Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Kembangkan Bisnismu Dengan Web Analytics


0

Para pemilik situs bisnis online pastinya ingin mengetahui seberapa efektif situs mereka. Apakah misalnya pengunjung situs bisnis mereka meluangkan banyak waktu melihat-melihat di situs mereka atau sekadar mampir sejenak. Lebih lagi, para pemilik bisnis online jelas ingin mengetahui seberapa efektif kampanye pemasaran mereka dalam mendukung konversi. Oleh karenanya, layanan Web Analytics yang dapat menginformasikan kepada mereka informasi-informasi vital tersebut menjadi penting dalam mendukung kelangsungan bisnis online mereka.

Salah satu layanan web analytics yang populer dan gratis adalah Google Analytics. Bagi kamu pemilik situs bisnis online yang ingin mengetahui keefektifan situs web kamu dengan layanan Google Analytics atau web analytics lainnya, berikut tiga hal yang perlu diperhatikan:

Tetapkan target yang jelas dan pantau dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang harus dipantau adalah konversi, yaitu ketika pengunjung situs kamu melakukan sesuatu hal yang kamu targetkan. Hal itu bisa saja membeli produk, mengunduh, atau mendaftar, tergantung dari target bisnis kamu.

Selain konversi, penting juga memantau mikro-konversi yang dapat menghantarkan pengunjung ke konversi. Mikro-konversi bisa saja aktivitas seperti mengunjungi laman “Hubungi Kami”, menghabiskan lebih dari 10 menit di situs kamu, melihat sejumlah video tertentu, atau mendaftar ke buletin e-mail.

1. Pantau metrik rasio pentalan

Memahami konversi dan mikro-konversi memang penting, tetapi tidak kalah penting adalah memahami mengapa orang tidak melakukan konversi. Metrik yang disebut ‘rasio pentalan’ (bounce rates) dapat membantu kamu memahami hal itu. Rasio pentalan mencatat pengunjung yang hanya mengakses satu laman di situs kamu kemudian keluar dengan cepat. Rasio pentalan yang tinggi berarti pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari/ butuhkan. Oleh karenanya, penting untuk menampilkan dengan jelas informasi yang dibutuhkan dan relevan bagi pengunjung situs bisnis kamu seperti detail produk, informasi kontak, alamat toko kamu, dsb.

Misalnya, jika kamu menjalankan kampanye pemasaran via e-mail tetapi mengalami rasio pentalan yang tinggi berarti kamu mungkin mengarahkan pengunjung ke laman yang tidak pas di situs kamu. Singkatnya, metrik rasio pentalan adalah metrik yang dapat membantu kamu mengoptimalkan aktivitas pemasaran kamu.

2. Manfaatkan informasi berbasis data

Para pemilik situs web sering kali melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak uang untuk menarik pengunjung ke situs mereka. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui usaha mana yang efektif dan mana yang tidak. Dengan menggunakan laporan Traffic Sources, pemilik situs web dapat mengetahui bagaimana dan dari mana pengunjung masuk ke situs mereka—entah  dari penelusuran, media sosial, atau melalui kampanye pemasaran. Kamu dapat mengetahui misalnya kampanye pemasaran mana yang lebih efektif sehingga dapat memfokuskan kampanye kamu selanjutnya melalui jalur atau channel yang paling efektif.

Uteng Iskandar, Digital Marketing dan Partnership di Tirto.id, mengatakan bahwa Google Analytics “memberikan data insight yang luas dan membantu dalam mengambil keputusan, seperti untuk mengoptimalkan kualitas trafik pengunjung, menentukan konten sampai distribusi bujet", seperti yang telah dilansir dari marketing.co.id, Jumat (28/07/2017).

Meski topik web analytics terdengar rumit dan memusingkan, namun ternyata hanya dengan kamu memahami beberapa laporan dan metrik saja, kemudian dapat mengetahui kinerja situs kamu. Pemahaman ini tentunya menjadi relevan dan penting dalam merancang strategi pemasaran kamu selanjutnya. Terlepas apapun bisnis kamu dan seperti apa keeksisan kamu di internet, entah itu situs atau aplikasi, informasi berbasis data semakin berperan penting dalam menopang kesuksesan bisnis online kamu.

(***)

Sumber: marketing.co.id

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kampanye Iklan Efektif dengan Segmentasi yang Tepat

Beberapa dekade yang lalu, brand akan menargetkan iklan berdasarkan suatu asumsi yang tidak jelas (dan seringkali salah) tentang pelanggan mereka, sebagai contoh sebuah perusahaan retail fashion onlin ...

4 Faktor Penyebab Pusat Perbelanjaan Tutup, Apa Saja?

Beberapa bulan terakhir, banyak pusat perbelanjaan ternama yang memilih menutup toko mereka. Salah satu contohnya adalah gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Pasaraya Blok M. ...

5 Poin yang Harus Dicermati dalam Pemasaran Online

Sebagai seorang pemilik bisnis, terdapat berbagai metode pengukuran yang penting bagi kamu – seperti bagaimana hasil penjualan kamu bulan ini, dan berapa jumlah karyawan baru yang dapat kamu pekerja ...

Bagaimana UKM Bisa Meraup Untung dengan Sistem Bagi Hasil?

Menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan dana atau modal sebagai pelicin awal usaha. Terkadang, dana inilah yang menjadi salah salah satu kendala bagi orang yang ingin menjalankan bisnis. Sebena ...

Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat

Rekan bisnis adalah salah satu penentuan kesuksesan kamu dalam menjalankan bisnis. Memilih rekan bisnis yang tepat adalah salah satu tahap awal untuk sukses dalam menjalankan bisnis.  Tent ...

Ketahui 9 Langkah Membuat Action Plan yang Efektif

Perencanaan adalah persiapan awal menuju tindakan. Setidaknya secara analitis, perencanaan harus dipisahkan dari implementasi sehingga pengambilan keputusan atas kebijakan sangat penting dapat diambil ...

5 Cara Mendapatkan Uang dari Twitter

Ada banyak tujuan mengapa orang gemar menggunakan media sosial. Sebagian besar kalangan generasi muda menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi secara eksis dan modern dengan teman-t ...

3 Cara Mudah Membangun Citra Positif Perusahaan dan Pelanggan

Apakah produk atau usaha kamu banyak mendapat komentar negatif? Atau belum mendapat kesan positif dari pelanggan? Nah, saatnya kamu bangun citra perusahaan salah satunya dengan Program CSR. Citr ...

8 Cara Tepat Manajemen Waktu untuk Pebisnis

Time management untuk entrepreneur merupakan hal yang penting dari apa pun, terutama dalam berbisnis. Banyak orang yang menjalankan sebuah pekerjaan tapi mereka lupa tentang time management. Mereka ...

8 Tips Ini Bantu Kamu Tingkatkan Kreatifitas Dan Produktifitas

Meningkatkan kreatifitas dan produktifitas di tempat kamu bekerja bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu dalam kondisi lelah dan stres. Jangankan untuk kamu bisa tingkatkan kreatifitas dan produkt ...