Chat with Us

Aktifkan STARBOX

Anniesa Hasibuan, Desainer Muslim Indonesia Pertama yang Tampil di Panggung Utama NYFW


0

Kali pertamanya, desainer Indonesia Anniesa Hasibuan berkesempatan untuk memamerkan hasil rancangannya di pekan peragaan busana bergengsi New York Fashion Week, (NYFW) yang akan berlangsung pada 8-15 September 2016.

“Saya nervous, ini ajang besar, dan rasanya deg-degan bisa bersanding dengan nama-nama besar di dunia fesyen,” ujar Anniesa, saat ditemui di butiknya di Promenade, Bangka Raya, Jakarta.

Nama-nama tersebut, antara lain Vera Wang, Prabal Gurung, dan Jeremy Scott. Dalam NYFW mendatang, Anniesa dijadwalkan tampil di hari ke-lima, pada 12 September 2016, pukul delapan malam waktu setempat di panggung The Dock.

Persiapan Panjang

“Tampil di NYFW butuh persiapan yang panjang, dan proses kurasi yang memakan waktu kurang lebih empat bulan,” ujarnya menambahkan.

Sebelum tampil di NYFW, kata Anniesa, dia sudah dua kali ikut peragaan busana New York Couture Fashion Week. Di event pendamping NYFW ini, kata Anniesa, dia mengenalkan brand Anniesa Hasibuan dengan koleksi busana muslim haute couture.

Sambutan positif, baik dari media maupun buyer, ia terima saat tampil di NYCFW pada Februari 2016 lalu lewat koleksi Pearl Asia.

“Bisa dibilang koleksi yang menampilkan mutiara asal Lombok itu menjadi batu loncatan saya untuk melangkah ke NYFW,” ujarnya.

Proses kurasi NYFW 2017 Spring/Summer Collection melalui beberapa tahap, antara lain konsistensi dalam desain, keberadaan koleksi di butik New York, serta kesiapan untuk membuat koleksi busana siap pakai (ready to wear) dalam jumlah besar.

Annies pun tak gentar. “Membuat koleksi busana siap pakai menjadi tantangan besar buat saya."

Koleksi D’Jakarta

Masih setia dengan pakem desain yang simpel tapi berkesan mewah, Anniesa menamai koleksi rancangan yang akan ia tampilkan di NYFW mendatang, D’Jakarta.

“Gagasan besarnya datang dari kota Jakarta, yang di dalamnya terdapat banyak orang dengan berbagai gaya busana,” ujar dia beralasan.

Bertempat di butiknya di Promenade, Anniesa menampilkan tiga model rancangannya, dari total 48 yang akan ia bawa ke NYFW. Ketiganya didominasi warna-warna lembut, berbahan sutra dan taffeta, serta modifikasi bahan tradisional seperti sarung, tenun ikat dan lurik. Anniesa juga menempatkan sejumlah embellishment di beberapa bagian yang membuatnya berkesan mewah.

“Meski tampilannya lebih ke busana muslim, tapi sebenarnya setiap item terpisah, dan dapat dipadu padan, sehingga yang non-muslim pun juga bisa mengenakannya,” kata dia.

Tidak hanya busana berupa gaun panjang, Anniesa juga membuat celana panjang, serta jubah yang menjadi ciri khas rancangannya.

Dari 48 item yang ditampilkan, 10 di antaranya merupakan adi busana. Harga jualnya berkisar antara US$250 hingga US$800.

Desainer Pertama

Teti Nurhayati, pendiri butik Indonesia Fashion Gallery sekaligus konsultan fesyen Indonesian Creative Hub mengatakan Anniesa Hasibuan merupakan desainer [muslim] Indonesia pertama yang tampil di panggung utama New York Fashion Week.

“Saya sudah konfirmasi ke pihak public relation di sana, dan mereka memastikan bahwa Anniesa benar merupakan desainer Indonesia pertama yang tampil di panggung utama NYFW,” ujarnya menambahkan.

