Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Memilih Berbisnis Food Truck? Ketahui Dulu 5 Hal Ini


0

Belakangan ini sering terlihat di pusat-pusat keramaian keberadaan food truck atau mobil yang digunakan untuk berjualan makanan. Bisnis food truck memang cukup menjamur tak hanya di Jakarta tetapi juga di beberapa kota lain. Food truck ini parkir di pinggir-pinggir jalan dan juga di lapangan.

Makanan yang biasa dijual di food truck adalah makanan cepat saji, seperti bBurger, ayam goreng, kentang goreng, martabak, atau milkshake dan kopi susu.

Mulai ramainya orang berkecimpung di bisnis food truck bukan tanpa sebab. Jika dibandingkan dengan membuka restoran, bisnis food truck jauh lebih murah. Selain itu, food truck juga bisa langsung mendekat ke konsumen. Berbeda dengan restoran konvensional dimana pembeli yang harus menghampiri.

Membuka bisnis food truck memang cukup menantang. Cukup sulit tetapi menyenangkan. Ada beberapa hal yang berbeda jika dibandingkan dengan membuka restoran biasa.

Seperti melansir dari Liputan6.com, Jumat (3/03/2017), ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika ingin berkecimpung dalam bisnis food truck menurut Lifehack :

1. Mendapat izin sesuai aturan

Membuka sebuah bisnis food truck tidak sesederhana yang banyak orang bayangkan. Tidak hanya membeli mobil dan merombaknya menjadi dapur dan kemudian mulai memasak di dalam mobil itu di tempat parkir.

Kamu harus melihat aturan daerah di mana kamu akan berjualan. Ada beberapa kota yang mengizinkan mobil parkir dimanapun tapi ada juga daerah yang tidak mengizinkan mobil parkir sembarangan. Oleh sebab itu, ketahuilah dahulu peraturan daerah untuk bisa membuka bisnis food truck.

Ini bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi mengerti sejak awal aturan akan lebih baik untuk masa depan bisnis.

2. Tak perlu truk yang benar

Sudah pasti, untuk menjalankan bisnis food truck, kamu membutuhkan sebuah mobil. Namun kamu tak perlu meyiapkan truk seperti namanya. Kamu harus menyesuaikan mobil yang akan di-setting menjadi food truck dengan makanan yang bakal dijual.

Tak perlu mobil baru, kadang membeli mobil bekas lebih irit. Pastinya, membenahi mobil tersebut agar bisa untuk memasak dan menyajikan makanan atau minuman juga membutuhkan modal yang tak kecil. Untuk melihat desain food truck, kamu bisa membuka situs seperti CommercialTruckTrader.com atau UsedVending.com.

3. Pemasaran sangat penting

Strategi pemasaran tetap diperlukan dalam berbisnis food truck. Tidak mungkin food truck kamu akan langsung "diserbu" ratusan pelanggan hanya dengan kamu memarkir food truck-mu di perempatan jalan. Kamu tetap harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat sehingga food truck kamu mendapatkan disukai dan mendapatkan pelanggan setia.

Saat ini, ada banyak cara pemasaran yang bisa kamu implementasikan. Kamu bisa belajar pemasaran melalui buku atau manfaatkan internet untuk mendapatkan ilmu atau teknik pemasaran dari berbagai ahli pemasaran secara gratis.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah mempromosikan bisnis atau food truck adalah menggunakan media sosial, mengingat saat ini semakin banyak masyarakat yang memiliki akun media sosial dan cukup aktif menggunakannya. Buatlah akun di Instagram, Facebook atau Twitter lalu kamu bisa terus update mengenai informasi produk yang dijual, juga waktu dan lokasi di mana food truck  akan "parkir". Media sosial seperti instagram menjadi salah satu sarana yang efektif untuk berpromosi. (Baca juga: Sukses Berbisnis dengan Strategi Pemasaran via Facebook, Instagram dan Twitter)

4. Menghormati pebisnis lain

Untuk menghindari konflik dengan pebisnis lain, patuhi peraturan-peraturan di daerah tempat food truck kamu menjalankan usaha, kamu juga bisa bertanya kepada asosiasi restoran atau badan terkait mengenai apa yang harus kamu lakukan untuk menjalankan usaha disana. Jangan sampai kamu dan food truck-mu semena-mena langsung beroperasi tanpa permisi.

Misalnya, karena kamu menjalankan food truck yang bisa selalu berpindah, bukan berarti kamu bisa memarkir food truck-mu dimanapun seperti di depan restoran lain. Jangan pernah memancing  konflik. Kamu harus berteman dengan semua pengusaha karena kamu pasti membutuhkan mereka.

5. Tak ada salahnya berutang

Dalam berbisnis, modal memegang peranan penting. Masalahnya, tidak semua orang dalam posisi memiliki sumber daya keuangan yang besar sehingga bisa membiayai semuanya seorang diri secara tunai. Kamu bisa meminta bantuan kepada orang lain untuk melakukan peminjaman. Atau, jika kamu merasa tidak mau membebani keluarga atau teman, kamu bisa mengajukan modal untuk mengembangkan bisnismu melalui pengajuan tambahan modal di program kemitraan Smartfunding.

Kamu juga bisa mencari rekan atau mitra kerja yang mau sharing atau membiayai bisnis kamu. Nantinya, kamu bisa membagi hasil keuntungan food truck dengan rekan tersebut, sesuai perjanjian. (Baca juga:Hindari Salah Pilih Mitra Bisnis dengan Tips Ini)

(***)

Sumber: Liputan6.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Pertanyaan Buat Pebisnis Pemula yang Mungkin Cocok untuk Kamu

Banyak orang yang ragu memulai bisnis atau terlalu cepat mengambil keputusan untuk berbisnis. Kedua-duanya merugikan kamu. Otot bisnis di dalam diri kita perlu dilatih, namun untuk melatihnya kamu jug ...

8 Profesi Berikut Bergaji Besar Walaupun Tergolong Baru

Kemajuan teknologi digital saat ini semakin tak terbendung. Kehadiran internet telah mengubah banyak sisi kehidupan, termasuk bagaimana perilaku masyarakat baik dalam proses produksi, distribusi dan k ...

5 Cara Mengakali Pikiran Untuk Menghabiskan Uang Lebih Sedikit

Pikiran bekerja secara misterius (dan mahal tentunya), tapi kamu bisa mengatasinya dengan ide menghemat uang. Salah satunya dengan 5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan . Ini dia ...

5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan

Merasa keuangan selalu deficit dan tidak sesuai dengan pendapatan? Mungkin saatnya kamu untuk intropeksi kembali pengeluaran dan memulai untuk pemulihan keuangan. Ini caranya: 1. Analisis sumb ...

Apa Instagram Stories Bisa Jadi Ujung Tombak Marketing?

“Ciee.. suka ngomongin dari belakang. Dulu katanya janji enggak bakal bilang ke siapa-siapa. Gegar otak ya sama janjinya? Iya? Enggak apa-apa, dasar bedak kesemek. Datang kalau ada butuhnya doang, d ...

Berniat Bangun Bisnis di Desa? Simak Peluang Usahanya

Berhasil di dunia bisnis bisa dilakukan di mana saja. Tidak selalu harus di kota besar, di desa juga bisa. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan tidak bisa didapatkan di desa. Ingatlah, hal ...

Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah dari Youtube, Bagaimana Caranya?

Jika kamu sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet, dan kita juga bis ...

Keren! 5 Mahasiswa Ini Ciptakan Sabun dari Kulit Ikan Kakap Merah

Ikan kakap ternyata tidak hanya lezat dimakan. Ikan ini bisa diolah menjadi sabun pembersih wajah. Potensi tersebut sedang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka sedang ...

Raup Untung Lewat 12 Jenis Usaha yang Laris Manis Saat Wisuda

Saat memasuki halaman gedung pelaksanaan wisuda, biasanya kamu akan disambut oleh mereka yang menawarkan dagangannya. Jangan kaget kalau di antara para pedagang itu ada wajah-wajah yang kamu kenal. Ya ...

Apakah kamu Cocok Bekerja dari Rumah? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut

Bisa bekerja dari rumah pasti terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Tidak perlu lagi duduk di jam sibuk, menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan pulang-pergi dari dan ke tempat kerja set ...