Chat with Us

Aktifkan STARBOX

8 Buku Ini Direkomendasikan Bill Gates untuk Kamu Baca!


0

Buku adalah jendela dunia, begitu orang banyak menyebutnya. Begitu pula bagi miliarder asal Amerika Bill Gates, buku merupakan benda yang sangat berharga bagi siapapun yang menginginkan kehidupan yang luar biasa. Bahkan menurutnya dengan buku siapapun akan terhindar dari keterpurukan meski ia sedang tersesat.

Selain untuk kegiatan sosial, Bill Gates dimasa tuanya memang sering memanfaatkan hari-harinya untuk  membaca buku. Semua buku yang ada menurut pendiri Microsoft ini tentu saja bagus untuk dibaca. Namun bila jika disuruh menyebut beberapa buku terbaik maka Bill Gates merekomendasikan 8 buku yang harus untuk dibaca.

Tentu saja ketika Bill Gates yang merupakan sosok orang terkaya di dunia merekomendasikan sebuah buku, pastinya buku itu tidak main-main. Buku-buku yang direkomendasikan Bill Gates sendiri dikategorikan menjadi beberapa kelompok seperti sains, bisnis, kebijakan publik serta pengembangan diri. Dan berikut adalah merupakan buku-buku yang disarankan dan direkomendasi oleh Bill Gates tersebut.

1. Business Adventures

Buku bagus pertama yang direkomendasi dan disarankan Bill Gates untuk dibaca adalah Business Adventures. Berkisah tentang sektor ekonomi, bukur yang ditulis oleh John Brooks ini menjelaskan bagaimana karakter dan sikap manusia dalam menentukan nasib bisnis.

Tidak hanya itu didalam buku ini juga dijelaskan dan dikisahkan bagaimana banyak manusia yang kemudian menyesal di akhir hidupnya namun mereka menyadarinya dengan waktu yang sudah terlambat. Buku ini sendiri merupakan antologi dari 12 cerita yang terinspirasi dari dunia bursa saham Wall Street.

2. The Power to Complete

Berikutnya, buku yang direkomendasikan oleh Bill Gates adalah The Power to Complete. Buku yang ditulis Hiroshi Mikitani dan Ryoichi Mikitani ini menceritakan tentang sudut pandang masyarakat Jepang yang memiliki daya etos kerja yang kuat dalam bekerja dan membangun perusahaan. Ketika mereka sangat serius membangun bisnis dan perusahaan maka negara ini pun kemudian dikenal memiliki daya kompetitif kuat untuk bersaing dengan perusahaan lain diluar Jepang.

Selain itu buku ini juga mengungkap alasan-alasan di balik sikap Jepang dalam dunia bisnis internasional. Perusahaan di Jepang memang selalu mengutamakan pekerja dengan talenta terbaik untuk memajukan perusahaan dan membangun iklim kompetisi yang sengit.

3. Sustainable Energy – Without the Hot Air

Buku Sustainable Energy – without the hot air karya David JC MacKay menjadi buku ketiga yang direkomendasikan oleh Bill Gates. Dengan membaca buku ini menurut Bill pembaca akan mengetahui hal-hal berkaitan tentang analisis kebijakan publik, khususnya dalam menyikapi masalah lingkungan. Selain itu dengan buku ini pembaca juga akan mengetahui persoalan soal energi, organisasi pemerintah, potensi, serta kebiasaan masyarakat dijabarkan dengan runtut.

4. The Better Angels of Our Nature

Buku selanjutnya yang merupakan rekomendasi Bill Gates adalah buku yang berbicara soal sudut pandang sejarah. Menurut sang penulisnya yaitu Steven Pinker buku The Better Angels of Our Nature ini akan mengulas banyak soal perang, kejahatan, terorisme, dan penganiayaan yang ternyata selalu saja berkaitan dengan luka masa lalu.

5. Sapiens

Jika melihat dari judulnya maka kita bisa menebak bahwa buku ini ada kaitannya dengan teori evolusi Charles Darwin dengan manusia Homo Sapiens-nya. Penulis buku Sapiens sendiri yaitu Yuval Noah Harari memang menulis buku ini dengan mengintegrasikan sejarah, sains, serta pengembangan manusia, untuk menjawab kejadian-kejadian saat ini. Dalam buku yang banyak bicara tentang asal usul manusia ini juga membahas peran hukum dan proses terbentuknya pun dijabarkan.

6. The Vital Question

Bicara mengenai kehidupan manusia, buku The Vital Question dari Nick Lane menjadi salah satu buku yang direkomendasikan Bill Gates. Buku ini sendiri mengulas banyak soal benang merah antara energi, sel biologis, dan evolusi tiada henti.

7. How Not to Be Wrong

Terakhir, buku yang disarankan dan direkomendasikan Bill Gates untuk para pembaca adalah How Not to Be Wrong. Dengan sebuah analisis yang matematis, penulis buku ini yaitu Jordan Ellenberg menawarkan pada siapapun untuk mengambil tindakan tepat dalam setiap keadaan sulit. Tidak hanya itu dalam buku ini penulis juga mengajarkan bahwa dengan mengambil tindakan yang tepat sebagai solusinya maka seseorang tak harus selalu melakukan kesalahan atau kekeliruan.

(***)

Sumber: maxmanroe.com 


PROFIL PENULIS

Socmed Ebis


Ada 0 Komentar

Kirim Komentar