Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Ingin Sukses Jadi Reseller Online? Pelajari Dulu 5 Tantangan Ini


0

Memulai sebuah bisnis memang memerlukan persiapan yang sangat matang dan tidak asal-asalan. Mulai dari pemahaman bisnis, modal materi yang cukup, skill, koneksi hingga waktu yang cukup semua dibutuhkan dalam membangun bisnis.

Semua itu komponen utama jika kamu sudah siap terjun ke dunia bisnis. Namun faktanya kebanyakan orang takut membuka usaha dan take action dikarenakan beberapa faktor tadi, misalnya minimnya pengetahuan tentang bisnis, koneksi yang terbatas dan yang paling mainstream adalah keterbatasan modal dalam hal ini uang.

Karena beberapa alasan di atas, sebagian orang mengurungkan niatnya untuk membuka bisnisnya sendiri. Padahal sebenarnya begitu banyak bisnis online yang dapat dijalankan dengan modal kecil, contohnya yaitu dengan menjadi reseller online atau dropshipper.

Sekilas Tentang Potensi Bisnis Reseller Online

Dari namanya kamu pasti sudah bisa mendefiniskannya, ya bisnis reseller adalah salah sistem penjualan, di mana kamu sebagai penjual dapat menjualkan kembali produk orang lain yang sudah kamu beli dengan harga yang miring. Kamu dapat menjual produk tersebut dengan harga yang sudah di tentukan oleh penjual tangan pertama atau kamu dapat menaikkan sedikit dari harga yang sudah di tentukan. Pastinya dengan persetujuan dari penjual pertama tadi.

Menjadi reseller online salah satu langkah yang tepat jika kamu memutuskan untuk memulai berbisnis online, karna dengan menjadi reseller kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk biaya produksi dan sebagainnya. Tapi ada hal-hal yang perlu kamu pahami sebelum memutuskan menjadi reseller online suatu produk tertentu.

Setelah kamu memutuskan untuk memilih dan menjual produk tersebut, ada baiknya kamu mengetahui tantangan dan permasalahan apa saja yang sering timbul sebagai reseller pemula. Ini agar kamu tidak ikut mengalami kesalahan yang sering terjadi ini.

1. Resiko Kalah Bersaing

Permasalahan yang sering terjadi adalah pemain pemula kalah bersaing dengan pemain lama yang sudah terlebih dahulu menjualkan produk tersebut. Permasalahan lain juga karena pemain pemula kalah start, kalah strategi dan kalah pengalaman jika di bandingkan dengan pemain lama yang sudah terlebih dahulu terjun.

Tapi hal ini bukan halangan bagi kamu, tentunya jika kamu sudah mempelajari langkah membangun bisnis reseller yang tepat, pastinya hal ini tidak perlu kamu alami, kamu akan siap bersaing dengan pemain yang sudah lebih dulu terjun.

2. Tidak Paham Terhadap Produk

Produk knowledge merupakan hal yang harus kamu kuasai, namun masih banyak reseller online pemula yang mengabaikan hal ini. Padahal betapa pentingnya pemahaman tentang produk yang kamu jual, orang akan lebih tertarik dan percaya jika kamu mampu menguasai materi produk kamu sendiri. Jadi sekali lagi pahami dan kenali produk yang di jual agar hal ini tidak terjadi pada kamu.

Baca juga: Kiat Sukses Jadi Reseller Pemula

3. Kurang Kemampuan Internet Marketing

Jika kamu sudah memutuskan untuk berjualan secara online, maka kamu di tuntut untuk mengerti metode pemasaran di internet atau yang biasa di sebut internet marketing. Banyak sekali cara pemasaran melalu online, dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram sampai Youtube. Di sarankan juga untuk pro-aktif memasarkan produk kamu di forum-forum jual beli yang banyak bertebaran di internet.

4. Kesalahan Dalam Mematok Komisi

Tujuan utama dari semua ini adalah untuk mendapatkan komisi bukan? Jadi amatlah penting kamu kritis untuk menanyakan berapa persen komisi yang kamu dapatkan jika kamu menjual kembali produk tersebut. Biasanya sistem reseller yang ada saat ini adalah dengan memberikan ptongan harga beli saja, jadi kamu mendapatkan potongan harga dari harga normal biasa dengan syarat pembelian dengan jumlah tertentu.

Biasanya potongan harganya sebesar 20 persen dari harga normal. Tapi saat ini tidak sedikit distributor yang mampu memberikan komisi bagi resellernya di luar potongan harga tadi. Contohnya kamu akan mendapatkan barang gratis untuk kamu jual kembali tanpa harus kamu membelinya terlebih dahulu.

Berbisnis tidak memulu harus memiliki budget yang besar, dengan kemampuan dan sedikit kreatifitas, kita akan mampu bersaing dengan pemain lama bahkan berada selangkah di depan.

5. Menentukan Sistem Pelayanan

Cari tahu bagaimana produk tersebut akan dijual, cara pengiriman, berapa lama pengiriman, apakah ada layanan customer service, jam buka pelayanan perusahaan, dan respon yang sudah diberikan masyarakat setelah memakai produk tersebut.

Salah satunya produk reseller yang bisa Sobiz jalankan adalah menjadi agent reseller STARBox dari PT. Telkom Indonesia sebagai solusi lengkap bagi pelaku UMKM yang terpercaya, handal, dan terjangkau terdiri dari layanan 3C (Connectivity, Content & Commerce).

Layanan Starbox dalam versi digital yang dapat digunakan oleh UMKM secara langsung dengan metode pembelian melalui SMS maupun website.

Layanan Starbox Digilite yang dikonsep dalam bentuk Buk (kulakan) bagi Mitra Telkom (Agent) yang dapat di retail kembali kepada para komunitas pelaku UMKM.

Info lengkap klik www.starbox.smartbisnis.co.id.

(***)

Dari berbagai sumber

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Pertanyaan Buat Pebisnis Pemula yang Mungkin Cocok untuk Kamu

Banyak orang yang ragu memulai bisnis atau terlalu cepat mengambil keputusan untuk berbisnis. Kedua-duanya merugikan kamu. Otot bisnis di dalam diri kita perlu dilatih, namun untuk melatihnya kamu jug ...

8 Profesi Berikut Bergaji Besar Walaupun Tergolong Baru

Kemajuan teknologi digital saat ini semakin tak terbendung. Kehadiran internet telah mengubah banyak sisi kehidupan, termasuk bagaimana perilaku masyarakat baik dalam proses produksi, distribusi dan k ...

5 Cara Mengakali Pikiran Untuk Menghabiskan Uang Lebih Sedikit

Pikiran bekerja secara misterius (dan mahal tentunya), tapi kamu bisa mengatasinya dengan ide menghemat uang. Salah satunya dengan 5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan . Ini dia ...

5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan

Merasa keuangan selalu deficit dan tidak sesuai dengan pendapatan? Mungkin saatnya kamu untuk intropeksi kembali pengeluaran dan memulai untuk pemulihan keuangan. Ini caranya: 1. Analisis sumb ...

Apa Instagram Stories Bisa Jadi Ujung Tombak Marketing?

“Ciee.. suka ngomongin dari belakang. Dulu katanya janji enggak bakal bilang ke siapa-siapa. Gegar otak ya sama janjinya? Iya? Enggak apa-apa, dasar bedak kesemek. Datang kalau ada butuhnya doang, d ...

Berniat Bangun Bisnis di Desa? Simak Peluang Usahanya

Berhasil di dunia bisnis bisa dilakukan di mana saja. Tidak selalu harus di kota besar, di desa juga bisa. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan tidak bisa didapatkan di desa. Ingatlah, hal ...

Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah dari Youtube, Bagaimana Caranya?

Jika kamu sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet, dan kita juga bis ...

Keren! 5 Mahasiswa Ini Ciptakan Sabun dari Kulit Ikan Kakap Merah

Ikan kakap ternyata tidak hanya lezat dimakan. Ikan ini bisa diolah menjadi sabun pembersih wajah. Potensi tersebut sedang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka sedang ...

Raup Untung Lewat 12 Jenis Usaha yang Laris Manis Saat Wisuda

Saat memasuki halaman gedung pelaksanaan wisuda, biasanya kamu akan disambut oleh mereka yang menawarkan dagangannya. Jangan kaget kalau di antara para pedagang itu ada wajah-wajah yang kamu kenal. Ya ...

Apakah kamu Cocok Bekerja dari Rumah? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut

Bisa bekerja dari rumah pasti terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Tidak perlu lagi duduk di jam sibuk, menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan pulang-pergi dari dan ke tempat kerja set ...