Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kenali Cara Agar Bisnismu Meraih 'Word of Mouth' dari Pelanggan


0

Meskipun beberapa marketer punya pandangan yang skeptis dan meremehkan, word of mouth (WOM) atau yang biasa disebut promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan.

Coba lihat bagaimana merek-merek UKM seperti Babarafi dan Maicih membangun merek hingga populer di kalangan masyarakat. Salah satu metode pemasaran yang mereka gunakan adalah word of mouth!

Di era internet seperti sekarang ini, word of mouth bahkan menjadi lebih penting lagi. Studi yang dilakukan BrightLocal menyebutkan, hampir 9 dari 10 konsumen membaca ulasan online tentang bisnis, dan 72% konsumen mengatakan mereka menggunakan ulasan positif di internet untuk menentukan apakah sebuah bisnis dapat dipercaya atau tidak.

So, apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan word of mouth yang positif? Berikut 10 cara meraih word of mouth untuk bisnis kamu dikutip Thebalancecom.

Berikan layanan pelanggan yang baik

Layanan pelanggan yang baik adalah salah satu cara terbaik bagi kamu untuk dapat bersaing dengan bisnis yang lebih besar, terutama yang berfokus pada harga murah. Seberapa penting layanan pelanggan bagi word of mouth? Menurut survei ClickFox, lebih dari separuh pelanggan yang tidak puas akan memberitahu teman dan keluarga tentang pengalaman layanan pelanggan yang buruk, dan 32% dari mereka akan berpindah ke tempat lain.

Oleh karena itu, tunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka sangat penting dengan cara memperlakukan mereka dengan sopan, hormat dan empati. Dengarkan keluhan pelanggan, belajar dari mereka dan latih karyawan untuk fokus pada pelanggan. Ikuti praktek ini secara konsisten, dengan begitu word of mouth yang positif akan menyusul.

Buat mudah pelanggan menghubungi kamu

Praktik komunikasi yang buruk bukan hanya akan menjauhkan pelanggan yang mencoba menghubungi kamu, tapi mereka juga akan menceritakan kekesalannya atas pengalaman susahnya menghubungi kamu. Jika kamu ingin mendapatkan word of mouth yang positif buat mudah pelanggan menghubungi kamu. Misalnya dengan menjawab e-mail atau telepon yang masuk dengan segera.

Pertahankan citra positif

Bagi UKM ini artinya kamu perlu memperlakukan semua orang dengan sopan, bukan hanya pelanggan.

Minta testimoni dan terbitkan segera

Mintalah testimoni dari pelanggan yang puas (pernyataan tertulis singkat yang memuji layanan atau produk atau bahkan keduanya). Testimoni dari pelanggan yang puas merupakan dukungan yang kuat dan dapat memicu word of mouth yang positif. Biasakan untuk meminta kepada pelanggan. Setelah mendapatkan testimoni dari pelanggan yang puas, segera terbitkan di website, media sosial, iklan, toko, atau di manapun yang terlihat publik.

Libatkan pelanggan di media sosial

Ingat, word of mouth adalah semua tentang orang-orang yang mengatakan hal baik mengenai bisnis kamu. Dan, sekarang media sosial adalah tempat mereka berbicara. Oleh karena itu, bisnis kamu perlu ada di situ, tidak sulit membuat akun media sosial seperti Twitter dan Facebook, kan? Setelah membuat akun, kembangkan strategi media sosial yang akan memungkinkan kamu melibatkan pelanggan dan menarik mereka mengatakan hal baik mengenai bisnis kamu.

Pantau reputasi online kamu

Karena sudah banyak percakapan tentang bisnis dan merek kamu di online, kamu perlu tahu apa yang dibicarakan di sana. Jadi, penting untuk memantau reputasi online kamu dan melihat seperti apa kabar dari word of mouth yang tersebar tentang kamu.

Dapatkan publikasi positif tentang bisnis kamu

Publikasi yang positif adalah investasi yang berharga bagi bisnis kamu. Entah itu tentang kegiatan amal di media massa atau tweet yang menyebutkan kamu mensponsori sebuah kegiatan olahraga.

Kontribusi nyata terhadap komunitas

Tanggung jawab sosial, membangun komunitas, atau apapun namanya, perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan juga. Mensponsori komunitas atau kegiatan amal merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Jadilah orang yang bersedia bekerja sama untuk menyelesaikan sesuatu atau mendukung komunitas masyarakat dengan begitu orang lain akan memperhatikan kamu.

Peduli atau tidak, word of mouth akan selalu terjadi. Jadi, kenapa tidak mendengarkan mereka yang berbicara positif tentang bisnis kamu dan mempercepat penyebarannya?

(***)

Sumber: marketing.co.id 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Lakukan 4 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan

Rencana bisnis ibarat sebuah peta jalan kesuksesan bagi pebisnis. Tidak terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pebisnis sudah pasti harus tahan banting alias memiliki mental sem ...

Kiat Sukses Berbisnis Kuliner ala Ryan Angkawijaya

Banyak pengusaha mencari peruntungannya melalui bisnis kuliner. Meskipun terdengar sepele, dalam berbisnis kulinerpun tidak semudah kelihatannya.  Tetap perlu dilakukan langkah-langkah ...

4 Cara Mudah Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Menjadi seorang manajer memang memiliki tugas harian untuk menjaga tempat kerja seproduktif mungkin tanpa mengorbankan moral staf.  Tugas ini bisa menjadi sulit untuk menemukan keseimbanga ...

5 Cara Jaga Semangat Bisnis Tetap Berjalan Lancar

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Susah Gaet Pelanggan? Terbukti, Word of Mouth Adalah Promosi yang Ampuh!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara yang paling tepat untuk memasarkan brand milikmu? Di era konektivitas sekarang ini, promosi satu arah tampak kurang mumpuni lagi. Promosi yang mumpuni bukan b ...

4 Rahasia Sukses Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan sebuah usaha dimana sang pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik franchise. Bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang kecil, tetapi keuntungannya besar.&nbs ...

6 Alasan ini Membuat Orang Takut Membeli Produk Kamu

Agar penjualan bagus, `kamu perlu mengenali hal-hal yang bisa membuat orang takut atau bahkan tak mau membeli produk kamu. Berikut 6 hal yang membuat orang takut membeli produk kamu. 1. Pembawaan k ...

5 Cara Jaga Bisnis Agar Tetap Berjalan

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Uang Receh Kamu Banyak? Ini Cara Mengelolanya

Sebaiknya kamu harus kumpulkan uang receh yang dimiliki saat ini karena akan berguna suatu saat nanti. Di Indonesia, mata uang kita yang paling sering digunakan untuk transaksi keuangan adalah uang ke ...

Mau Mulai Bisnis Coffee Shop? Perhatikan Langkahnya!

Suka kopi? Penggemar kopi? Pernah terpikir untuk berbisnis? Yuk mulai buka pola pikir kamu untuk terus mengembangkan apa yang menjadi kesukaan, hobby dan lain sebagainya menjadi sebuah usaha yang meng ...