Meskipun Anniesa tergolong desainer baru, Teti optimis Anniesa akan menjadi revolusi di dunia fesyen, yang menunjukkan bahwa desainer muda juga berkesempatan untuk tampil di ajang besar.

“Setelah mendapat sambutan positif di New York Couture Fashion Week [NYCFW], saya pikir, Anniesa mesti mencoba panggung utama NYFW,” ujarnya.

“Berbeda dengan NYCFW yang lebih ke branding, NYFW adalah untuk bisnis," Teti menambahkan.

Ia pun menegaskan, bahwa untuk tampil di panggung utama NYFW, selain proses kurasi rancangan, desainer juga mesti membeli slot peragaan sebesar Rp2 miliar. Sungguh nilai yang selangit untuk menorehkan nama Indonesia di panggung fesyen dunia.

(***)

Sumber: cnnindonesia.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kreatif! Kaesang Sukses Jualan Kaos "Kolektor Kecebong"

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memang terkenal dengan ide-ide yang cemerlang, terutama untuk memperluas bidang bisnisnya. Tak seperti ayahnya yang terjun ke dunia politik ...

Dunia Ekspansi Bisnis Jessica Iskandar

Tak hanya aktif di dunia hiburan, baginya, bisnis adalah upaya yang dilakukannya untuk menunjang masa depan. Sementara urus anak adalah rutinitas dan kewajibannya yang dijalani dengan suka cita. Jedar ...

Kopi, Ladang Bisnis Baru Jessica Iskandar

Artis Jessica Iskandar terjun ke bisnis minuman kopi yang bernamakan Jedar Koofee. Jedar terinspirasi dari kedai-kedai kopi di Italia yang meracik kopi dengan menjaga kualitasnya yang baik dan sempurn ...

Gadis Muda Berhasil Bawa Batik Indonesia Tembus Pasar Dunia

“If you never try you’ll never learn. There is no elevator to success, you have to take the stairs.” - Dea Valencia. Desain Batik Kultur terbilang unik, modern, anak muda banget. ...

Lebarkan Sayap Bisnis, Kylie Jenner Kini Jualan Kacamata

Kerajaan bisnis Kylie Jenner setiap tahunnya semakin berkembang. Bagi sobiz yang nge-fans atau sekedar mengikuti jaman tentang Kylie Jenner pasti tahu apa saja bisnis yang telah Kylie geluti. Ya! Sete ...

Raisa Luncurkan Bisnis Barunya, Yay!

Penyanyi Raisa Andriana melebarkan sayap ke dunia fesyen lewat lini busana "YAY!" yang dibuat lewat kerjasama dengan desainer Ansoe.  "'Yay!' dari nama panggilanku ...

Lebarkan Kerajaan Bisnis, Raffi dan Gigi Rambah Bisnis E-Commerce

Kedua pasangan selebriti ini memang tidak pernah kehabisan akal membuat sesuatu yang baru untuk semakin memperkaya diri mereka, seperti yang kita ketahui kedua pasangan selebriti ini sudah memiliki be ...

Brand Kecantikan Amorepacific Lakukan Ekspansi Global

Sukses mempopulerkan “cushion foundations” dan skincare berbahan dasar lendir siput, tren kecantikan Korea Selatan kini memainkan peran besar dalam industri kecantikan di Asia. Amorepacific, brand ...

Sukses Ekspansi Bisnis ke Eropa Berkat Limbah Kayu

Siapa sangka limbah kayu yang bertebaran di sekitar kita bisa digarap menjadi produk yang bernilai jual. Di tangan Made Sutamaya, limbah kayu diolah dan dipoles menjadi produk kerajinan yang cantik da ...

Sempat Jatuh Bangun, Kini Baba Rafi Capai Omset Ratusan Juta Hingga Ratusan Cabang per Tahun

Ekspansi bisnis menjadi hal penting yang harus dilakukan seorang pengusaha. Sehingga penjualan suatu produk bisa semakin bertambah setiap tahunnya. Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Seti ...