Chat with Us

Aktifkan STARBOX

3 Bisnis Indonesia yang Menguasai Asia Tenggara


0

Indonesia patut berbangga karena Ahlijasa. Startup penyedia jasa laundry tersebut mewakili regional Asia Tenggara di ajang Startup World Cup di Silicon Valley. Ahlijasa menjadi wakil satu-satunya dari Asia Tenggara setelah mengalahkan kandidat lain dari Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Di samping kabar baik itu, munculnya startup-startup baru di Indonesia bagaikan demam. Gairah pertumbuhan startup baru semakin meningkat, ditandai dengan mengalir derasnya modal asing yang masuk.

Untuk membuktikan bahwa Indonesia bukanlah penonton saja, berikut 3 startup asal Indonesia yang berhasil naik kelas dengan nilai pendanaan terbesar:

Tokopedia

Tokopedia mendapat pendanan yang cukup besar. Situs ini mampu menarik dana dari investor hingga USD100 juta atau sekira Rp1,2 triliun. Investor situs ini adalah Cyberagent Ventures, Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital. 

Tokopedia adalah laman yang mengumpulkan consumer to consumer dengan membukan toko online gratis. Tokopedia mengklaim saat ini ada 4,9 juta pengguna aktif dengan lima juta kali transaksi per bulan.

GO-JEK

Berkat pendanaan senilai US$550 juta (sekitar Rp7,2 triliun) yang baru mereka terima, startup layanan transportasi online GO-JEK pun resmi menjadi Unicorn dengan valuasi sebesar US$1,3 miliar (sekitar Rp17 triliun). Hanya butuh waktu 1,5 tahun bagi GO-JEK sejak meluncurkan aplikasi mobile mereka, hingga berhasil meraih status prestisius tersebut.

GO-JEK sebenarnya telah didirikan oleh sang CEO, Nadiem Makarim, sejak tahun 2010. Gagal mendapatkan traksi yang baik selama bertahun-tahun, peruntungan GO-JEK baru berubah drastis ketika mereka meluncurkan aplikasi mobile di awal tahun 2015.

Traveloka

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat, di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. (inf)

(***)


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar


TULISAN TERKAIT

Kreatif! Kaesang Sukses Jualan Kaos "Kolektor Kecebong"

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memang terkenal dengan ide-ide yang cemerlang, terutama untuk memperluas bidang bisnisnya. Tak seperti ayahnya yang terjun ke dunia politik ...

Dunia Ekspansi Bisnis Jessica Iskandar

Tak hanya aktif di dunia hiburan, baginya, bisnis adalah upaya yang dilakukannya untuk menunjang masa depan. Sementara urus anak adalah rutinitas dan kewajibannya yang dijalani dengan suka cita. Jedar ...

Kopi, Ladang Bisnis Baru Jessica Iskandar

Artis Jessica Iskandar terjun ke bisnis minuman kopi yang bernamakan Jedar Koofee. Jedar terinspirasi dari kedai-kedai kopi di Italia yang meracik kopi dengan menjaga kualitasnya yang baik dan sempurn ...

Gadis Muda Berhasil Bawa Batik Indonesia Tembus Pasar Dunia

“If you never try you’ll never learn. There is no elevator to success, you have to take the stairs.” - Dea Valencia. Desain Batik Kultur terbilang unik, modern, anak muda banget. ...

Lebarkan Sayap Bisnis, Kylie Jenner Kini Jualan Kacamata

Kerajaan bisnis Kylie Jenner setiap tahunnya semakin berkembang. Bagi sobiz yang nge-fans atau sekedar mengikuti jaman tentang Kylie Jenner pasti tahu apa saja bisnis yang telah Kylie geluti. Ya! Sete ...

Raisa Luncurkan Bisnis Barunya, Yay!

Penyanyi Raisa Andriana melebarkan sayap ke dunia fesyen lewat lini busana "YAY!" yang dibuat lewat kerjasama dengan desainer Ansoe.  "'Yay!' dari nama panggilanku ...

Lebarkan Kerajaan Bisnis, Raffi dan Gigi Rambah Bisnis E-Commerce

Kedua pasangan selebriti ini memang tidak pernah kehabisan akal membuat sesuatu yang baru untuk semakin memperkaya diri mereka, seperti yang kita ketahui kedua pasangan selebriti ini sudah memiliki be ...

Brand Kecantikan Amorepacific Lakukan Ekspansi Global

Sukses mempopulerkan “cushion foundations” dan skincare berbahan dasar lendir siput, tren kecantikan Korea Selatan kini memainkan peran besar dalam industri kecantikan di Asia. Amorepacific, brand ...

Sukses Ekspansi Bisnis ke Eropa Berkat Limbah Kayu

Siapa sangka limbah kayu yang bertebaran di sekitar kita bisa digarap menjadi produk yang bernilai jual. Di tangan Made Sutamaya, limbah kayu diolah dan dipoles menjadi produk kerajinan yang cantik da ...

Sempat Jatuh Bangun, Kini Baba Rafi Capai Omset Ratusan Juta Hingga Ratusan Cabang per Tahun

Ekspansi bisnis menjadi hal penting yang harus dilakukan seorang pengusaha. Sehingga penjualan suatu produk bisa semakin bertambah setiap tahunnya. Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Seti ...