Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kenali Cara Agar Bisnismu Meraih 'Word of Mouth' dari Pelanggan


0

Meskipun beberapa marketer punya pandangan yang skeptis dan meremehkan, word of mouth (WOM) atau yang biasa disebut promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan.

Coba lihat bagaimana merek-merek UKM seperti Babarafi dan Maicih membangun merek hingga populer di kalangan masyarakat. Salah satu metode pemasaran yang mereka gunakan adalah word of mouth!

Di era internet seperti sekarang ini, word of mouth bahkan menjadi lebih penting lagi. Studi yang dilakukan BrightLocal menyebutkan, hampir 9 dari 10 konsumen membaca ulasan online tentang bisnis, dan 72% konsumen mengatakan mereka menggunakan ulasan positif di internet untuk menentukan apakah sebuah bisnis dapat dipercaya atau tidak.

So, apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan word of mouth yang positif? Berikut 10 cara meraih word of mouth untuk bisnis kamu dikutip Thebalancecom.

Berikan layanan pelanggan yang baik

Layanan pelanggan yang baik adalah salah satu cara terbaik bagi kamu untuk dapat bersaing dengan bisnis yang lebih besar, terutama yang berfokus pada harga murah. Seberapa penting layanan pelanggan bagi word of mouth? Menurut survei ClickFox, lebih dari separuh pelanggan yang tidak puas akan memberitahu teman dan keluarga tentang pengalaman layanan pelanggan yang buruk, dan 32% dari mereka akan berpindah ke tempat lain.

Oleh karena itu, tunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka sangat penting dengan cara memperlakukan mereka dengan sopan, hormat dan empati. Dengarkan keluhan pelanggan, belajar dari mereka dan latih karyawan untuk fokus pada pelanggan. Ikuti praktek ini secara konsisten, dengan begitu word of mouth yang positif akan menyusul.

Buat mudah pelanggan menghubungi kamu

Praktik komunikasi yang buruk bukan hanya akan menjauhkan pelanggan yang mencoba menghubungi kamu, tapi mereka juga akan menceritakan kekesalannya atas pengalaman susahnya menghubungi kamu. Jika kamu ingin mendapatkan word of mouth yang positif buat mudah pelanggan menghubungi kamu. Misalnya dengan menjawab e-mail atau telepon yang masuk dengan segera.

Pertahankan citra positif

Bagi UKM ini artinya kamu perlu memperlakukan semua orang dengan sopan, bukan hanya pelanggan.

Minta testimoni dan terbitkan segera

Mintalah testimoni dari pelanggan yang puas (pernyataan tertulis singkat yang memuji layanan atau produk atau bahkan keduanya). Testimoni dari pelanggan yang puas merupakan dukungan yang kuat dan dapat memicu word of mouth yang positif. Biasakan untuk meminta kepada pelanggan. Setelah mendapatkan testimoni dari pelanggan yang puas, segera terbitkan di website, media sosial, iklan, toko, atau di manapun yang terlihat publik.

Libatkan pelanggan di media sosial

Ingat, word of mouth adalah semua tentang orang-orang yang mengatakan hal baik mengenai bisnis kamu. Dan, sekarang media sosial adalah tempat mereka berbicara. Oleh karena itu, bisnis kamu perlu ada di situ, tidak sulit membuat akun media sosial seperti Twitter dan Facebook, kan? Setelah membuat akun, kembangkan strategi media sosial yang akan memungkinkan kamu melibatkan pelanggan dan menarik mereka mengatakan hal baik mengenai bisnis kamu.

Pantau reputasi online kamu

Karena sudah banyak percakapan tentang bisnis dan merek kamu di online, kamu perlu tahu apa yang dibicarakan di sana. Jadi, penting untuk memantau reputasi online kamu dan melihat seperti apa kabar dari word of mouth yang tersebar tentang kamu.

Dapatkan publikasi positif tentang bisnis kamu

Publikasi yang positif adalah investasi yang berharga bagi bisnis kamu. Entah itu tentang kegiatan amal di media massa atau tweet yang menyebutkan kamu mensponsori sebuah kegiatan olahraga.

Kontribusi nyata terhadap komunitas

Tanggung jawab sosial, membangun komunitas, atau apapun namanya, perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan juga. Mensponsori komunitas atau kegiatan amal merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Jadilah orang yang bersedia bekerja sama untuk menyelesaikan sesuatu atau mendukung komunitas masyarakat dengan begitu orang lain akan memperhatikan kamu.

Peduli atau tidak, word of mouth akan selalu terjadi. Jadi, kenapa tidak mendengarkan mereka yang berbicara positif tentang bisnis kamu dan mempercepat penyebarannya?

(***)

Sumber: marketing.co.id 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kampanye Iklan Efektif dengan Segmentasi yang Tepat

Beberapa dekade yang lalu, brand akan menargetkan iklan berdasarkan suatu asumsi yang tidak jelas (dan seringkali salah) tentang pelanggan mereka, sebagai contoh sebuah perusahaan retail fashion onlin ...

4 Faktor Penyebab Pusat Perbelanjaan Tutup, Apa Saja?

Beberapa bulan terakhir, banyak pusat perbelanjaan ternama yang memilih menutup toko mereka. Salah satu contohnya adalah gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Pasaraya Blok M. ...

5 Poin yang Harus Dicermati dalam Pemasaran Online

Sebagai seorang pemilik bisnis, terdapat berbagai metode pengukuran yang penting bagi kamu – seperti bagaimana hasil penjualan kamu bulan ini, dan berapa jumlah karyawan baru yang dapat kamu pekerja ...

Bagaimana UKM Bisa Meraup Untung dengan Sistem Bagi Hasil?

Menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan dana atau modal sebagai pelicin awal usaha. Terkadang, dana inilah yang menjadi salah salah satu kendala bagi orang yang ingin menjalankan bisnis. Sebena ...

Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat

Rekan bisnis adalah salah satu penentuan kesuksesan kamu dalam menjalankan bisnis. Memilih rekan bisnis yang tepat adalah salah satu tahap awal untuk sukses dalam menjalankan bisnis.  Tent ...

Ketahui 9 Langkah Membuat Action Plan yang Efektif

Perencanaan adalah persiapan awal menuju tindakan. Setidaknya secara analitis, perencanaan harus dipisahkan dari implementasi sehingga pengambilan keputusan atas kebijakan sangat penting dapat diambil ...

5 Cara Mendapatkan Uang dari Twitter

Ada banyak tujuan mengapa orang gemar menggunakan media sosial. Sebagian besar kalangan generasi muda menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi secara eksis dan modern dengan teman-t ...

3 Cara Mudah Membangun Citra Positif Perusahaan dan Pelanggan

Apakah produk atau usaha kamu banyak mendapat komentar negatif? Atau belum mendapat kesan positif dari pelanggan? Nah, saatnya kamu bangun citra perusahaan salah satunya dengan Program CSR. Citr ...

8 Cara Tepat Manajemen Waktu untuk Pebisnis

Time management untuk entrepreneur merupakan hal yang penting dari apa pun, terutama dalam berbisnis. Banyak orang yang menjalankan sebuah pekerjaan tapi mereka lupa tentang time management. Mereka ...

8 Tips Ini Bantu Kamu Tingkatkan Kreatifitas Dan Produktifitas

Meningkatkan kreatifitas dan produktifitas di tempat kamu bekerja bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu dalam kondisi lelah dan stres. Jangankan untuk kamu bisa tingkatkan kreatifitas dan produkt ...