Chat with Us

Aktifkan STARBOX

7 Cara Jadi Pebisnis Tanpa Modal


0

Menjadi seorang wirausaha adalah sebuah perjalanan karir alternatif yang cukup diminati, terutama oleh kalangan muda saat ini.

Banyak orang ingin membuka usaha mereka sendiri dibandingkan dengan bekerja dalam sebuah perusahaan, di mana pekerjaan, tantangan, dan gaji yang didapatkan bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang pasti dan terukur.

Minat menjadi wirausaha yang semakin banyak dimiliki oleh dewasa muda ini merupakan tanda yang baik untuk Indonesia karena semakin banyak orang yang menjalankan wirausaha, perekonomian Indonesia bisa terbantu untuk semakin maju.

Sebagian orang yang berminat menjalankan wirausaha mungkin masih berpikir ulang mengenai usaha apa yang akan mereka rintis. Hal ini berhubungan dengan modal yang harus dikeluarkan pada awalnya untuk membangun bisnis mereka mulai dari produksi hingga promosi.

Memang rasanya mustahil untuk bisa bekerja tanpa memiliki modal, namun bukan berarti tidak ada usaha yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis tanpa modal atau setidaknya modal yang relatif kecil.

Lantas, apa saja cara yang bisa ditempuh untuk merintis bisnis tanpa modal tersebut, atau setidaknya modal yang relatif kecil?

Berikut adalah beberapa tips dan jurus yang bisa kamu terapkan dalam menjadi pebisnis tanpa modal.

1.    Jika kamu merasa diri kamu cukup kreatif dan menyukai hal-hal baru, kamu bisa memulai usaha kamu dengan menciptakan produk sesuai dengan keahlian dan kreativitas kamu. Memang akan membutuhkan modal untuk membeli atau mendapatkan bahan baku.

Akan tetapi, dalam membuat produk sendiri kamu akan lebih untung karena akan terdapat cukup banyak biaya yang bisa ditekan dengan mengerahkan usaha dan tenaga kamu sendiri.

Kamu juga disarankan untuk mendaftarkan produk kamu agar memiliki hak paten sehingga kreatifitas kamu tetap terjaga dan bisa diapresiasi.

Jika kamu merasa cukup kreatif untuk memproduksi barang namun kurang memiliki kemampuan dalam marketing, kamu bisa bekerja sama dengan distributor untuk memasarkan atau coba bekerja sama dengan toko yang dirasa berpotensi untuk mendapat konsumen.

2.    Tidak memiliki kreativitas cukup untuk memproduksi barang? Jadilah seorang reseller dengan menjual kembali barang-barang produksi orang lain kepada konsumen.

Pekerjaan ini cukup cocok dengan kamu yang berjiwa supel serta memiliki relasi cukup luas sehingga kamu akan lebih mudah mendapatkan konsumen atau menjalin relasi promosi dengan pihak dan jaringan yang lebih luas.

3.    Pilihan lain selain menjadi seorang reseller adalah membantu menemukan orang yang membutuhkan produk dengan orang yang memiliki kreativitas dalam memproduksi produk tersebut.

Dengan pola kerja yang sama, kamu bisa menjadi agen pemasar bagi produsen untuk dikenalkan dan dipasarkan hingga sampai ke tangan konsumen. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan berdasarkan perjanjian dengan produsen, biasanya dalam bentuk persentase pembagian keuntungan penjualan.

4.    Jasa juga bisa menjadi produk yang diinginkan oleh konsumen. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang jasa seperti mengajar atau memberikan layanan konsultasi. mengapa tidak kamu beri harga untuk kemampuan kamu sendiri?

Lagi pula, semakin banyak orang yang membutuhkan produk jasa sehingga momen ini cukup tepat bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang jasa.

5.    Memiliki ide bisnis namun tidak memiliki modal? Cari investor!

Mencari investor itu mudah, yang sulit adalah membangun kepercayaan antara kamu dengan investor sehingga mereka mau membiayai modal usaha kamu dan mereka sendiri mendapatkan keuntungan dari apa yang mereka berikan pada kamu.

Kemampuan negoisasi dan komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam tips ini.

6.    Sistem dropship juga bisa menjadi pilihan bisnis tanpa modal besar yang bisa kamu lakukan. Hampir sama seperti reseller, namun kamu tidak perlu meluangkan tempat untuk menampung barang dagangan.

