kita sudah mulai menginjak sebuah tahapan kecepatan bandwitdh orde Giga bits per second (Gbps).

Jika selama ini, orde Giga hanya terdengar untuk urusan kapasitas data GB (Giga Byte), maka kemarin terbukti bahwa akses bandwitdh Giga pun sudah dimulai. Kami tidak akan berhenti pada kecapatan 1 Gbps, namun akan menyusul 2 Gbps hingga 10 Gbps dan seterusnya.

Hotel Grand Asrilia Bandung menjadi lokasi pertama yang menikmati layanan GIGAPRO tersebut. Pemiliknya, Drs. H. Asril Das yang turut  hadir dalam acara juga tak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Dia menyadari bahwa bisnis perhotelan kini tidak bisa dilepaskan dengan kebutuhan High Speed Internet.

Usai menyaksikan aktivasi perdana di Hotel Grand Asrilia, siangnya saya melanjutkan kunjungan ke SMPN 44 Bandung. Sekolah yang sangat terkenal dengan pemahaman nilai-nilai agama di Kota Bandung ini, juga menjadi pelanggan Telkom yang berlangganan layanan Ultra Broadband GIGAPRO.

Di depan kepala sekolah dan dewan guru, kami bersama-sama mengukur speed unduh dan unggah internetnya.Hasilnya sangat luar biasa, speed unduh (download) mencapai 900-an Mbps, sedangkan speed unggahnya (upload) menyentuh angka 144 Mbps. Sebuah angka yang fantastis untuk layanan internet di tanah air.

Dari perbincangan dengan pemilik Hotel Grand Asrilia dan ibu kepala sekolah SMPN 44 Bandung, saya bisa menarik kesimpulan bahwa mereka memiliki visi luar biasa. Internet bukan lagi dianggap sekedar pelengkap bisnis dan pembelajaran, namun jauh itu. Visi mereka sudah jauh kedepan.

Bahwa jika ingin berkembang, saatnyalah memanfaatkan internet secara positif. Dengan semakin banyaknya kebutuhan akses, maka kecepatan menjadi penting.

Keesokan harinya (3/8/2016), saya kembali menyaksikan aktivasi GIGAPRO di Kampus Universitas Darma Persada Jakarta Timur. Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Darma Persada, Dr. H. Dadang Solihin, SE, MA menyampaikan visinya untuk menjadikan kampusnya menuju Kampus terbaik Ranking 100 se-Indonesia. Sebuah visi yang luar biasa dan pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT) adalah menjadi salah satu tolok ukur dalam penentuan ranking.

Dalam artikel kali ini, saya tidak ingin banyak membahas secara teknis tentang layanan Ultra Broadband GIGAPRO tersebut, namun saya ingin berbagi inspirasi atas tekad dan pengalaman dari pemilik Hotel Grand Asrilia, yang dalam kesempatan tersebut turut memberi sambutan atas kehadiran layanan GIGAPRO di hotel miliknya.

Dengan sekilas percakapan hangat serta menyimak sambutannya, saya mengistilahkan dengan three ways concept : Komitmen – Kerja keras – Kemandirian, sebagai berikut:

1. Komitmen

Apa yang menjadi visi dari para leader contoh diatas adalah bukti kuatnya komitmen mereka untuk semakin maju. Tanpa komitmen iuat, maka arah atau visi yang akan dituju menjadi kabur. Seolah berjalan tanpa arah. Inilah mengapa komitmen menjadi penting, karena menjadi sumber semangat dalam menentukan arah kedepan.

Pemilik Hotel Grand Asrilia menceritakan bagaimana komitmen beliau untuk merubah lokasi tempat tinggalnya menjadi sebuah hotel yang besar. Visi beliau bukan sekedar lahirnya sebuah hotel, namun lebih dari itu. Beliau ingin memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat sekitar, menciptakan lapangan kerja serta penyediaan hotel berbasis syariah di Bandung.

2. Kerja keras

Komitmen tanpa tindakan akan menjadi sekedar mimpi belaka. Mewujudkan komitmen harus diikuti dengan kerja keras untuk mencapainya. Mulai melangkah, berjalan, berlari, gagal, bangkit, tetap semangat, menyemangati, merayakan hasil, adalah minimal tahapan yang harus dilalui. Kerja keras tentu bukan semata-mata tentang fisik, tetapi juga dibarengi dengan olah fikir yang smart serta memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

Mewujudkan komitmen dengan kerja keras bukan sekdar keberuntungan. Lebih dari itu. Terkadang muncul keajaiban yang tak terduga. Keajaiban-keajaiban tersebut lahir dari segala upaya yang kita jalani.

Pak Haji Asril Das tidak pernah membayangkan dapat membangun hotel 300 kamar dan 30 meeting room. Bahkan keinginan untuk memanfaatkan akses internet Ultra Broadband 1 Gbps juga tidak pernah terlintas sebelumnya. Namun kemarin, kerja keras beliau selama ini berbuah manis.

3. Kemandirian

Terakhir dengan komitmen yang kuat serta diiringi kerja keras, akan melahirkan kemandirian. Mampu berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) adalah tujuan kehidupan. Kehadirannya bukan mengganggu atau tergantung pada orang lain.

Bukankah tujuan bernegara juga pada akhirnya adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Masyarakat sejahtera dengan kekuatan bangsa sendiri.

(***)

Penulis: Muhammad Awaluddin

Direktur Enterpsise and Business Service Telkom 


PROFIL PENULIS

Muhammad Awaluddin


Muhammad Awaluddin Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise and Business Services Telkom yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesia Marketing Association (IMA)


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Resep Sukses di Arena Baru

Sehari setelah peluncuran atau rebranding aplikasi mobile ZAPA, layanan Telkom untuk UKM pada minggu pertama September lalu, saya mendapat amanah penugasan baru di PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai ...

Jangan Alergi dengan Pembaruan

Dalam dunia digital, perubahan atau update software sangatlah cepat. Contoh sederhana, begitu smartphone Anda mendapatkan akses wifi pada suatu lokasi, maka muncul pemberitahuan untuk pembaruan (up ...

Konsep TIA untuk Menjadi Pemimpin Digital

“When leaders communicate, threre are no second chances. Leaders have to tell the truth, define its zone and ask people to respond.“ (D. Mark Schumann) Sewaktu memulai menulis artikel ini, ...

Teknologi Digital sebagai Energi Bisnis

“Merdeka itu dengan memberikan kontribusi nyata dan bermakna. Satu aksi nyata lebih bermakna daripada ribuan kata kata.” (Muhammad Awaluddin) Merayakan hari lahir Proklamasi Kemerdekaan RI ...

Alasan Perlunya Inovasi dan Standarisasi Dijaga dalam Berbisnis

“Disrupt yourself with innovation or somebody else will do..”(Muhammad Awaluddin) Semakin sering naik pesawat, maka semakin sering Anda menikmati pre-flight Safety Demonstration (demo pro ...

Mengelola pengalaman dengan 3R

“Ketakutan yang paling naif adalah ketakutan yang berasal dari diri sendiri, seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.” Seminggu terakhir, ramai diperbincangkan di berbagai media ...

Inovasi harus Didukung Bakat dan Mental untuk Sukses

“What separates digital leaders from the rest is a clear digital strategy combined with digital culture and leadership poised to drive the digital transformation.” Dalam beberapa minggu b ...

Berbisnislah secara Efektif dan Efisien

Ramadan 1437H telah berlalu. Tentu banyak hal yang menjadi kenangan dan pengalaman baru selama bulan puasa kemarin. Dan seperti biasa, jelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 1437H tak kalah serunya. ...

Memenangkan Bisnis Musiman

“Connected Ramadhan, Meraih Berkah bagi Kehidupan. Sambut Indahnya cahaya kemenangan dengan hati ikhlas, satukan tangan merajut salam saling memaafkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. ...

Kekuatan Connected di Ramadan

"Barang siapa bertaqwa kepada Allah, nisaya Allah memberikan kepada mereka jalan keluar (atas segala persoalan), dan diberi rizki dari tempat yang tidak terduga. Barang siapa bertaqwa kepada Al ...