Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kembangkan Bisnismu Dengan Web Analytics


0

Para pemilik situs bisnis online pastinya ingin mengetahui seberapa efektif situs mereka. Apakah misalnya pengunjung situs bisnis mereka meluangkan banyak waktu melihat-melihat di situs mereka atau sekadar mampir sejenak. Lebih lagi, para pemilik bisnis online jelas ingin mengetahui seberapa efektif kampanye pemasaran mereka dalam mendukung konversi. Oleh karenanya, layanan Web Analytics yang dapat menginformasikan kepada mereka informasi-informasi vital tersebut menjadi penting dalam mendukung kelangsungan bisnis online mereka.

Salah satu layanan web analytics yang populer dan gratis adalah Google Analytics. Bagi kamu pemilik situs bisnis online yang ingin mengetahui keefektifan situs web kamu dengan layanan Google Analytics atau web analytics lainnya, berikut tiga hal yang perlu diperhatikan:

Tetapkan target yang jelas dan pantau dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang harus dipantau adalah konversi, yaitu ketika pengunjung situs kamu melakukan sesuatu hal yang kamu targetkan. Hal itu bisa saja membeli produk, mengunduh, atau mendaftar, tergantung dari target bisnis kamu.

Selain konversi, penting juga memantau mikro-konversi yang dapat menghantarkan pengunjung ke konversi. Mikro-konversi bisa saja aktivitas seperti mengunjungi laman “Hubungi Kami”, menghabiskan lebih dari 10 menit di situs kamu, melihat sejumlah video tertentu, atau mendaftar ke buletin e-mail.

1. Pantau metrik rasio pentalan

Memahami konversi dan mikro-konversi memang penting, tetapi tidak kalah penting adalah memahami mengapa orang tidak melakukan konversi. Metrik yang disebut ‘rasio pentalan’ (bounce rates) dapat membantu kamu memahami hal itu. Rasio pentalan mencatat pengunjung yang hanya mengakses satu laman di situs kamu kemudian keluar dengan cepat. Rasio pentalan yang tinggi berarti pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari/ butuhkan. Oleh karenanya, penting untuk menampilkan dengan jelas informasi yang dibutuhkan dan relevan bagi pengunjung situs bisnis kamu seperti detail produk, informasi kontak, alamat toko kamu, dsb.

Misalnya, jika kamu menjalankan kampanye pemasaran via e-mail tetapi mengalami rasio pentalan yang tinggi berarti kamu mungkin mengarahkan pengunjung ke laman yang tidak pas di situs kamu. Singkatnya, metrik rasio pentalan adalah metrik yang dapat membantu kamu mengoptimalkan aktivitas pemasaran kamu.

2. Manfaatkan informasi berbasis data

Para pemilik situs web sering kali melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak uang untuk menarik pengunjung ke situs mereka. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui usaha mana yang efektif dan mana yang tidak. Dengan menggunakan laporan Traffic Sources, pemilik situs web dapat mengetahui bagaimana dan dari mana pengunjung masuk ke situs mereka—entah  dari penelusuran, media sosial, atau melalui kampanye pemasaran. Kamu dapat mengetahui misalnya kampanye pemasaran mana yang lebih efektif sehingga dapat memfokuskan kampanye kamu selanjutnya melalui jalur atau channel yang paling efektif.

Uteng Iskandar, Digital Marketing dan Partnership di Tirto.id, mengatakan bahwa Google Analytics “memberikan data insight yang luas dan membantu dalam mengambil keputusan, seperti untuk mengoptimalkan kualitas trafik pengunjung, menentukan konten sampai distribusi bujet", seperti yang telah dilansir dari marketing.co.id, Jumat (28/07/2017).

Meski topik web analytics terdengar rumit dan memusingkan, namun ternyata hanya dengan kamu memahami beberapa laporan dan metrik saja, kemudian dapat mengetahui kinerja situs kamu. Pemahaman ini tentunya menjadi relevan dan penting dalam merancang strategi pemasaran kamu selanjutnya. Terlepas apapun bisnis kamu dan seperti apa keeksisan kamu di internet, entah itu situs atau aplikasi, informasi berbasis data semakin berperan penting dalam menopang kesuksesan bisnis online kamu.

(***)

Sumber: marketing.co.id

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Lakukan 4 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan

Rencana bisnis ibarat sebuah peta jalan kesuksesan bagi pebisnis. Tidak terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pebisnis sudah pasti harus tahan banting alias memiliki mental sem ...

Kiat Sukses Berbisnis Kuliner ala Ryan Angkawijaya

Banyak pengusaha mencari peruntungannya melalui bisnis kuliner. Meskipun terdengar sepele, dalam berbisnis kulinerpun tidak semudah kelihatannya.  Tetap perlu dilakukan langkah-langkah ...

4 Cara Mudah Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Menjadi seorang manajer memang memiliki tugas harian untuk menjaga tempat kerja seproduktif mungkin tanpa mengorbankan moral staf.  Tugas ini bisa menjadi sulit untuk menemukan keseimbanga ...

5 Cara Jaga Semangat Bisnis Tetap Berjalan Lancar

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Susah Gaet Pelanggan? Terbukti, Word of Mouth Adalah Promosi yang Ampuh!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara yang paling tepat untuk memasarkan brand milikmu? Di era konektivitas sekarang ini, promosi satu arah tampak kurang mumpuni lagi. Promosi yang mumpuni bukan b ...

4 Rahasia Sukses Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan sebuah usaha dimana sang pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik franchise. Bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang kecil, tetapi keuntungannya besar.&nbs ...

6 Alasan ini Membuat Orang Takut Membeli Produk Kamu

Agar penjualan bagus, `kamu perlu mengenali hal-hal yang bisa membuat orang takut atau bahkan tak mau membeli produk kamu. Berikut 6 hal yang membuat orang takut membeli produk kamu. 1. Pembawaan k ...

5 Cara Jaga Bisnis Agar Tetap Berjalan

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Uang Receh Kamu Banyak? Ini Cara Mengelolanya

Sebaiknya kamu harus kumpulkan uang receh yang dimiliki saat ini karena akan berguna suatu saat nanti. Di Indonesia, mata uang kita yang paling sering digunakan untuk transaksi keuangan adalah uang ke ...

Mau Mulai Bisnis Coffee Shop? Perhatikan Langkahnya!

Suka kopi? Penggemar kopi? Pernah terpikir untuk berbisnis? Yuk mulai buka pola pikir kamu untuk terus mengembangkan apa yang menjadi kesukaan, hobby dan lain sebagainya menjadi sebuah usaha yang meng ...