Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Generasi Millenial Harus Bisa Membangun Generasi Berkarya


0

Salah seorang pegiat kewirausahaan muda yang menginisiasi Yayasan Asgar Muda Foundation di Garut, Goris Mustaqim meyakini bahwa anak muda pada masa sekarang bisa ikut berkontribusi membangun desa dari manapun.

“Sekarang ini momentumnya sangat tepat, kemudahan akses teknologi ada dimana-mana sehingga tidak ada alasan untuk kita tidak membuat perubahan sekecil apapun. Jangan sampai karena kemudahan ini, kita merasa kerdil tidak tahu mau bikin apalagi,” jelas Goris, dilansir dari Infonawacita.com Selasa, (05/09/2017).

Goris kemudian teringat perkataan Bung Hatta yang mengatakan jika jaman yang besar itu hanya melahirkan generasi yang kerdil, disebabkan akses-akses kemudahan yang didapat. Itulah sebabnya ia tidak ingin anak muda saat ini terlena dengan kemudahan dan tidak membuat gebrakan-gebrakan baru.

“Tinggal mau atau tidaknya saja, kita ini bisa membuat perubahan yang dampaknya bisa dirasakan langsung oleh orang banyak baik dari segi pendidikan, kesehatan, bisnis, dan apapun,” katanya.

Perubahan yang dibangun juga bisa dimulai dari mana saja, tidak harus kembali ke desa. Anak muda yang belajar di kota kemudian ia bekerja di kota dan membuka akses informasi dan sumber daya untuk desa berarti juga telah ikut membangun desa.

“Dan mereka yang kembali ke desa untuk ikut membangun juga sekarang ini tidak sedikit, peran anak muda yang membangun desa inilah yang perlu diangkat dan difasilitasi supaya lebih besar gerakannya,” kata Goris.

Inilah yang nantinya dapat dikolaborasikan untuk bersama-sama membangun desa. Gerak inilah dapat menginspirasi yang lain untuk bergerak dan ikut berkontribusi.

Generasi milenial bisa diandalkan

Goris juga optimis generasi milenial saat ini memiliki dua karater yang unik yaitu pertama mereka ingin selalu berkontribusi artinya hidup mereka lebih bermakna ketika telah melakukan sesuatu ditambah mereka senang berbagi atau sharing hal tersebut di media sosial yang dimiliki.

Kedua, generasi pemuda saat ini juga berkategori entrepreneutrial ini berdasarkan penelitian di jejaring sosial linkedin diketahui 33 persen mayoritas profesi ini adalah founder dan owner. Jadi mereka ini disibukkan pada entrepreneurial.

Artinya ketika kedua hal ini berkolaborasi dalam perubahan yang berkelanjutan maka pemuda dapat berkontribusi di masyarakat yang dampaknya dapat dirasakan oleh semua pihak. 

(***)

Sumber: Infonawacita.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar