Chat with Us

Aktifkan STARBOX

5 Cara Agar Pengunjung Betah Belanja di Toko Onlinemu


0

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara yang membutuhkan lebih sedikit waktu, usaha, dan uang adalah memfokuskan strategi pemasaran secara online kepada orang yang sering berkunjung (repeat visitor) dari situs web atau toko online.

Perlu diingat, returning visitor berbeda dengan repeat visitor. Returning visitor adalah orang yang berkunjung ke toko setelah sebelumnya pernah setidanya sekali berbelanja di toko tersebut, sedangkan repeat visitor adalah orang yang sudah berbelanja lebih dari satu kali di toko tersebut.

Mengapa repeat visitor? Mereka lebih mungkin berbelanja dibanding pengunjung yang baru pertama kali mendatangi toko, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bisnis. Mengutip Verisign, berikut ini lima hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan repeat visitor ke situs web atau toko online.

Perbarui situs dengan konten segar

Memperbarui konten situs secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung. Pertimbangkan untuk menyediakan laman “Kabar terbaru?” atau "Tips hari ini”, sehingga situs menyajikan info terkini dari perusahaan.

Jangan lupa memperbarui grafis situs secara berkala agar menyegarkan situs secara keseluruhan.

Tawarkan nilai atau diskon tambahan

Pelanggan pada umumnya akan senang bila mendapatkan sesuatu yang eksklusif, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, sehingga mereka merasa spesial dan dihargai. Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah. 

Bersosialisasi dan undang mereka kembali

Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial melalu tombol berbagi (share) yang memperkenankan pengunjung situs untuk bergabung atau like akun media sosial. Makin banyak like, shares, dan tweet yang dimiliki, brand awareness akan makin terbangun. Saat konsumen semakin mengenali suatu brand, kemungkinan ia menjadi repeat visitor akan makin besar. 

Tetap berhubungan

Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung situs, menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap situs. Tawarkan mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk. Ketika alamat email mereka sudah terkumpul, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke situs. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga. 

Berikan kepercayaan dan keyakinan

Pada akhirnya dua hal inilah yang diinginkan pengunjung baru dan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan menyelesaikan masalah secara cepat. 

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi situs kamu, makin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada return visitor dan repeat visitor karena sangat mungkin pendapatan dari situs web, sebagian besar akan berasal dari mereka. 

(***)

Sumber: liputan6.com


PROFIL PENULIS

Imron Nurfalah


Imron Nurfalah Imron Nurfalah

tuankembara.wix.com/site


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kampanye Iklan Efektif dengan Segmentasi yang Tepat

Beberapa dekade yang lalu, brand akan menargetkan iklan berdasarkan suatu asumsi yang tidak jelas (dan seringkali salah) tentang pelanggan mereka, sebagai contoh sebuah perusahaan retail fashion onlin ...

4 Faktor Penyebab Pusat Perbelanjaan Tutup, Apa Saja?

Beberapa bulan terakhir, banyak pusat perbelanjaan ternama yang memilih menutup toko mereka. Salah satu contohnya adalah gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Pasaraya Blok M. ...

5 Poin yang Harus Dicermati dalam Pemasaran Online

Sebagai seorang pemilik bisnis, terdapat berbagai metode pengukuran yang penting bagi kamu – seperti bagaimana hasil penjualan kamu bulan ini, dan berapa jumlah karyawan baru yang dapat kamu pekerja ...

Bagaimana UKM Bisa Meraup Untung dengan Sistem Bagi Hasil?

Menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan dana atau modal sebagai pelicin awal usaha. Terkadang, dana inilah yang menjadi salah salah satu kendala bagi orang yang ingin menjalankan bisnis. Sebena ...

Tips Mencari Rekan Bisnis yang Tepat

Rekan bisnis adalah salah satu penentuan kesuksesan kamu dalam menjalankan bisnis. Memilih rekan bisnis yang tepat adalah salah satu tahap awal untuk sukses dalam menjalankan bisnis.  Tent ...

Ketahui 9 Langkah Membuat Action Plan yang Efektif

Perencanaan adalah persiapan awal menuju tindakan. Setidaknya secara analitis, perencanaan harus dipisahkan dari implementasi sehingga pengambilan keputusan atas kebijakan sangat penting dapat diambil ...

5 Cara Mendapatkan Uang dari Twitter

Ada banyak tujuan mengapa orang gemar menggunakan media sosial. Sebagian besar kalangan generasi muda menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi secara eksis dan modern dengan teman-t ...

3 Cara Mudah Membangun Citra Positif Perusahaan dan Pelanggan

Apakah produk atau usaha kamu banyak mendapat komentar negatif? Atau belum mendapat kesan positif dari pelanggan? Nah, saatnya kamu bangun citra perusahaan salah satunya dengan Program CSR. Citr ...

8 Cara Tepat Manajemen Waktu untuk Pebisnis

Time management untuk entrepreneur merupakan hal yang penting dari apa pun, terutama dalam berbisnis. Banyak orang yang menjalankan sebuah pekerjaan tapi mereka lupa tentang time management. Mereka ...

8 Tips Ini Bantu Kamu Tingkatkan Kreatifitas Dan Produktifitas

Meningkatkan kreatifitas dan produktifitas di tempat kamu bekerja bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu dalam kondisi lelah dan stres. Jangankan untuk kamu bisa tingkatkan kreatifitas dan produkt ...