Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kiat Sukses Berbisnis Laundry


0

Berbisnis adalah langkah jitu untuk menambah pundi-pundi rupiah. Kamu yang memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan pun bisa berbisnis untuk menambah penghasilan. 

Keuntungan yang didapat dengan berbisnis bisa jadi lebih besar ketimbang gaji bulanan kamu sebagai karyawan.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Di antaranya adalah bisnis jasa laundry. Bisnis yang satu ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan tempat khusus. Jadi kamu tidak perlu menyewa tempat saat akan membuka bisnis ini, kamu bisa memanfaatkan pekarangan rumah juga.

Bisnis jasa laundry mengalami peningkatan yang pesat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini tidak hanya terjadi pada daerah urban atau perkotaan, melainkan juga pada daerah pedesaan. 

Para ibu rumah tangga yang ada di pedesaan sering menjadikan usaha jasa laundry sebagai usaha sampingan. Jadi, setelah selesai mengerjakan urusan rumah, ibu rumah tangga bisa melakukan usaha laundry ini.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk usaha laundry juga terbilang cukup simple atau sederhana. Kamu hanya membutuhkan mesin cuci, deterjen, pewangi pakaian dan air. Alat tambahan yang dibutuhkan antara lain mesin kiloan, plastik, dan keranjang. Sangat sederhana, bukan? 

Banyaknya jasa usaha laundry saat ini membuat kamu harus siap untuk bersaing dengan yang lainnya. Jika tidak ingin kalah bersaing dalam bisnis jasa laundry, simak beberapa tips di bawah ini dari Cermati.com.

Pilih lokasi yang tepat

Lokasi adalah hal vital yang sangat menentukan keberhasilan bisnis kamu di masa yang akan datang. Pemilihan lokasi bisnis yang tepat sangat memengaruhi besaran pendapatan yang akan diterima. 

Untuk lokasi, sebaiknya pilih daerah akademik atau daerah kampus. Daerah seperti ini biasanya akan diisi oleh mahasiswa yang datang dari luar daerah tersebut. 

Sehingga peluang untuk mengembangkan bisnis akan semakin terbuka lebar dan keuntungan yang dihasilkan juga akan semakin banyak.

Selain daerah kampus, kamu juga cocok membuka usaha ini di daerah komplek perumahan. Kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar jika mampu menangkap peluang ini. 

Apalagi kamu juga tidak membutuhkan tempat khusus untuk menjalankan bisnis laundry karena bisa dilakukan di rumah sendiri.

Persaingan pasar

Sebelum berencana membuka bisnis laundry di dekat tempat tinggal, sebaiknya kamu perlu melihat daerah di sekeliling kamu. Apakah bisnis ini sudah ada atau belum. Kalau sudah ada, maka kamu harus siap untuk bersaing dalam memperebutkan hati konsumen. 

Tentu saja kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk memperkenalkan bisnis baru itu kepada masyarakat. Lain halnya jika di daerah yang belum terdapat jasa usaha laundry. Maka peluang bisnis ini semakin mudah untuk dijalankan.

Amati daerah di sekitar kamu, lihat seberapa besar usaha laundry yang ia jalankan, berapa mesin cuci yang dimilikinya, dan seperti apa layanan yang ia berikan kepada para konsumen. Dengan mengintip sedikit dari orang lain, maka kamu bisa membangun usaha laundry yang lebih baik.

Berikan pelayanan terbaik

Setelah beberapa bulan menekuni bisnis laundry, tentu pelanggan yang didapatkan akan semakin banyak. Untuk bisa mempertahankan pelanggan atau bahkan menambah jumlah pelanggan, maka kamu perlu memberikan pelayanan terbaik. 

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kualitas terbaik. Untuk bisa mewujudkannya, kamu bisa menambah jumlah karyawan agar kualitas pelayanan tetap terjaga.

Agar jasa laundry semakin memanjakan konsumen, kamu juga bisa menambahkan berbagai fasilitas tambahan. Seperti musik atau wifi. Jadi sembari menunggu hasil laundry siap dibawa pulang, konsumen bisa menikmati alunan musik yang diputar atau browsing di internet. 

Memang akan ada biaya tambahan untuk pembayaran wifi. Namun hal tersebut bukanlah masalah besar buat kamu. daripada kehilangan konsumen, pilih yang mana?

Itulah beberapa tips yang sangat mudah untuk dilakukan bagi yang ingin terjun langsung dalam usaha jasa laundry. Untuk bisa mengembangkan usaha, tentu saja kamu dituntut untuk menjadi orang yang ulet dan tidak gampang menyerah.

(***)

Sumber: viva.co.id 


PROFIL PENULIS

Imron Nurfalah


Imron Nurfalah Imron Nurfalah

tuankembara.wix.com/site


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Lakukan 4 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan

Rencana bisnis ibarat sebuah peta jalan kesuksesan bagi pebisnis. Tidak terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pebisnis sudah pasti harus tahan banting alias memiliki mental sem ...

Kiat Sukses Berbisnis Kuliner ala Ryan Angkawijaya

Banyak pengusaha mencari peruntungannya melalui bisnis kuliner. Meskipun terdengar sepele, dalam berbisnis kulinerpun tidak semudah kelihatannya.  Tetap perlu dilakukan langkah-langkah ...

4 Cara Mudah Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Menjadi seorang manajer memang memiliki tugas harian untuk menjaga tempat kerja seproduktif mungkin tanpa mengorbankan moral staf.  Tugas ini bisa menjadi sulit untuk menemukan keseimbanga ...

5 Cara Jaga Semangat Bisnis Tetap Berjalan Lancar

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Susah Gaet Pelanggan? Terbukti, Word of Mouth Adalah Promosi yang Ampuh!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara yang paling tepat untuk memasarkan brand milikmu? Di era konektivitas sekarang ini, promosi satu arah tampak kurang mumpuni lagi. Promosi yang mumpuni bukan b ...

4 Rahasia Sukses Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan sebuah usaha dimana sang pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik franchise. Bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang kecil, tetapi keuntungannya besar.&nbs ...

6 Alasan ini Membuat Orang Takut Membeli Produk Kamu

Agar penjualan bagus, `kamu perlu mengenali hal-hal yang bisa membuat orang takut atau bahkan tak mau membeli produk kamu. Berikut 6 hal yang membuat orang takut membeli produk kamu. 1. Pembawaan k ...

5 Cara Jaga Bisnis Agar Tetap Berjalan

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Uang Receh Kamu Banyak? Ini Cara Mengelolanya

Sebaiknya kamu harus kumpulkan uang receh yang dimiliki saat ini karena akan berguna suatu saat nanti. Di Indonesia, mata uang kita yang paling sering digunakan untuk transaksi keuangan adalah uang ke ...

Mau Mulai Bisnis Coffee Shop? Perhatikan Langkahnya!

Suka kopi? Penggemar kopi? Pernah terpikir untuk berbisnis? Yuk mulai buka pola pikir kamu untuk terus mengembangkan apa yang menjadi kesukaan, hobby dan lain sebagainya menjadi sebuah usaha yang meng ...