Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Berawal dari Bandung, Eiger Sasar Pasar Global


0

Bagi pecinta alam, tentu tak asing dengan nama Eiger. Sebuah produk peralatan outdoor dan tas yang banyak digemari pecinta alam maupun anak muda karena kualitas dan ketahanannya. Meski namanya Eiger, merek ini merupakan merek asli Indonesia.

Nama Eiger memang lekat dengan Eropa. Nama Eiger dicetuskan oleh Ronny Lukito, pendiri PT Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger, yang diambil dari nama Gunung Eiger di Bernese Alps, Swiss. Itulah kenapa respons pasar di luar negeri, terutama Benua Biru, sangat positif. Kualitas tas untuk aktivitas outdoor itu juga sudah tidak diragukan lagi.

Eiger pertama kali diproduksi pada tahun 1993. Memulai sebagai toko dan produksi kecil dengan hanya dua mesin jahit di jalan Cihampelas 22, enam belas tahun yang lalu. Kini, Eiger telah berkembang menjadi market leader dalam bisnis tas dan peralatan petualangan di Indonesia.

Ronny paham betul arti sebuah merek berikut logonya. Exsport menjadi produk pertamanya yang sukses di Tanah Air.

Export merupakan salah satu produk di bawah bendera PT Eksonindo Multi Product Industry milik Ronny Lukito. Sejak dilempar ke pasar di Bandung pada 1979, Exsport langsung menjadi rebutan. Pada awal tahun 1980, tas yang dirancang khusus untuk anak sekolah ini sudah dipasarkan di lebih dari 100 toko di Kota Kembang.

Exsport bahkan mampu merambah pasar luar negeri, antara lain Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Jerman, dan Libanon sejak 1986. Eiger pun dengan mudah mengikuti jejak pendahulunya menembus pasar dunia.

“Untuk pasar Asia, kami sudah buka di Malaysia, Brunei dan Korea Selatan,” kata Business Development Manager Eiger, Faiz Fashridjal.

Menurut dia, perseroan baru benar-benar serius menggarap pasar ekspor khusus untuk merek Eiger pada 2012 lalu. Padahal, pendahulunya, Exsport sudah menjadi tas nomor satu di Libanon.

Itu lebih karena masih tingginya permintaan di dalam negeri. Setiap tahun ajaran baru, permintaan Exsport selalu membludak. Pun dengan tas merek Eiger dan Bodypack.

“Tapi, ke depan, kami akan serius masuk pasar ekspor karena permintaan mulai tumbuh. Partner lokal yang punya link dengan komunitas di negara tujuan juga sudah ada,” ujarnya.

Untuk mendukung pembukaan pasar ekspor, lanjut dia, perseroan membuka flagship store kedua di Seminyak, Kuta, Bali, Januari lalu. Harapannya, bisa mendekatkan produk asli Bandung ini kepada wisatawan mancanegara yang tengah berkunjung ke Pulau Dewata.

Bali dipilih karena punya potensi besar untuk mengangkat nama Eiger di kancah internasional. Perseroan menargetkan kontribusi ekspor meningkat menjadi 5% pada tahun 2015, atau naik dibanding realisasi tahun lalu yang hanya 2%.

Selain sebagai pintu untuk ekspor, flagship store di Bali juga bisa menjadi kantor representatif sekaligus kantor cabang untuk internasional. Pembukaan pasar ekspor ini merupakan momentum tepat setelah Eiger diakui dunia sejak diterima dalam pameran produk petualangan di Jerman.

Optimisme tersebut itu semakin besar dengan rencana membuka toko di Philipina dan Jerman, setelah sebelumnya di Malaysia. Target dalam tiga tahun mendatang adalah produk Eiger akan menjadi produk petualangan nomor satu untuk wilayah tropis. 

(***)

Artikel terkait:

Ronny Lukito, Lulusan STM yang Antarkan Eiger dan Exsport Mendunia 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kreatif! Kaesang Sukses Jualan Kaos "Kolektor Kecebong"

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memang terkenal dengan ide-ide yang cemerlang, terutama untuk memperluas bidang bisnisnya. Tak seperti ayahnya yang terjun ke dunia politik ...

Dunia Ekspansi Bisnis Jessica Iskandar

Tak hanya aktif di dunia hiburan, baginya, bisnis adalah upaya yang dilakukannya untuk menunjang masa depan. Sementara urus anak adalah rutinitas dan kewajibannya yang dijalani dengan suka cita. Jedar ...

Kopi, Ladang Bisnis Baru Jessica Iskandar

Artis Jessica Iskandar terjun ke bisnis minuman kopi yang bernamakan Jedar Koofee. Jedar terinspirasi dari kedai-kedai kopi di Italia yang meracik kopi dengan menjaga kualitasnya yang baik dan sempurn ...

Gadis Muda Berhasil Bawa Batik Indonesia Tembus Pasar Dunia

“If you never try you’ll never learn. There is no elevator to success, you have to take the stairs.” - Dea Valencia. Desain Batik Kultur terbilang unik, modern, anak muda banget. ...

Lebarkan Sayap Bisnis, Kylie Jenner Kini Jualan Kacamata

Kerajaan bisnis Kylie Jenner setiap tahunnya semakin berkembang. Bagi sobiz yang nge-fans atau sekedar mengikuti jaman tentang Kylie Jenner pasti tahu apa saja bisnis yang telah Kylie geluti. Ya! Sete ...

Raisa Luncurkan Bisnis Barunya, Yay!

Penyanyi Raisa Andriana melebarkan sayap ke dunia fesyen lewat lini busana "YAY!" yang dibuat lewat kerjasama dengan desainer Ansoe.  "'Yay!' dari nama panggilanku ...

Lebarkan Kerajaan Bisnis, Raffi dan Gigi Rambah Bisnis E-Commerce

Kedua pasangan selebriti ini memang tidak pernah kehabisan akal membuat sesuatu yang baru untuk semakin memperkaya diri mereka, seperti yang kita ketahui kedua pasangan selebriti ini sudah memiliki be ...

Brand Kecantikan Amorepacific Lakukan Ekspansi Global

Sukses mempopulerkan “cushion foundations” dan skincare berbahan dasar lendir siput, tren kecantikan Korea Selatan kini memainkan peran besar dalam industri kecantikan di Asia. Amorepacific, brand ...

Sukses Ekspansi Bisnis ke Eropa Berkat Limbah Kayu

Siapa sangka limbah kayu yang bertebaran di sekitar kita bisa digarap menjadi produk yang bernilai jual. Di tangan Made Sutamaya, limbah kayu diolah dan dipoles menjadi produk kerajinan yang cantik da ...

Sempat Jatuh Bangun, Kini Baba Rafi Capai Omset Ratusan Juta Hingga Ratusan Cabang per Tahun

Ekspansi bisnis menjadi hal penting yang harus dilakukan seorang pengusaha. Sehingga penjualan suatu produk bisa semakin bertambah setiap tahunnya. Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Seti ...