Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Bagaimana Cara Dua Gadis Kreatif Ini Bangun Bisnis Beromzet Miliaran?


0

Terkadang, seseorang yang sedang berbelanja akan mengalami kebingungan untuk mendapatkan suatu barang yang diinginkannya. Pasalnya, semua barang yang dijual pada hampir semua pusat perbelanjaan menjajakan barang dagangan yang sama. Tidak banyak variant produk yang bisa dipilih oleh konsumen untuk mendapatkan barang yang eksklusif.

Namun, sekarang Anda tidak perlu lagi mengalami kebingungan tersebut saat berbelanja. Hal ini dikarenakan telah hadir konsep berbelanja yang baru. Basha Market yang digagas oleh Devina Sugono dan Christie Erin Harsono ini menawarkan konsep berbelanja yang menyenangkan. Mereka berdua membuat sebuah bazar dengan mengumpulkan semua pelaku industri kreatif untuk menjajakan barang dagangannya pada satu tempat yang ditata dengan konsep yang unik dan menarik. Melalui kegiatan bazar semacam ini, mereka berdua bisa meraup untung hingga milian rupiah. Berikut petikan wawancara dengan mereka berdua.

Apa sih yang melatarbelakangi kalian untuk membuat Basha Market?

Ide untuk membuat basha market muncul ketika ada banyak orang yang mengeluh usai mereka belanja. Kebanyakan mereka adalah teman dekat, keluarga hingga teman-teman yang baru kenal mengatakan kalau dirinya kecewa usai berbelanja. Pasalnya, mereka tidak mendapatkan barang sesuai dengan yang diinginkannya. Berbeda ketika mereka berbelanja online, saat berbelanja online mereka banyak menemukan barang-barang yang unik sesuai dengan kebutuhannya. Dari kondisi tersebut akhirnya tercetus sebuah ide untuk membuat sebuah bazar yang mempertemukan para pelaku industri kreatif dengan konsumen secara langsung dalam suatu event.

Apa tantangannya ketika pertama kali membuat event bazar?

Banyak sekali yang meragukan kemampuan kami berdua. Terlebih, bazar yang diusung hanya untuk menjajakan barang dagangan para pelaku industri kreatif. Pasalnya, industri kreatif tidak memiliki segmen pasar yang cukup luas. Industri kreatif masih belum dikenal oleh banyak orang, seperti halnya industri otomotif, telekomunikasi ataupun fashion yang sudah memiliki target pasar tersendiri.

Selain itu, kemampuan kami berdua benar-benar diremehkan karena memang masih muda dan mereka takut event semacam ini tidak akan mampu menarik minat banyak konsumen. Tapi, kami berdua justru semakin tertantang untuk membuktikan kepada mereka bahwa basha market akan sukses. Hasilnya, event yang digelar dua hari pun mendapat sambutan atau respon yang positif dari masyarakat.

Konsep unik seperti apa yang ditawarkan oleh basha market?

Berbeda dengan konsep bazar lainnya yang sudah ada, basha market menawarkan konsep bazar industri kreatif yang mengedepankan visual experience bagi para pengunjung. Artinya, selain konsumen bisa berbelanja sesuai dengan barang kebutuhannya, mereka juga akan disuguhkan berbagai macam visualisasi bazar yang cukup unik dan tidak pernah ditemui sebelumnya. Jika pada penyelenggaraan basha market yang pertama kami mengusung tema dunia koboi maka pada basha market edisi yang kedua bertema Hyperspace. Konsumen atau pengunjung yang datang diajak untuk berbelanja sembari menikmati visual experience dalam bentuk ruang angkasa yang sangat unik yang telah disiapkan oleh panitia.

Bisa dijelaskan lebih detail lagi konsep uniknya seperti apa?

Berbagai macam keindahan design yang sudah disiapkan oleh tim adalah salah satu keunikan Basha Market yang tidak bisa didapat di tempat lainnya. Konsep bazar tematik memang bukanlah hal yang baru di Indonesia namun kami mencoba membuat penekanan pada visual experience yang bisa didapat oleh pengunjung. Dalam setiap event yang diselenggarakan, Basha Market hadir dengan berbagai photo booth dan photo wall serta ilustrasi yang menakjubkan sesuai dengan tema yang diusung. Kami ingin membawa para pengunjung yang datang ke Basha Market bisa merasakan sebuah dunia yang baru dan menyenangkan meski hanya sesaat. Melalui konsep hyperspace, para pengunjung diberi kesempatan untuk menjelajahi ruang luas sebesar galaksi ketika mengunjungi Basha Market.

Lantas, pelaku industri kreatif seperti apa yang tergabung dalam Basha Market?

Basha Market merupakan platform utama bagi para pengusaha muda berbakat untuk menjangkau konsumen mereka melalui sebuah acara menarik yang tidak hanya melayani kebutuhan fashion, kuliner dan gaya hidup saja. Selain itu Basha Market juga menjadi tempat bagi para komunitas lokal yang berbakat dan sangat beragam di Indonesia untuk menunjukkan potensi yang dimilikinya. Sebagai kota dengan perekonomian kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya tentu memiliki pasar industri kreatif yang besar. Pemuda Surabaya harus bisa mendapat tempat dan dibei kesempatan untuk berkipra di industri kreatif.

Kami ingin menyatukan vendor dengan konsumen dan juga memberi ruang komunikasi antara pengusaha dengan komunitas untuk membantu mereka dalam upaya peningkatan brand awareness dan membawa mereka ke tingkatan yang lebih tinggi, hingga diakui secara nasional maupun global. Basha Market diselenggarakan sebagai bagian dari komitmen kami untuk mengembangkan serta mempromosikan berbagai talenta lokal yang berbakat.

Ada berapa jumlah vendor yang tergabung dan berapa keuntungan yang didapat dari penyelenggaraan setiap event Basha Market?

Lebih dari 120 vendor ikut berpartisipasi dalam setiap event Basha Market yang digelar agar mereka bisa membuka booth untuk bertemu dengan para penikmat industri kreatif. Selain itu, vendor yang dipilih tersebut juga telah melalui seleksi atau kurasi yang cukup ketat. Pasalnya, ada banyak sekali vendor-vendor yang ingin bergabung dalam penyelenggaraan Basha Market.

Pada event Basha Market yang pertama kali digelar tahun 2014 yang lalu, hampir seratus vendor yang ikut berpartisipasi dengan mengusung tema jalanan broadway. Sedangkan pada event kedua yang bertema hyperspace ada 130 vendor yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Solo dan lain sebagainya.

Sedangkan, keuntungan yang berhasil diraup tentu tidak etis untuk menyebutkan nominalnya. Tapi satu hal yang pasti, dalam setiap event Basha Market, total semua vendor berhasil mencapai nilai belanja yang fantastis yakni mencapai kurang lebih Rp 3 Miliar. Selain itu, keuntungan yang didapat cukup untuk membayar semua biaya pengeluaran mulai dari sewa lokasi bazar hingga membayar fee semua crew Basha Market yang terlibat.

Terakhir, apa yang bisa disampaikan terkait Basha Market dan para pelaku industri kreatif?

Basha Market menawarkan konsep one-stop event bagi teman, pasangan dan keluarga untuk berbelanja, makan, nongkrong dan mengapresiasi berbagai talenta lokal di bidang industri kreatif. Oleh karena itu, jika masyarakat ingin mengetahui bahkan ingin mendapatkan berbagai macam barang yang unik dan menarik jangan sampai lewatkan event Basha Market. Pasalnya, ada banyak sekali barang-barang kebutuhan konsumen mulai dari fashion, kuliner dan gaya hidup yang dijual dan dijamin tidak akan mengecewakan. Selain itu, para pelaku industri kreatif juga akan semakin mudah untuk menjangkau konsumen secara langsung. Selamat berbelanja dan menikmati event Basha Market.

(***)

Sumber: studentpreneur.co

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Harta Rp 4 Miliar Hasil Berjualan Sayur Dipakai untuk Beramal

Keterbatasan bukan halangan untuk selalu bisa berbuat baik. Hal inilah yang dilakukan seorang wanita sederhana yang berprofesi sebagai penjual sayur di Taiwan, Chen Shu-chu. Meski memiliki gaya dan ...

Belajar Sukses dari Elon Musk, Sang Pendiri Paypal

Elon Musk, pengusaha terkenal sekaligus pendiri dari PayPal, SpaceX dan Tesla Motors. Saat ini beliau adalah CEO dan CTO dari SpaceX, CEO dan Arsitek Produk Tesla Motors dan Ketua SolarCity. Musk t ...

Hobi Menulis? Ini Daftar Gaji Jadi Seorang Penulis!

Kamu hobi menulis? Ini dia daftar pekerjaan penulis yang paling banyak mendapat bayaran tinggi di Amerika Serikat. Dikutip dari Business Insider, dari Occupational Information Network ...

Media Dakwah Berbuah Rupiah

Salah satu bidang bisnis yang berjaya di tengah gejolak konsumen generasi muslim (GenM) belakangan ini adalah fashion. Bisnis busana muslim terutama di segmen kaum hawa memang meningkat potensinya, te ...

Profesi Makeup Artist Kian Menjanjikan

Profesi sebagai makeup artist (MUA) sangat menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Bayarannya tak main-main, bisa mencapai puluhan juta rupiah sekali rias. Karenanya banyak orang t ...

Dari Jualan Kentang, Pemuda Ini Raih Untung Puluhan Juta

Makanan kekinian datang silih berganti. Ada yang bisa bertahan, ada juga yang kalah bersaing. Di tengah maraknya makanan galaxy yang hits, pemuda asal Malaysia, Hasif Othman, bertahan dengan ide bisni ...

Kisah Anak Yatim Miskin yang Berhasil Jadi Miliarder Kaya Raya

Jika saat ini kamu adalah orang yang mudah menyerah menerima kenyataan tanpa mau berusaha untuk mengubah kenyataan itu, maka itu adalah kesalahan besar dalam hidup kamu. Menjadi sukses dan berhasil da ...

Intip Kerajaan Bisnis Milik Valencia Tanoesoedibjo

Nama Hary Tanoesoedibjo belakangan ini sedang hanga-hangatnya di media tentang kasus ancaman jaksa. Namun sisi lain dari sang raja media ini memang selalu menarik perhatian nitizen, terutama tentang k ...

Penjual Nasi Padang itu Kini Jadi Presiden Singapura

Pada Rabu (13/9/2017) besok, Halimah Yacob, 62 tahun, akan dilantik menjadi Presiden Singapura untuk masa jabatan enam tahun ke depan. Politikus senior itu menjadi presiden perempuan pertama Singapura ...

Yoseph, Pemulung yang Bangun Dua Sekolah Gratis untuk Anak Miskin

Di mana ada kemauan pasti akan ada jalan. Peribahasa atau pepatah klasik itu pantas disematkan kepada Yoseph Orem Blikololong (57). Bagaimana tidak, pemulung asal Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang ...