Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Tebar Inspirasi Bersama Wanita Pendiri Kesuksesan GoJek


0

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu co-founder perusahaan digital GoJek, Alamanda Shantika Santoso. Eksekutif wanita yang satu ini merupakan salah satu alasan mengapa GoJek mampu memperoleh kesuksesan yang begitu besar.

Dengan visi dan juga misinya, Alamanda mampu menaikkan traksi dan juga perkembangan bisnis GoJek bahkan dalam waktu yang relatif cepat. Namun kabar terbaru menyebut bahwa saat ini Alamanda sudah tidak lagi menukangi GoJek alias resign dari perusahaan besutan Nadien Makarim tersebut.

Keputusan untuk keluar dari GoJek tentu menimbulkan pertanyaan besar di benak banyak orang. Ketika GoJek sedang berada di salah satu tahap emasnya, Alamanda justru memilih hengkang untuk mengejar impian lain yang nyatanya jauh lebih besar.

Impian apakah itu?

Membangun Lebih Banyak Startup Digital

Ternyata, setelah lepas dari perusahaan GoJek, Alamanda Shantika Santoso bergabung dengan Kibar, sebuah organisasi nirlaba yang mempunyai fokus untuk pengembangan #startup digital di Indonesia. Dalam keterangannya, Alamanda mengaku ini merupakan tahapan selanjutnya dari cita-cita yang sedang kejar.

Kembali menilik ke belakang, salah satu alasan terbesar mengapa wanita lulusan Binus ini memilih keluar dari GoJek adalah, pesan dari sama orang tua. Tepatnya sang Ibunda berpesan bahwa saat ini Alamanda memang telah menuai keberhasilan dengan banyak melahirkan engineer berbakat di kawasan Jakarta dan Jogja ketika bergabung dengan GoJek.

Namun sang ibu mengingatkan bahwa, Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas. Masih banyak masyarakat di luar sana yang belum mengenal teknologi dan membutuhkan bantuan.

“Mama saya pernah berpesan ‘kamu sekarang sudah berhasil mendidik engineers di Jakarta dan Jogja, tapi jangan lupa Indonesia itu luas banget, banyak yang belum kenal internet, dan sekarang saatnya kamu untuk mengejar itu’.”

Pada awalnya Alamanda memang mengaku sempat ragu untuk mengejar cita-cita tersebut. Namun dengan dukungan dari Kibar yang mempunyai kiblat visi searah, menjadi kekuatan tersendiri bagi Alamanda untuk meneruskan pesan sang ibunda.

Impian Menjadi Menteri Pendidikan

Ketika upaya mendorong program 1000 startup digital sudah didengungkan, nyatanya masih ada mimpi lain yang bahkan mungkin bagi sebagian orang terbilang cukup tinggi. Ekspektasi positif tersebut adalah menjadi seorang menteri pendidikan.

Alamanda Shantika kembali mengingat, ketika sedang menangani #GoJek ia melihat fenomena yang luar biasa mencengangkan. GoJek,  yang dulunya sebuah startup kecil, kini mampu menjelma menjadi satu jalur cepat bagi 250.000 orang untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

“Ternyata dengan adanya Go-Jek, banyak banget orang yang terbantu. Benar-benar kelihatan nyata ada 250.000 drivers yang terbantu. Jadi, dari situ aku semakin semangat untuk memunculkan banyak startup.”

Dari situ Ia berpikir, jika 1 startup besar saja sudah mampu mendatangkan potensi yang begitu besar, bagaimana jika Indonesia mempunyai 1000 startup lagi seperti GoJek. Bukan tidak mungkin, Indonesia mampu merangsek naik menjadi salah satu macan ekonomi dunia.

Dan salah satu langkah yang bisa merubah mimpi tersebut menjadi kenyataan adalah ketika Alamanda bisa mendapatkan kesempatan menjadi pemangku kebijakan, dalam hal ini Menteri Pendidikan. Ketika nantinya, dia bisa menjadi Menteri Pendidikan tentu langkah yang bisa ditempuh akan jauh terbuka lebar.

Membangun Mimpi Bersama Kibar

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa keputusan Alamanda Shantika bergabung dengan organisasi Kibar dikarenakan organisasi tersebut menawarkan kesempatan yang didukung dengan berbagai fasilitas untuk mewujudkan mimpi perkembangan startup digital di Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut, tahap pertama yakni membangun ekosistem yang ramah bagi digital startup, agar nantinya setiap orang bisa memiliki kesadaran untuk mendirikan usaha tidak hanya berkaca pada jurusan finansial namun didasari kesadaran sosial dan keinginan untuk memecahkan permasalahan bersama.

Sebagai penutup, dalam sebuah kesempatan wanita yang telah mempunyai segudang pengalaman di bidang industri digital ini sempat berujar bahwa, jika diberi kesempatan untuk memutar waktu kembali, ia ingin memulai pencapaian mimpi ini di usia yang lebih muda lagi.

“Kalau bisa lahir kembali, saya akan bilang ke diri saya untuk memulai semua ini di usia yang lebih muda lagi.”

(***)

Sumber: maxmanroe.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Apakah Sukses Selalu Identik dengan Materi?

Sukses adalah pencapaian dari sebuah tujuan. Apakah kesuksesan hidup identik sukses dan kaya raya? Berlayar keliling dunia dengan yatch mewah sambil menikmati santapan mahal? Ke temat-tempat wisa ...

Go Online, Putri Tidak Perlu Lagi Berjualan Door to Door

'Melek' internet bisa menjadi titik balik dalam membangun bisnis, setidaknya seperti yang terjadi pada Putri. Ia adalah pelaku pebisnis usaha kecil menengah (UKM) pembuat boneka anak-anak. ...

7 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses Berbisnis

Menjadi seorang pengusaha yang sukses di usia muda tentu tidak bisa dialami oleh semua orang di muka bumi ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, akan dibutuhkan banyak usaha dan juga kerja keras, sebab k ...

Fashion Blogger Ini Terbukti Sukses Berkat Strategi Personal Brand

Personal brand atau citra diri bukan hanya milik orang-orang sukses. Personal brand sesungguhnya hasil proses yang dibentuk secara perlahan, bukan instan. Kini semakin banyak orang menyadari pentin ...

Kisah Inspiratif Chris Gardner, dari Gelandangan Jadi Miliuner

Ketika Chris Gardner dan putranya masih tidur di lantai kasar sebuah toilet umum, ia tidak pernah bermimpi bahwa kisah hidupnya akan diangkat menjadi sebuah film terkenal Hollywood. Awal tahun 1980 ...

Yusuf Mansyur Merambah Dunia Bisnis, Apa Alasannya?

Siapa yang tak kenal dengan Yusuf Mansur? Kepopulerannya sebagai ustad di tanah air mungkin tak kalah dengan para artis sinetron maupun layar lebar di negeri ini. Pria bernama asli Jam’an Nurkhatib ...

Jun Yuan Sukses Kembangkan "11th Hour"

Saat-saat di mana Jun Yuan melihat banyak pedagang yang sia-sia membuang jualan makanannya akibat tidak laku, ia melihat peluang bisnis dengan meluncurkan aplikasi. "Akan ada hari dengan banya ...

Berhenti Jadi Direktur, Kini Malah Sukses Kelola Ratusan Gerai Waralaba

Penganan ayam goreng tepung ala western alias fried chicken sudah lama akrab di lidah masyarakat Indonesia. Waralaba restoran fried chicken asing juga telah menjamur di Tanah Air sejak puluhan tahun s ...

Cerita Inul Daratista Si Pedangdut yang Jago Berbisnis

Belakangan bisnis kue kekinian sedang tren di kalangan para artis Tanah Air. Sebut saja Syahrini, Denada hingga pesinetron Immanuel Caesar Hito juga ikut membuka bisnis kue yang diklaim sebagai oleh-o ...

Julia Gouw, Si Bankir Sukses yang Ditaksir Dunia

Siapa bilang Indonesia adalah negara dengan kualitas sumber daya manusia yang lemah? Banyak bukti bahwa putera dan puteri tanah air memiliki kualitas yang tinggi dan mampu meraih kesuksesan besar d ...