Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Keren! 5 Mahasiswa Ini Ciptakan Sabun dari Kulit Ikan Kakap Merah


0

Ikan kakap ternyata tidak hanya lezat dimakan. Ikan ini bisa diolah menjadi sabun pembersih wajah. Potensi tersebut sedang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).

Mereka sedang mengembangkan pembuatan sabun pembersih wajah dari limbah kulit ikan kakap merah dan kitosan. Sabun ini dibuat lewat penelitian berjudul “Transparent Beauty Soap Berbasis Kolagen Limbah Kulit Ikan Kakap Merah dan Kitosan sebagai Pembersih Wajah.”

Para mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P) ini meyakini kandungan kolagen dan kitosan dari kedua bahan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kulit dan telah banyak diaplikasikan pada industri makanan, biomedis, farmasi, dan kosmetik.

Kolagen merupakan komponen struktural utama jaringan putih yang meliputi hampir 30 persen total protein pada tubuh. Kalogen berfungsi untuk meningkatkan kelembaban kulit, menjaga elastisitas kulit dan mencegah kulit dari radikal bebas, dan kalogen tersebut banyak tergandung dalam kulit ikan kakap merah.

Sementara, kandungan kitosan merupakan biopolimer alam, berbentuk polisakarida linier. Kitosan memiliki sifat anti mikroba, karena dapat menghambat bakteri patogen dari mikroorganisme, termasuk jamur dan bakteri. Kitosan dapat diperoleh dari limbah cangkang krustasea seperti udang dan rajungan.

Produk yang kami buat berupa sabun transparan yang memiliki tampilan jernih dan bertekstur lembut. Sabun ini nantinya dapat digunakan untuk wajah dan untuk mandi yang menghasilkan busa lembut untuk kulit dan penampilan berkilau bila dibandingkan dengan sabun lainnya.

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Perairan FPIK IPB.Proses yang mereka lakukan adalah menggunakan metode ekstraksi kolagen melakukan formulasi sabun, beberapa analisa laboratorium dan terakhir dilakukan pengujian terhadap produk yang mereka buat. Hingga saat ini masih dalam tahapan melakukan uji-uji di laboratorium dan melakukan formulasi sabun.

Melalui penelitian ini ke depan mereka berharap dapat lebih mampu memanfaatkan hasil samping produk perikanan menjadi produk memiliki nilai tambah.

Hasil yang mereka peroleh nantinya dapat dipublikasikan, diproduksi massal dan mendapatkan hak paten formulasi produk.

(***)

Sumber: Antara.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar