Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah dari Youtube, Bagaimana Caranya?


0

Jika kamu sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet, dan kita juga bisa menonton video yang di-unggah orang lain ke YouTube secara gratis. Pengguna #YouTube sering menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor untuk menonton video-video unik dan menarik yang diunggah oleh para pengguna YouTube dari seluruh dunia. Situs ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang cukup populer.

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan. Dan memang benar, sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube, bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah ke YouTube. Dari manakah uang tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

YouTube Membuat Dunia Maya Terlihat Nyata

Salah satu alasan mengapa YouTube sangat digemari oleh pengguna internet adalah karena YouTube memberikan konten video yang terlihat nyata. Berbeda dengan konten gambar atau teks yang tidak terlihat ‘hidup’ di mata para pengguna internet. Berbagai konten video yang ada di situs YouTube diunggah oleh para penggunanya dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada pengguna YouTube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan bisnis dan event, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain-lain. Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat REAL dan atraktif, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di YouTube.

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya. Kalau kita membuka situs YouTube, maka kemungkinan besar kita akan melihat iklan di sana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah views nya banyak. Nah penghasilan si pemilik video ini berasal dari klik iklan atau jumlah views iklan yang muncul di video tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari YouTube?

Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube maka kita harus mengunggah konten video yang unik dan menarik ke YouTube. Semakin banyak views ke video tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube.

Sebelumnya saya ingin menekankan bahwa tidak ada jaminan bahwa video kamu di YouTube akan menghasilkan banyak uang. Artikel ini semata-mata hanya memberikan informasi langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menjadi mitra YouTube dan menghasilkan uang dari layanan mereka. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika kamu pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google kamu (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. 

Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube kamu. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila kamu ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website kamu atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”. 

Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

2. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik kamu sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel kamu, setidaknya kamu perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel kamu, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Catatan penting, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube kamu karena hal tersebut bisa membuat akun kamu bermasalah di kemudian hari.

3. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube kamu

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang kamu buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.

Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat kamu. Bila kamu memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya kamu bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel kamu akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.

Ajak audiens kamu untuk menjadi subscriber Channel YouTube kamu. Semakin banyak subscriber kamu maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video kamu akan semakin besar.

Promosikan video atau Channel YouTube kamu ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.

4. Mendaftar Ke Google Adsense

Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube, namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.

Bila sebelumnya kamu sudah memiliki akun Google Adsense, maka kamu tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube kamu, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka kamu tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video kamu.

Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel kamu, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Tidak ada batasan penghasilan yang bisa kamu dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.

(***)

Sumber: maxmanroe.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Pertanyaan Buat Pebisnis Pemula yang Mungkin Cocok untuk Kamu

Banyak orang yang ragu memulai bisnis atau terlalu cepat mengambil keputusan untuk berbisnis. Kedua-duanya merugikan kamu. Otot bisnis di dalam diri kita perlu dilatih, namun untuk melatihnya kamu jug ...

8 Profesi Berikut Bergaji Besar Walaupun Tergolong Baru

Kemajuan teknologi digital saat ini semakin tak terbendung. Kehadiran internet telah mengubah banyak sisi kehidupan, termasuk bagaimana perilaku masyarakat baik dalam proses produksi, distribusi dan k ...

5 Cara Mengakali Pikiran Untuk Menghabiskan Uang Lebih Sedikit

Pikiran bekerja secara misterius (dan mahal tentunya), tapi kamu bisa mengatasinya dengan ide menghemat uang. Salah satunya dengan 5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan . Ini dia ...

5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan

Merasa keuangan selalu deficit dan tidak sesuai dengan pendapatan? Mungkin saatnya kamu untuk intropeksi kembali pengeluaran dan memulai untuk pemulihan keuangan. Ini caranya: 1. Analisis sumb ...

Apa Instagram Stories Bisa Jadi Ujung Tombak Marketing?

“Ciee.. suka ngomongin dari belakang. Dulu katanya janji enggak bakal bilang ke siapa-siapa. Gegar otak ya sama janjinya? Iya? Enggak apa-apa, dasar bedak kesemek. Datang kalau ada butuhnya doang, d ...

Berniat Bangun Bisnis di Desa? Simak Peluang Usahanya

Berhasil di dunia bisnis bisa dilakukan di mana saja. Tidak selalu harus di kota besar, di desa juga bisa. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan tidak bisa didapatkan di desa. Ingatlah, hal ...

Keren! 5 Mahasiswa Ini Ciptakan Sabun dari Kulit Ikan Kakap Merah

Ikan kakap ternyata tidak hanya lezat dimakan. Ikan ini bisa diolah menjadi sabun pembersih wajah. Potensi tersebut sedang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka sedang ...

Raup Untung Lewat 12 Jenis Usaha yang Laris Manis Saat Wisuda

Saat memasuki halaman gedung pelaksanaan wisuda, biasanya kamu akan disambut oleh mereka yang menawarkan dagangannya. Jangan kaget kalau di antara para pedagang itu ada wajah-wajah yang kamu kenal. Ya ...

Apakah kamu Cocok Bekerja dari Rumah? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut

Bisa bekerja dari rumah pasti terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Tidak perlu lagi duduk di jam sibuk, menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan pulang-pergi dari dan ke tempat kerja set ...

Kiat-kiat Membuka Usaha Co-Working Space

Ekosistem startup India yang sedang naik daun, tingginya biaya sewa, serta langkanya kontrak jangka pendek memaksa perusahaan-perusahaan baru untuk mencari alternatif lokasi bekerja. Kondisi ini mendo ...