Tugas kamu hanyalah mendapatkan konsumen yang memberikan pesanan lantas memberikan pesanan tersebut pada pemilik barang untuk dikirimkan langsung ke alamat konsumen. Cara kerja yang cukup praktis dan banyak diminati oleh kalangan ibu rumah tangga serta mahasiswi saat ini.

7.    Tips terakhir untuk mendapatkan modal agar bisa mendirikan bisnis adalah dengan meminjam uang kepada bank.

Bukan sebuah perkara yang mudah bahkan bisa dibilang cukup rumit mengingat proses yang dibutuhkan mulai dari permohonan pinjaman hingga cairnya pinjaman memakan waktu cukup lama dan proses yang panjang. Namun pinjaman yang ditujukan pada bisnis UMKM kini semakin banyak dan bisa kamu manfaatkan.

Tidak ada yang mudah dari sebuah permulaan bisnis. Ada hal-hal yang harus dikorbankan sebagai modal untuk membangun usaha yang kamu rintis.

Namun, kunci dari keberhasilan sebuah bisnis adalah konsistensi dan kerja keras dalam membangun dan mempertahankan usaha bisnis kamu.

Tanpa itu semua, modal yang sudah kamu miliki tidak bisa berbuah dan menghasilkan keuntungan sebagaimana yang kamu harapkan pada saat masih membayangkan bisnis kamu sendiri.

(***)

Sumber: kompas.com 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.    


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Pertanyaan Buat Pebisnis Pemula yang Mungkin Cocok untuk Kamu

Banyak orang yang ragu memulai bisnis atau terlalu cepat mengambil keputusan untuk berbisnis. Kedua-duanya merugikan kamu. Otot bisnis di dalam diri kita perlu dilatih, namun untuk melatihnya kamu jug ...

8 Profesi Berikut Bergaji Besar Walaupun Tergolong Baru

Kemajuan teknologi digital saat ini semakin tak terbendung. Kehadiran internet telah mengubah banyak sisi kehidupan, termasuk bagaimana perilaku masyarakat baik dalam proses produksi, distribusi dan k ...

5 Cara Mengakali Pikiran Untuk Menghabiskan Uang Lebih Sedikit

Pikiran bekerja secara misterius (dan mahal tentunya), tapi kamu bisa mengatasinya dengan ide menghemat uang. Salah satunya dengan 5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan . Ini dia ...

5 Langkah Memulihkan Sumber Keuangan

Merasa keuangan selalu deficit dan tidak sesuai dengan pendapatan? Mungkin saatnya kamu untuk intropeksi kembali pengeluaran dan memulai untuk pemulihan keuangan. Ini caranya: 1. Analisis sumb ...

Apa Instagram Stories Bisa Jadi Ujung Tombak Marketing?

“Ciee.. suka ngomongin dari belakang. Dulu katanya janji enggak bakal bilang ke siapa-siapa. Gegar otak ya sama janjinya? Iya? Enggak apa-apa, dasar bedak kesemek. Datang kalau ada butuhnya doang, d ...

Berniat Bangun Bisnis di Desa? Simak Peluang Usahanya

Berhasil di dunia bisnis bisa dilakukan di mana saja. Tidak selalu harus di kota besar, di desa juga bisa. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan tidak bisa didapatkan di desa. Ingatlah, hal ...

Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah dari Youtube, Bagaimana Caranya?

Jika kamu sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube.com. Situs ini adalah media online di mana kita bisa mengunggah video milik kita ke internet, dan kita juga bis ...

Keren! 5 Mahasiswa Ini Ciptakan Sabun dari Kulit Ikan Kakap Merah

Ikan kakap ternyata tidak hanya lezat dimakan. Ikan ini bisa diolah menjadi sabun pembersih wajah. Potensi tersebut sedang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka sedang ...

Raup Untung Lewat 12 Jenis Usaha yang Laris Manis Saat Wisuda

Saat memasuki halaman gedung pelaksanaan wisuda, biasanya kamu akan disambut oleh mereka yang menawarkan dagangannya. Jangan kaget kalau di antara para pedagang itu ada wajah-wajah yang kamu kenal. Ya ...

Apakah kamu Cocok Bekerja dari Rumah? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut

Bisa bekerja dari rumah pasti terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Tidak perlu lagi duduk di jam sibuk, menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan pulang-pergi dari dan ke tempat kerja set ...