Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Cara Agar Pengunjung Betah Belanja di Toko Onlinemu


0

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara yang membutuhkan lebih sedikit waktu, usaha, dan uang adalah memfokuskan strategi pemasaran secara online kepada orang yang sering berkunjung (repeat visitor) dari situs web atau toko online.

Perlu diingat, returning visitor berbeda dengan repeat visitor. Returning visitor adalah orang yang berkunjung ke toko setelah sebelumnya pernah setidanya sekali berbelanja di toko tersebut, sedangkan repeat visitor adalah orang yang sudah berbelanja lebih dari satu kali di toko tersebut.

Mengapa repeat visitor? Mereka lebih mungkin berbelanja dibanding pengunjung yang baru pertama kali mendatangi toko, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bisnis. Mengutip Verisign, berikut ini lima hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan repeat visitor ke situs web atau toko online.

Perbarui situs dengan konten segar

Memperbarui konten situs secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung. Pertimbangkan untuk menyediakan laman “Kabar terbaru?” atau "Tips hari ini”, sehingga situs menyajikan info terkini dari perusahaan.

Jangan lupa memperbarui grafis situs secara berkala agar menyegarkan situs secara keseluruhan.

Tawarkan nilai atau diskon tambahan

Pelanggan pada umumnya akan senang bila mendapatkan sesuatu yang eksklusif, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, sehingga mereka merasa spesial dan dihargai. Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah. 

Bersosialisasi dan undang mereka kembali

Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial melalu tombol berbagi (share) yang memperkenankan pengunjung situs untuk bergabung atau like akun media sosial. Makin banyak like, shares, dan tweet yang dimiliki, brand awareness akan makin terbangun. Saat konsumen semakin mengenali suatu brand, kemungkinan ia menjadi repeat visitor akan makin besar. 

Tetap berhubungan

Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung situs, menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap situs. Tawarkan mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk. Ketika alamat email mereka sudah terkumpul, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke situs. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga. 

Berikan kepercayaan dan keyakinan

Pada akhirnya dua hal inilah yang diinginkan pengunjung baru dan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan menyelesaikan masalah secara cepat. 

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi situs kamu, makin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada return visitor dan repeat visitor karena sangat mungkin pendapatan dari situs web, sebagian besar akan berasal dari mereka. 

(***)

Sumber: liputan6.com


PROFIL PENULIS

Imron Nurfalah


Imron Nurfalah Imron Nurfalah

tuankembara.wix.com/site


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Lakukan 4 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan

Rencana bisnis ibarat sebuah peta jalan kesuksesan bagi pebisnis. Tidak terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pebisnis sudah pasti harus tahan banting alias memiliki mental sem ...

Kiat Sukses Berbisnis Kuliner ala Ryan Angkawijaya

Banyak pengusaha mencari peruntungannya melalui bisnis kuliner. Meskipun terdengar sepele, dalam berbisnis kulinerpun tidak semudah kelihatannya.  Tetap perlu dilakukan langkah-langkah ...

4 Cara Mudah Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Menjadi seorang manajer memang memiliki tugas harian untuk menjaga tempat kerja seproduktif mungkin tanpa mengorbankan moral staf.  Tugas ini bisa menjadi sulit untuk menemukan keseimbanga ...

5 Cara Jaga Semangat Bisnis Tetap Berjalan Lancar

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Susah Gaet Pelanggan? Terbukti, Word of Mouth Adalah Promosi yang Ampuh!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara yang paling tepat untuk memasarkan brand milikmu? Di era konektivitas sekarang ini, promosi satu arah tampak kurang mumpuni lagi. Promosi yang mumpuni bukan b ...

4 Rahasia Sukses Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan sebuah usaha dimana sang pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik franchise. Bisnis ini termasuk bisnis dengan modal yang kecil, tetapi keuntungannya besar.&nbs ...

6 Alasan ini Membuat Orang Takut Membeli Produk Kamu

Agar penjualan bagus, `kamu perlu mengenali hal-hal yang bisa membuat orang takut atau bahkan tak mau membeli produk kamu. Berikut 6 hal yang membuat orang takut membeli produk kamu. 1. Pembawaan k ...

5 Cara Jaga Bisnis Agar Tetap Berjalan

Kadang-kadang kamu perlu mengambil langkah mundur atau ke samping untuk terus bergerak maju. Pentingnya tindakan bukan hanya berkaitan dengan peluncuran bisnis. Pemilik bisnis bisa juga berhenti da ...

Uang Receh Kamu Banyak? Ini Cara Mengelolanya

Sebaiknya kamu harus kumpulkan uang receh yang dimiliki saat ini karena akan berguna suatu saat nanti. Di Indonesia, mata uang kita yang paling sering digunakan untuk transaksi keuangan adalah uang ke ...

Mau Mulai Bisnis Coffee Shop? Perhatikan Langkahnya!

Suka kopi? Penggemar kopi? Pernah terpikir untuk berbisnis? Yuk mulai buka pola pikir kamu untuk terus mengembangkan apa yang menjadi kesukaan, hobby dan lain sebagainya menjadi sebuah usaha yang meng ...