Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Rahasia Media Sosial Agar Online Shop-mu Laris Manis


0

Sekarang ini kita berada di era digital, di mana semua orang sudah terhubung dengan internet, bahkan orang jualan pun sudah semakin banyak melalui internet. Dengan bermodalkan komputer/ laptop atau gadget yang terhubung dengan internet proses jualan online pun bisa berjalan.

Jejaring sosial atau sosmed adalah salah satu media pemasaran untuk jualan online dan promosi bisnis yang sudah sangat jamak dilakukan oleh para pelaku bisnis internet. Dari sekian banyak sosial media yang digunakan, manakah yang paling efektif untuk jualan online?

Berikut ini adalah 5 media sosial terbaik untuk jualan online dan promosi bisnis:

1. Jualan Online di Facebook

Bagi para pelaku bisnis online yang sudah cukup lama menggunakan media sosial, tentu sangat mengerti bagaimana keampuhan berjualan online di Facebook ini. Para pedagang online biasanya menggunakan fitur Facebook fan page untuk mempromosikan berbagai produk yang mereka jual di internet.

Sebenarnya cara memulainya cukup mudah dan cepat. Tentunya kamu sudah memiliki akun Facebook terlebih dahulu ya. Langkah pertama adalah membuat Facebook Fan Page untuk bisnis jualan online kamu. Buatlah informasi mendetail tentang bisnis kamu di Fan Page tersebut dan rajinlah memposting konten ke dalamnya.

Untuk menjangkau lebih banyak orang, biasanya para pebisnis online akan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur periklanan ini hanya bisa digunakan melalui Facebook Fan Page.

Selain Fan Page, kamu juga bisa membuat group Facebook, di mana isinya adalah fokus membahas topik tertentu yang sangat berhubungan dengan produk yang kamu jual. Ini opsi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik ke bisnis kamu.

2. Jualan Online di Instagram

Instagram berada di posisi ke dua sebagai media sosial terbaik untuk jualan online di pasar Indonesia. Bukan tanpa alasan, media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para penggunanya dengan menggunakan gambar dan video unik.

Gambar-gambar yang unik dan menarik yang diunggah di Instagram bisa memanjakan mata para pengguna Instagram sehingga mereka mau berlama-lama melihat berbagai gambar dan video di sana. Seperti prinsip orang berbisnis, di mana ada keramaian maka di sana ada peluang usaha yang menguntungkan.

3. Jualan Online di Twitter

Di posisi ke tiga media sosial terbaik untuk jualan online di Indonesia dipegang oleh Twitter. Facebook dan Twitter memang berseteru sejak lama dalam merebut perhatian pengguna aplikasi media sosial. Walaupun digunakan berjualan online tidak sebanyak Facebook, terbukti bahwa Twitter masih dipercaya oleh para pedagang online untuk memasarkan produk mereka.

Keterbatasan fitur Twitter adalah salah satu masalah dalam penggunaan Twitter sebagai media pemasaran jualan online. Namun, bila kamu memiliki followers tertarget di Twitter maka pemasaran produk apapun akan sangat efektif melalui Twitter.

Misalnya, jika target market kamu adalah para wanita, maka upayakan untuk berinteraksi dengan followers seputar dunia wanita dan kebutuhan mereka karena wanita biasanya suka diperhatikan dan cenderung suka berbelanja.

4. Jualan Online di YouTube

Semua orang yang aktif menggunakan internet pasti tahu YouTube, kalau tidak tahu ya kebangetan. Media sosial berbasis video ini terbukti sangat ampuh untuk jualan online. Kenapa kita bilang sangat ampuh?

Ada pergeseran minat pengguna internet saat ini. Yang dulunya lebih suka membaca artikel, sekarang rata-rata pengguna internet lebih suka melihat konten yang interaktif, misalnya video. Inilah alasan kenapa YouTube kita katakan sangat ampuh untuk jualan online. Hal ini ditambah lagi dengan kenyataan bahwa koneksi internet di Indonesai sudah semakin cepat.

Brand besar yang beriklan di YouTube biasanya tujuannya untuk branding. Tapi bagi para pedagang online kecil-kecilan, penggunaan YouTube sebagai sarana untuk jualan online sudah sangat sering dilakukan. Tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah video untuk jualan online, kita bisa menggunakan kamera smartphone lalu mengunggah video tersebut ke channel YouTube kita.

5. Jualan Online di Pinterest

Media sosial yang satu ini mirip dengan Instagram. Pinterest digunakan user-nya untuk mengirimkan foto-foto dari berbagai sumber, baik itu milik sendiri si pengunggah ataupun dari website lain.

Pinterest boleh dibilang seperti sebuah etalase toko, di mana pemiliknya bisa menampilkan foto-foto terbaik produk yang ingin dipasarkan. Media sosial ini sangat banyak digunakan oleh para fotografer dan juga para pemilik bisnis untuk memamerkan foto produk atau karya mereka.

Para pengguna Pinterest bisa mengoptimalkan konversi penjualan mereka dengan mendesain foto produk sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan profesional. Seperti kata pepatah, sebuah gambar yang menarik bisa mewakili seribu kata.

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa peluang untuk menghasilkan uang dari seluruh sosial media yang sobiz punya itupun sangat menjanjikan. Kamu bisa memilih salah satu cara yang sesuai dengan kemampuan kamu, dan kita optimis bahwa semua orang bisa menghasilkan uang dari akun sosial media milik sobiz.

Selamat mencoba, Sobiz! ;)

(***)

Sumber: Maxmanroe.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kampanye Iklan Efektif dengan Segmentasi yang Tepat

Beberapa dekade yang lalu, brand akan menargetkan iklan berdasarkan suatu asumsi yang tidak jelas (dan seringkali salah) tentang pelanggan mereka, sebagai contoh sebuah perusahaan retail fashion onlin ...

4 Faktor Penyebab Pusat Perbelanjaan Tutup, Apa Saja?

Beberapa bulan terakhir, banyak pusat perbelanjaan ternama yang memilih menutup toko mereka. Salah satu contohnya adalah gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Pasaraya Blok M. ...

5 Poin yang Harus Dicermati dalam Pemasaran Online

Sebagai seorang pemilik bisnis, terdapat berbagai metode pengukuran yang penting bagi kamu – seperti bagaimana hasil penjualan kamu bulan ini, dan berapa jumlah karyawan baru yang dapat kamu pekerja ...

Bagaimana UKM Bisa Meraup Untung dengan Sistem Bagi Hasil?

Menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan dana atau modal sebagai pelicin awal usaha. Terkadang, dana inilah yang menjadi salah salah satu kendala bagi orang yang ingin menjalankan bisnis. Sebena ...

Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat

Rekan bisnis adalah salah satu penentuan kesuksesan kamu dalam menjalankan bisnis. Memilih rekan bisnis yang tepat adalah salah satu tahap awal untuk sukses dalam menjalankan bisnis.  Tent ...

Ketahui 9 Langkah Membuat Action Plan yang Efektif

Perencanaan adalah persiapan awal menuju tindakan. Setidaknya secara analitis, perencanaan harus dipisahkan dari implementasi sehingga pengambilan keputusan atas kebijakan sangat penting dapat diambil ...

5 Cara Mendapatkan Uang dari Twitter

Ada banyak tujuan mengapa orang gemar menggunakan media sosial. Sebagian besar kalangan generasi muda menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi secara eksis dan modern dengan teman-t ...

3 Cara Mudah Membangun Citra Positif Perusahaan dan Pelanggan

Apakah produk atau usaha kamu banyak mendapat komentar negatif? Atau belum mendapat kesan positif dari pelanggan? Nah, saatnya kamu bangun citra perusahaan salah satunya dengan Program CSR. Citr ...

8 Cara Tepat Manajemen Waktu untuk Pebisnis

Time management untuk entrepreneur merupakan hal yang penting dari apa pun, terutama dalam berbisnis. Banyak orang yang menjalankan sebuah pekerjaan tapi mereka lupa tentang time management. Mereka ...

8 Tips Ini Bantu Kamu Tingkatkan Kreatifitas Dan Produktifitas

Meningkatkan kreatifitas dan produktifitas di tempat kamu bekerja bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu dalam kondisi lelah dan stres. Jangankan untuk kamu bisa tingkatkan kreatifitas dan produkt ...