Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Berniat Bangun Bisnis di Desa? Simak Peluang Usahanya


0

Berhasil di dunia bisnis bisa dilakukan di mana saja. Tidak selalu harus di kota besar, di desa juga bisa. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan tidak bisa didapatkan di desa.

Ingatlah, hal pertama yang bisa membuat kamu sukses adalah kegigihan dan kerja keras. Tanpa adanya kedua hal tersebut, mustahil jika kesuksesan datang menghampiri.

Seperti halnya di kota, ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan di desa. Hanya saja, kamu perlu melakukan pengamatan tentang bisnis apa yang hendak dijalankan.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk berbisnis di desa. Dengan demikian, pundi-pundi uang yang terkumpul juga semakin banyak.

Jadi, usaha apakah yang cocok dilakukan di daerah pedesaan? Dikutip cari Cermati.com, Sabtu (19/8/2017), Berikut adalah contohnya:

Usaha kelontong

Toko kelontong merupakan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Misalnya, cabai, bawang merah, sayur-mayur, ikan, dan bumbu masak. Banyak orang memandang remeh usaha yang satu ini. Maklum saja, toko kelontong terlihat sangat sederhana.

Namun, keuntungan yang didapatkan tidak bisa disepelekan, kamu yang berstatus sebagai ibu rumah tangga sangat cocok menjalankan usaha kelontong ini.

Untuk pembelian bahan, kamu bisa bekerja sama dengan para petani dan nelayan di desa. Karena sebagai tangan pertama, harga yang didapatkan bisa semakin murah.

Usaha ternak ayam

Bisnis selanjutnya adalah usaha ternak ayam. Siapa yang tidak suka ayam? Pada umumnya, masyarakat di Indonesia sangat suka ayam. Baik ayam petelur maupun ayam potong, keduanya sangat cocok untuk dijadikan bisnis. Tergantung selera kamu, mau pilih usaha ayam yang mana? Nantinya, ayam-ayam ini dapat dijual ke rumah-rumah makan.

Usaha rental mobil

Walaupun tinggal di pedesaan, bukan berarti kamu tidak bisa punya mobil, bukan? Pertanyaannya, “Ada berapa mobil yang dimiliki?” Daripada mobil menganggur di rumah, lebih baik disewakan saja. Biaya untuk sewa mobil sangat bervariasi, mulai dari Rp250.000 hingga Rp350.000 per hari. Besarnya biaya sewa ini tergantung pada jenis mobil yang dimiliki.

Namun, sebagai pemilik rental perlu berhati-hati. Rentalkanlah mobil kamu hanya pada orang-orang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus pencurian kendaraan yang belakangan ini semakin marak terjadi.

Jualan sarapan

Ada banyak menu sarapan pagi yang bisa dijadikan pilihan, misalnya lontong, soto, pecel, dan nasi uduk. Semua menu tersebut merupakan menu yang sangat disukai masyarakat Indonesia.

Rasanya juga pas di lidah. Bagi ibu rumah tangga yang suka memasak, tidak ada salahnya jika membuka usaha ini. Namun, kamu perlu memastikan terlebih dahulu, apakah masakan tersebut enak atau tidak.

Menjadi penjahit

Bagi kamu yang suka menjahit, manfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Usaha ini membutuhkan keahlian khusus.

Jadi, perlu ikut kursus menjahit terlebih dahulu. Jika sudah mahir, barulah dapat membuka usaha ini. Jika usaha sudah mulai berkembang, kamu bisa merekrut karyawan yang ada di desa tersebut.

Selain berbisnis, kamu juga sudah membuka lapangan pekerjaan. Enak sekali, bukan?

Jualan pulsa

Hampir semua masyarakat di Indonesia memiliki alat komunikasi berupa handphone atau smartphone. Agar dapat dipakai berkomunikasi, handphone tersebut harus memiliki pulsa. Banyaknya jumlah pengguna handphone bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menjadi agen pulsa elektrik di desa.

Keuntungan yang didapatkan memang sangat tipis. Akan tetapi, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi banyak. Jadi, tak ada salahnya untuk dicoba.

Bisnis berbasis online

Kecanggihan teknologi semakin membuka peluang untuk berbisnis. Bukan hanya di satu desa saja, melainkan di beberapa desa. Bisnis online ini sangat mudah untuk dilakukan.

Kamu bisa melakukannya lewat smartphone, laptop, ataupun komputer di rumah. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet agar semuanya berjalan lancar. Banyaknya marketplace yang ada di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Tertarik untuk mencobanya?

Pada zaman sekarang, mencari uang bukanlah hal yang sulit. Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Niat, kerja keras, dan semangat pantang menyerah adalah tiga hal yang perlu kamu bangun dalam diri.

(***)

Sumber: liputan6.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Perempuan Masih Ragu Memulai Bisnis Sendiri? Baca Ini!

Apakah kamu pernah bertanya kepada kaum wanita, lebih baik memilih bekerja paruh waktu atau berani memulai bisnis? Menurut tim kami sih mayoritas kaum perempuan akan menjawab "belum siap" ...

Berapa Gaji yang Harus Dimiliki Pengusaha?

Sementara reinvestasi dalam bisnis memiliki fasilitas sendiri, investasi dalam diri sendiri juga sama penting. Setiap pengusaha telah mengajukan pertanyaan ini sekali atau terlalu sering: Berapa ya ...

Kamu Masih Terlilit Hutang Saat Memulai Bisnis? Ikuti Cara Ini!

Jika kamu ingin memulai bisnis, tetapi memiliki hutang, kamu mungkin bertanya-tanya apakah itu ide yang baik. Jawaban singkatnya adalah bahwa hal itu bisa menjadi baik- jika kamu pintar tentang hal it ...

6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online

Kata orang berbisnis itu susah, belum lagi sedikitnya lahan bisnis yang bisa digarap. Itu kata orang, ternyata bisnis itu terbuka lebar bagi siapa saja yang mau mengembangkan dirinya. Bisnis online ...

Dengan Menulis, 5 Profesi Ini Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Menulis memang bisa menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang. Dengan menulis, kamu  bisa mencurahkan isi hati dan pikiran dalam bentuk-bentuk tulisan. Kini menulis tak hanya dijadikan seba ...

7 Ide Bisnis Berbasis Teknologi Terbaru

Perkembangan teknologi membawa perubahan perilaku manusia dan melahirkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dengan lebih baik, lebih cepat atau lebih efisien. Selain itu perkembangan teknologi jug ...

7 Cara Hasilkan Uang dari Instagram Tanpa Modal

Menghasilkan Uang dari Instagram bukan hal baru lagi bagi sebagian orang. Bahkan sekarang ada banyak sekali cara unik untuk menghasilkan uang dari media sosial berbasis gambar dan video singkat ini. N ...

Bagaimana Cara Menghasilkan Rupiah dari Facebook?

Situs media sosial Facebook adalah salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan untuk kegiatan berbisnis online, bahkan situs ini menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif bagi inte ...

Sebelum Memilih Marketplace, Pelajari Dulu Untung Ruginya

Keberadaan marketplace saat ini sangatlah pesat. Marketplace dibutuhkan bagi penjual online, khususnya untuk mendongkrak promosi dengan memperluas pasar dan menaikkan penjualan produk. Sebagai penjual ...

Hilangkan Rasa Takut Memulai Bisnis dengan Cara Ini!

Kamu ingin memulai bisnis namun masih takut memulai? Memang memulai bisnis membutuhkan keberanian. Apalagi bila kamu baru saja mengalami kegagalan dalam bisnis sebelumnya. Rasa takut sepertinya masih ...