Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Sukses Jalankan Bisnis Waralaba dengan 10 Strategi Bisnis Ini


0

Bisnis franchise atau waralaba saat ini sudah menjamur di mana-mana. Apakah kamu punya rencana untuk menjalankan bisnis waralaba sendiri?

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi pemilik waralaba yang sukses menurut Albertonrecord.co.za, seperti dilansir dari Liputan6.com, Rabu (1/02/2017):

1. Jalankan toko sendiri

Untuk di awal, sebaiknya kamu secara penuh terlibat untuk menjalankan bisnis ini, agar kamu tahu bagaimana dari pertama bisnis ini dijalankan dan berkembang, mulai dari pembukuan, penjualan dan lainnya.

2. Ambil tanggung jawab pribadi untuk kinerja toko

Sebaiknya kamu juga bertanggungjawab sendiri secara pribadi, karena jika melibatkan banyak orang, ketika bisnis berjalan dan tidak sesuai dengan yang diinginkan atau merugi, biasanya orang yang terlibat di dalamnya akan saling menyalahkan. 

Hal itu justru membuat kamu semakin merugi dan biasanya jika toko rugi, maka orang yang tidak punya andil dan hanya bekerja karena diminta akan dengan mudah meninggalkan pekerjaannya, apalagi dalam hal keuangan. Kamu tidak bisa mengharapkan toko berkembang sendiri atau dijalankan oleh orang lain, karena toko kamu merupakan tanggungjawab kamu.

3. Mendaftar untuk beberapa pelatihan keuangan

Pencurian ide bisnis adalah salah satu contoh yang bisa terjadi, jika kamu tidak terus-menerus melacak bisnis kamu. Sementara beberapa waralaba memiliki sistem yang baik ketika membangun bisnisnya hingga sukses. 

Oleh karena itu, kamu perlu melengkapinya dengan memiliki dasar keterampilan berbisnis. Misalnya, jika kamu tidak tahu dasar-dasar akuntansi, atau bagaimana membuat laporan keuangan; sistem pembayaran gaji, dan lainnya, maka sebaiknya kamu perlu belajar terlebih dahulu. Jika tidak, kamu akan mengalami kesulitan. Terutama saat menghitung persentase keuntungan yang didapat dari bisnis.

4. Pelatihan literasi komputer

Selain melek dalam hal keuangan, kamu juga harus melek dengan teknologi komputer, apalagi saat ini zaman serba canggih dan semua dilakukan dengan internet. Pemasaran biasanya lebih efektif dilakukan lewat media sosial. 

Agar bisnis tetap berkembang, ada baiknya karyawan yang bekerja dengan kamu diberi pelatihan singkat tentang penggunaan internet dan media sosial dan sebaiknya ada orang yang khusus mengelola web untuk memasarkannya

5. Layanan pelanggan

Jika kamu tidak suka berhubungan dengan banyak orang, jangan bergerak di bisnis makanan. Kemampuan komunikasi sangat penting dalam industri ini. Karena kamu akan selalu berhubungan dan melayani orang lain dalam hal ini pelanggan. 

Kebanyakan konsumen senang jika dilayani dengan baik, bahkan harga dan bisnis serupa yang ada bisa menjadi nomor dua, karena orang lebih memilih membeli makanan di tempat yang pelayanan kepada pelanggannya baik.

6. Jangan membeli waralaba hanya untuk uang

Jika mendapatkan banyak uang adalah motivasi utama dalam berbisnis waralaba, maka yakinlah kamu tidak akan bisa bertahan dan bergairah di industri ini.

7. Ambil kontrol

Jika ingin mendapatkan uang, maka kamu harus bisa ambil kontrol di lokasi, misalnya dalam hal pembelian bahan, alat-alat dan semua yang berhubungan dengan bisnis kamu. 

Tanpa ini, kemungkinan besar kamu akan gagal, karena biasanya orang-orang akan mengambil keuntungan dari kamu. Ingat, keberhasilan atau kegagalan toko, sebagian besar merupakan tanggung jawab kamu, karena hal itu bagian dari daya tarik kewirausahaan.

8. Selalu berpikir positif

Penting bagi kamu sebagai pelaku bisnis untuk memiliki perilaku yang bisa menjadi panutan bagi pegawai, juga selalu berpikir positif untuk mencapai tujuan. Karena sikap yang kamu tunjukkan akan berpengaruh pada kinerja dan hubungan kamu dengan para pekerja dan partner bisnis.

9. Jangan pernah berhenti memasarkan

Penjualan dan pemasaran juga merupakan tanggung jawab kamu, hal ini harus menjadi yang utama. Buat rencana ke depan dan pasarkan produk kamusecara terus menerus. 

Buat analisa dengan partner waralaba kamu tentang apa yang disuka dan tidak disuka pelanggan, selain itu saling berbagi ide dengan para pelaku waralaba juga baik dilakukan. Selalu Ingat bahwa pemasaran dari mulut ke mulut merupakan hal yang membuat bisnis waralaba bisa sukses.

10. Ekspektasi keuangan

Bisnis waralaba yang berkembang biasanya akan mendapatkan royalti bagi yang ingin bergabung dan menjadi bagian dari bisnis kamu. Pikirkan biaya yang dibutuhkan seperti untuk makanan, sewa tempat, gaji karyawan, dan lain-lain. Buatlah hitungannya secara rinci, jangan sampai kamu malah merugi, jika hal ini bisa dijalankan, maka bersiaplah dengan keuntungan besar yang menanti kamu. 

(***)

Sumber: Liputan6.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.    


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kreatif! Kaesang Sukses Jualan Kaos "Kolektor Kecebong"

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memang terkenal dengan ide-ide yang cemerlang, terutama untuk memperluas bidang bisnisnya. Tak seperti ayahnya yang terjun ke dunia politik ...

Dunia Ekspansi Bisnis Jessica Iskandar

Tak hanya aktif di dunia hiburan, baginya, bisnis adalah upaya yang dilakukannya untuk menunjang masa depan. Sementara urus anak adalah rutinitas dan kewajibannya yang dijalani dengan suka cita. Jedar ...

Kopi, Ladang Bisnis Baru Jessica Iskandar

Artis Jessica Iskandar terjun ke bisnis minuman kopi yang bernamakan Jedar Koofee. Jedar terinspirasi dari kedai-kedai kopi di Italia yang meracik kopi dengan menjaga kualitasnya yang baik dan sempurn ...

Gadis Muda Berhasil Bawa Batik Indonesia Tembus Pasar Dunia

“If you never try you’ll never learn. There is no elevator to success, you have to take the stairs.” - Dea Valencia. Desain Batik Kultur terbilang unik, modern, anak muda banget. ...

Lebarkan Sayap Bisnis, Kylie Jenner Kini Jualan Kacamata

Kerajaan bisnis Kylie Jenner setiap tahunnya semakin berkembang. Bagi sobiz yang nge-fans atau sekedar mengikuti jaman tentang Kylie Jenner pasti tahu apa saja bisnis yang telah Kylie geluti. Ya! Sete ...

Raisa Luncurkan Bisnis Barunya, Yay!

Penyanyi Raisa Andriana melebarkan sayap ke dunia fesyen lewat lini busana "YAY!" yang dibuat lewat kerjasama dengan desainer Ansoe.  "'Yay!' dari nama panggilanku ...

Lebarkan Kerajaan Bisnis, Raffi dan Gigi Rambah Bisnis E-Commerce

Kedua pasangan selebriti ini memang tidak pernah kehabisan akal membuat sesuatu yang baru untuk semakin memperkaya diri mereka, seperti yang kita ketahui kedua pasangan selebriti ini sudah memiliki be ...

Brand Kecantikan Amorepacific Lakukan Ekspansi Global

Sukses mempopulerkan “cushion foundations” dan skincare berbahan dasar lendir siput, tren kecantikan Korea Selatan kini memainkan peran besar dalam industri kecantikan di Asia. Amorepacific, brand ...

Sukses Ekspansi Bisnis ke Eropa Berkat Limbah Kayu

Siapa sangka limbah kayu yang bertebaran di sekitar kita bisa digarap menjadi produk yang bernilai jual. Di tangan Made Sutamaya, limbah kayu diolah dan dipoles menjadi produk kerajinan yang cantik da ...

Sempat Jatuh Bangun, Kini Baba Rafi Capai Omset Ratusan Juta Hingga Ratusan Cabang per Tahun

Ekspansi bisnis menjadi hal penting yang harus dilakukan seorang pengusaha. Sehingga penjualan suatu produk bisa semakin bertambah setiap tahunnya. Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Seti ...